Sejarah Negara

Website History

Menu

Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota

September 1, 2015 | Peta

Peta Riau lengkap – Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota di Pekanbaru. Letaknya di tengah-tengah namun di tepi pantai Pulau Sumatra. Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang kaya, kekayaan daerah didapat dari sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas alam (migas), dari tanaman misalnya dari perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit dan perkebunan serat.

Mengapa dinamakan Riau? Dilansir dari wikipedia, menurut sejarahnya ada 3 pendapat asal mula Riau.

1. Kata Riau berasal dari bahasa Portugis. Yaitu : rio yang berarti sungai. Diriwayatkan pada tahun 1514 Protugis mengadakan ekspedisi militer dan menelusuri sepanjang Sungai Siak. Tujuannya adalah untuk mencari letak sebuah kerajaan yang mereka diyakini berada di sekitar tempat tersebut. Selain itu, ekspedisi tersebut dalam rangka mengejar pengikut Sultan Mahmud Syah yang melarikan diri setelah Kerajaan Malaka runtuh.

2. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa kata riau berasal dari kata riahi yang artinya air laut. Kata tersebut diduga berasal dari seorang tokoh bernama Sinbad al-Bahar dalam kitab terkenal berjudul 1001 malam,

3. Sedangkan pendapat ketiga, kata riau berasal dari bahasa penduduk riau sendiri, yaitu rioh/riuh, yang artinya ramai, gaduh seperti orang bekerja.

Dimungkinkan nama riau memang berasal dari bahasa rakyat setempat, yaitu orang-orang Melayu yang hidup di daerah Bintan, namun sekarang telah masuk ke wilayah atau provinsi Kepulauan Riau.

Peta Provinsi Riau

Bisa dilihat pada peta di bawah ini, bahwa Riu terletak di Sumatra bagian tengah namun di bagian pantai timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang menghubungkan antara Riau dengan Singapura dan Malaysia.

Bagian barat utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Utara, bagian barat dengan Sumatra Barat, dan bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi.

Di bawah ini bisa anda lihat bagaimana peta Provinsi Riau yang merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Peta Riau lengkap

Peta Riau lengkap

Nama kabupaten dan kota Riu

Hingga admin menuliskan ini (tahun 2015) Riau dibagi dalam 10 kabupaten dan 4 kota administratif. Untuk mempermudah anda membaca petanya, berikut kami cantumkan nama-nama kabupaten dan kota yang ada di Riau.

10 nama kabupaten di Provinsi Riau

1. Kabupaten Bengkalis, ibukota : Bengkalis

2. Kabupaten Indragiri Hilir, ibukota : Tembilahan

3. Kabupaten Indragiri Hulu, ibukota : Rengat

4. Kabupaten Kampar, ibukota : Bangkinang

5. Kabupaten Kuantan Singingi, ibukota : Taluk Kuantan

6. Kabupaten Pelalawan, ibukota : Pangkalan Kerinci

7. Kabupaten Rokan Hilir, ibukota : Bagan Siapi-api

8. Kabupaten Rokan Hulu, ibukota : Pasir Pengaraian

9. Kabupaten Siak, ibukota : Siak Sri Indrapura

10. Kabupaten Kepulauan Meranti, ibukota : Selatpanjang

4 nama kota di Provinsi Riau

1. Kota Bengkalis

2. Kota Dumai

3. Kota Duri

4. Kota Pekanbaru

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Riau, kunjungi situs resminya di : www.riau.go.id

Baca juga peta provinsi lainnya yang ada di pulau Sumatra, yaitu :

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota, semoga menjadi tambahan pengetahuan dan catatan sejarah jikalau suatu saat nanti Provinsi Riau terjadi perubahan atau pemekaran.

Related For Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota