Sejarah Negara

Website History

Menu

Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila dan penjelasannya

Mei 10, 2014 | Nasional

Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila dan penjelasannya – Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia pada hakekatnya merupakan kesatuan, yang tersusun majemuk tunggal. Artinya terdiri atas bagian-bagian (lima sila) yang secara keseluruhan merupakan satu kesatuan dan terbentuklah kesatuan baru, yang dikehendaki demokrasi pada umumnya.

Sila keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, merupakan suatu bagaian tersendiri, namun tidak berdiri sendiri karena merupakan satu kesatuan yang utuh dengan sila-sila lainnya.

Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila dan penjelasannya

Demokrasi Pancasila berintikan sila keempat, maka demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi (kedaulatan rakyat atau kerakyatan) yang dijiwai dan diintegrasikan dengan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian demokrasi Pancasila menurut para ahli, antara lain sebagai berikut :

  1. Prof. Dardji Darmodihardjo, S.H : Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah bangsa Indonesia, yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.
  2. Prof. Dr. Drs. Notonagoro, S.H : Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pengertian serupa juga dikemukakan oleh Soemantri, S.H dan Drs. S. Pamudji, M.P.A.
  3. Ensiklopedia Indonesia : demokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila yang meliputi bidang-bidang politik, sosial dan ekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

Related For Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila dan penjelasannya