Sejarah Negara

Website History

Menu

Profil Mochtar Kusumaatmadja

Maret 13, 2016 | Biografi

Sejarah Indonesia pernah mencatat seorang tokoh nasional bernama Mochtar Kusumaatmadja. Dalam sejarah Indonesia Beliau merupakan salah satu tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Masa Orde Baru. Pria kelahiran 1929 ini pernah menjadi duta Indonesia untuk membuka kembali perdagangan dengan Republik Rakyat Cina.

Mochtar menegaskan bahwa keinginan Indonesia membuka hubungan tidak ada kaitannya dengan pemulihan hubungan diplomatik, karena Indonesia belum siap untuk normalisasi secara menyeluruh.

Lalu, siapa Mochtar Kusumaatmadja? Berikut Sejarah Negara akan menyertakan biografi singkat beliau.

Mochtar Kusumaatmadja

Mochtar Kusumaatmadja dilahirkan di Jakarta pada tanggal 17 April 1929. Beliau dikenal sebagai ahli hukum laut internasional yang sering ditunjuk mewakili Indonesia dalam berbagai perundingan internasional.

Jabatan menteri pernah beliau duduki pada masa Orde Baru tahun 1978-1988. Beliau menjabat sebagai Menteri kehakiman pada periode tahun 1978-1983. Dan selanjutnya menjabat sebagai menteri luar negeri pada periode 1983 – 1988.

Mochtar Kusumaatmadja juga pernah menjadi wakil : Normalisasi hubungan Indonesia dan RRC

Mochtar juga pernah andil pada KTT 3 ASEAN di Manila. Selengkapnya bisa anda baca pada artikel : KTT ASEAN 3 di Manila

Ketika menjabat sebagai menteri luar negeri Mochtar Kusumaatmadja mencetuskan gagasan “coktail party” dalam upaya penyelesain masalah Kamboja yang kemudian melahirkan Jakarta Informal Meeting yang disingkat JIM.

Related For Profil Mochtar Kusumaatmadja