Sejarah Negara

Website History

Menu

Profil Umar Wirahadi Kusumah

Maret 14, 2016 | Biografi

Umar Wirahadi Kusumah adalah salah satu tokoh Republik Indonesia yang pernah menjadi wakil Presiden Soeharto periode 11 Maret 1983 11 Maret 1988, dan pernah ditunjuk sebagai wakil pemerintah RI untuk menghadiri KTT Nonblok di Zimbabwe Afrika. Selengkapnya silahkan baca di artikel sejarah Indonesia : Indonesia merintis menjadi ketua Gerakan Nonblok

Pria berwajah sederhana kelahiran Suturaja, Jawa Barat ini pernah memasuki dinas kemiliteran dan menjadi anggota peta.

Umar Wirahadi Kusumah

Selengkapnya Profil Umar Wirahadi Kusumah sebagai berikut :

Umar Wirahadi Kusumah dilahirkan di Situraja, Jawa Barat pada tanggal 10 Oktober 1924 dari pasangan R. Rangga Wirahadikusumah dan Rd. Ratna Ningrum.

Setelah tamat dari Mulo, beliau sempat bekerja, kemudian tergabung dalam Peta. Perjalanan karirnya lebih banyak dibidang militer.

Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia beliau pun terlibat dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan turut pula dalam operasi penumpasan berbagai pemberontakan, antara lain PKI Madiun, DI/TII fdan G-30-S/PKI.

Jabatan terakhirnya dalam militer sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Setelah itu beliau menjabat sebagai ketua BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan pada tahun 1983 proklamasi kemerdekaan Umar Wirahadi Kusumah mendampingi Presiden Soeharto sebagai wakil presiden hingga tahun 1988.

Lebih jauh mengenai presiden dan wakilnya bisa anda baca di : Gambar presiden dan wakil presiden Indonesia

Bapak Umar Wirahadi Kusumah tutup usia pada tanggal 21 Februari 2003 di Jakarta.

Related For Profil Umar Wirahadi Kusumah