Sejarah Negara

Website History

Menu

Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

November 12, 2014 | Biografi

Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science – Robert C. Merton lahir di New York pada tanggal 31 Juli 1944. Ia adalah seorang ekonom Amerika dengan karyanya yang dikenal sebagai Teori Keuangan dan Risiko Manajemen. Ia juga dikenal publik atas kontribusinya dalam menilai opsi saham. Merton memenangkan beberapa Nobel Ekonomi, salah satunya adalah Nobel Memorial Prize in Economic Science pada tahun 1997.

Ayahnya bernama Roberet K. Merton, seorang sosiolog strukturalisme, sedangkan ibunya bernama Suzane Charhat Merton. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kedua saudaranya yang lain adalah Stephanie Merton Tombrello dan Vanessa Merton, seorang profesor hukum di Pace University School of Law.

Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

Saat berusia 14 tahun, orang tuanya berpisah. Ibunya meninggal pada tahun 1992. Setahun setelah kematian ibunya, ayahnya menikah lagi dengan sesama sosiolog bernama Harriet Zuckerman. Ayahnya meninggal pada 25 Pebruari 2003 dalam usia 93 tahun.

Merton dibesarkan di sebuah desa bernama Hastingson-Hudson bersama dua orang saudaranya. Ketika dewasa, ia menikah dengan June Rose dan memiliki tiga anak. Sejarah pendidikannya dimulai di Columbia University. Ia mendapat gelar sarjana di universitas tersebut.

Setelah lulus dari sana, ia melanjutkan studinya di Pace University School of Law dan mendapatkan gelar bachelor of science di sana. Massachusetts Institute of Technology menjadi tujuan terakhir Merton dalam pendidikannya. Ia mendapatkan gelar doktor di sana.

Setelah menyelesaikan studinya, Merton bergabung dengan MIT Sloan School of Management sebagai tenaga pengajar di sana sampai tahun 1988. Kemudian, ia bergabung dengan Harvard University dari tahun 1988 hingga tiba pensiunnya pada tahun 2010, lalu kembali lagi ke MIT Sloan School of Management.

Di masa lalu, Merton pernah menjabat sebagai presiden dari American Finance Association, anggota National Academy of Science, dan penerima beasiswa doktor dari American Academy of arts dan Science.

Baca juga : Sumbangan gagasan Merton terhadap dunia ekonomi

Pada tahun 1997, ia menerima penghargaan Alfred Nobel atas penemuannya metode baru dalam menentukan nilai derivatif. Tidak hanya itu, tak sedikit penghargaan yang di terimanya yang menandakan kesuksesannya sebagai seorang pakar ekonomi yang fenomenal.

Related For Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori