Sejarah Negara

Website History

Menu

Roger W. Sperry sang penemu otak kiri dan otak kanan

Oktober 6, 2014 | Biografi

Biografi, Roger W. Sperry sang penemu otak kiri dan otak kanan – Roger Wolcott Sperry adalah sosok yang amat populer dalam studi tentang otak. Sperry lahir di Hartford pada tanggal 20 Agustus 1913. Ia adalah neuropsikolog yang pertama kali menemukan bahwa secara fungsi mental kecerdasan otak manusia terdiri atas dua bagian.

Sperry melakukan penelitian pada tikus, kucing, dan monyet dengan melakukan pemisahan corpuscallosum (commisurotomi). Ia sangat intens melakukan penelitian tentang split-brain. Dalam penelitiannya, ia tidak melakukan pemeriksaan biokimia ataupun alat yang canggih. Semuanya ia lakukan dengan peralatan yang sangat sederhana. Ia begitu handal dalam membuat sebuah pertanyaan serta mengambil keputusan dalam sebuah penelitian yang dilakukan.

Penelitiannya tentang split-brain ia rancang dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada penderita epilepsi yang telah dilakukan commisurotomi (empat dari sepuluh pasien). Ia memperlihatkan dua benda kepada responden, yakni bintang sebelah kiri dan bola sebelah kanan.

Ia kemudian bertanya kepada responden tentang apa saja yang mereka lihat. Kebanyakan dari responden menjawab hanya satu jawaban, yaitu benda yang berada di sebelah kanan, yaitu bola. Dari hasil pengamatannya ini, ia lalu memberikan satu postulat penelitian tentang perbedaan yang sangat ketat antara fungsi hemisfer kiri dan kanan.

Hasil penelitian tersebut akhirnya memberikan temuan baru dalam bidang fisioterapi dan kedokteran tentang teori otak kiri dan otak kanan seperti yang kita kenal sekarang ini. Dalam penelitiannya, Sperry juga mengetahui bahwa masing-masing bagian otak (hemisfer) memiliki fungsi mental yang berbeda.

Roger W. Sperry sang penemu otak kiri dan otak kanan

Roger W. Sperry sang penemu otak kiri dan otak kanan

Otak kiri berfungsi memproses informasi berupa kata, angka, logika, analisis, daftar urut, dan hitung-hitungan, sedangkan otak kanan memproses informasi berupa pemikiran konseptual, warna, irama, visual-spasial, gambar dan imajinasi.

Otak bagian kiri mengontrol motorik anggota tubuh bagian kanan, dan begitupun sebaliknya, otak kanan mengontrol sifat short term memory (memori jangka pendek), sedangkan otak kanan memiliki sifat long term memory (memori jangka panjang).

Itulah penjelasannya mengapa kita sering mampu mengingat wajah dan lupa nama orang. Wajah berupa gambar yang diproses oleh otak kanan yang sifat memorinya jangka panjang, sedangkan nama atau tulisan diproses otak kiri kita yang sifat memorinya jangka pendek.

Penelitian ini pun memberikan satu kesimpulan bahwa otak kita tidak ada yang menganggur. Semuanya berfungsi secara normal dalam keadaan apapun. Istilah dominan otak kanan atau otak kiri hanyalah sebuah penjelasan tentang kecenderungan orang dalam menggunakan otak.

Penelitian Roger W. Sperry merupakan dasar dari pembelajaran berbasis otak, yaitu strategi atau teknik belajar yang menyinergikan kedua belah otak dengan menggunakan warna, gambar, imajinasi, irama, dan lain-lain.

Penelitian ini sekaligus menjadi dasar dari penemuan dan penggunaan mind map oleh Tony Buzan pertama kali pada awal tahun 1970-an yang terus berkembang sampai sekarang.

Related For Roger W. Sperry sang penemu otak kiri dan otak kanan