Sejarah Negara

Website History

Menu

Sebab umum dan khusus Perang Dunia II

Agustus 22, 2014 | Dunia

Sebab umum dan khusus Perang Dunia II – Jika sebelumnya telah kita bahas secara sekilas Penyebab utama perang dunia 2, untuk posting kali ini admin akan membahas secara rinci penyebab perang tersebut yang terbagi menjadi dua yaitu penyebab umum dan penyebab khusus.

Sebab Umum

1. Politik balas dendam (Refansi Idea)

2. Konflik faham (pertentangan ideologi)

3. Munculnya Politik Ekspansi (penguasaan Negara lain).

4. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia.

5. Perlombaan senjata canggih

6. Politik aliansi (mencari sekutu)

– Blok Fasis : Negara Italia, Jerman, Jepang

– Blok Sekutu terdiri dari 2 blok :

  1. Blok Demokrasi : Negara Perancis, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda.
  2. Blok Komunis : Negara Uni Sovyet, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslowakia.

Monumen London Perang Dunia II

Sebab Khusus

1. Bagi Eropa serangan kilat Jerman terhadap Polandia tanggal 1 September 1939.

2. Bagi Pasifik dan Amerika Serikat : serbuan Jepang terhadap pangkalan armada angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawai) tanggal 7 Desember 1941.

Sebab umum dan khusus Perang Dunia II – Perang dunia kedua terjadi pada tahun 1939 sampai 1945. Pihak-pihak yang berperang dalam perang dunia kedua ini adalah kelompok negara-negara poros (Jerman, Italia, dan Jepang) dengan kelompok negara-negara sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Denmark, dan Norwegia).

Secara garis besar perang ini terbagi dalam perang di kawasan Eropa dan kawasan Asia Pasifik. Di Eropa perang tersebut diawali oleh serangan Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. Serangan tersebut telah memicu berbagai peperangan lain di kawasan Eropa.

Di sisi lain Jepang yang berada di kawasan Asia Pasifik secara tiba-tiba mengebom pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawai) pada tanggal 7 Desember 1941. Dalam waktu yang relatif singkat Jepang berhasil menduduki basis militer Amerika Serikat dan sekutunya di Asia Pasifik.

Beberapa kepulauan di Lautan Pasifik dan daerah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Timur dan Asia Tenggara diduduki Jepang memang telah lama bercita-cita membentuk imperiuam Asia Timur Raya. Perang Dunia kedua ini telah membawa pengaruh besar bagi Indonesia.

Related For Sebab umum dan khusus Perang Dunia II