Sejarah Negara

Website History

Menu

Sejarah LBB atau “League of Nations”

September 10, 2013 | Pbb

Sejarah LBB atau “League of Nations” – Sejak dahulu manusia selalu berperang, baik secara kecil-kecilan maupun besar-besaran, dengan korban ribuan bahkan jutaan manusia tewas atau cacat seumur hidup. Sebenarnya, manusia yang terdiri atas bermacam-macam bangsa itu diciptakan bukan untuk saling berperang, tetapi untuk saling mengenal, bekerja sama dan bantu-membantu.

Setiap bangsa menghendaki perdamaian, tetapi pada kenyataannya negara-negara adikuasa justru mempersiapkan perang dengan alasan demi perdamaian. Mereka berlomba-lomba meningkatkan persenjataan dan sistem pertahanan yang canggih.

Mereka bahkan sudah mempersiapkan perang bintang dan perang nuklir, padahal mereka tahu perang bintang dan perang nuklir akan mengakibatkan kehancuran yang dahsyat bagi umat manusia itu sendiri. Dengan demikian, mempertahankan dan meningkatkan peranan PBB dalam memelihara perdamaian dan keamanan internasional merupakan hal yang sangat penting.

Sejarah lahirnya PBB

Organisasi PBB sebenarnya telah ada sebelum terjadinya Perang Dunia 2 seperti telah saya bahas pada artikel Sejarah singkat PBB, tetapi organisasi ini masih bernama Liga Bangsa-Bangsa atau yang disingkat LBB atau League of Nations (LN).

Terbentuknya LBB

– Organisasi ini terbentuk pada saat Perang Dunia 1 tengah berkecamuk pada tahun 1914 – 1918.

– Pembentukan LBB dipelopori oleh Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson, tetapi Amerika Serikat sendiri tidak mau terlibat dalam pertentangan dan peperangan di Eropa tersebut. Itulah sebabnya markas besar LBB berada di Jenewa, Eropa.

Kewajiban LBB adalah :

– Menyelesaikan setiap persoalan dengan cara-cara damai.

– Dalam mencapai tujuannya harus berusaha menghindarkan tindak kekerasan dan memaksakan peperangan.

Mengapa LBB tidak berfungsi?

Meskipun dalam LBB ada Dewan Keamanan, namun dalam menjalankan tugasnya, ternyata kurang efektif. Hal tersebut disebabkan karena :

1. Dalam melaksanakan tugasnya, ketentuan-ketentuan yang berlaku harus didasarkan pada kebulatan tekad seluruh anggota.

2. LBB belum merupakan organisasi yang menyeluruh, terbukti Amerika Serikat sebagai negara besar dan pelopor berdirinya LBB tidak menjadi anggota LBB.

Bagaimana kelanjutan organisasi LBB?

Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata LBB tidak berhasil menjalankan tugasnya. Hal ini terbukti, LBB tidak mampu mencegah sewaktu Jepang menyerbu Tiongkok pada tahun 1931, dan Italia menyerbu Abesinia pada tahun 1934.

Demikian pula sewaktu Jerman melakukan agresi ke Austria, Cekoslowakia dan Polandia, yang merupakan awal meletusnya Perang Dunia II tahun 1939 – 1945, LBB tidak mampu berbuat apa-pun juga.

Related For Sejarah LBB atau “League of Nations”