Sejarah Negara

Website History

Menu

Sekilas sejarah berdirinya negara Inggris

Juni 30, 2015 | Dunia, Negara

Sekilas sejarah berdirinya negara Inggris – Inggris atau dalam bahasa Inggris disebut England. merupakan negara bagian dari Britania Raya. Di bagian utara, negara ini berbatasan langsung dengan Skotlandia, dan di sebelah barat dengan Wales, Di barat laut terdapat Laut Irlandia, barat daya Laut Keltik, dan sebelah timur terdapat Laut Utara dan selatan terdapat Selat Inggris yang merupakan pemisah antara Inggris dengan benua Eropa. Inggris merupakan negara kepulauan, yang mencakup lebih dari 100 pulau kecil, misalnya Isles of Scilly dan Isle of Wight.

Negara Inggris merupakan negara bagian paling besar dan memiliki penduduk terpadat. penduduknya membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara atau dalam bahasa Inggris disebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Secara umum Inggris seringkali digunakan untuk menyebut keseluruhan negara ini.

Dalam sejarah, wilayah Inggris pertama kali dihuni oleh manusia modern pada manusia periode Paleolitikum. Nama England berasal dari kata Angles, yang merupakan salah satu suku Jermanik yang tinggal menetap pada abad ke-5 dan ke-6. Tahun 927 Masehi, dan sejak Zaman Penjelajahan abad 15 Inggris menjadi negara yang bersatu,

Inggris memiliki pengaruh budaya dan hukum yang kuat di berbagai belahan dunia. Lihat saja, bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, Gereja Anglikan, dan hukum Inggris menjadi dasar sistem hukum umum bagi negara di seluruh dunia, dan sistem parlementer juga banyak diadopsi oleh negara lain di dunia.

Revolusi Industri Inggris sejak abad ke-18 menjadikan negara ini sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Sekilas sejarah berdirinya negara Inggris

Imperium Britania

Imperium Britania atau kekaisaran Ingrris tahun 1897 merupakan imperium paling luas di dalam sejarah dunia dan merupakan suatu periode tertentu yang pernah menjadi kekuatan utama di dunia. Imperium ini produk dari era penemuan Eropa, dimulai dengan penjelajahan maritim global negara-negara Iberia akhir abad 15 dan menandai era kerajaan global Eropa.

Tahun 1921, Imperium Britania mencakup populasi sekitar 458.000.000 orang, sekitar 1/4 populasi dunia, yang membentang seluas 36 juta km² lebih.

Meskipun daerah-daerah tersebut telah berkembang menjadi negara Persemakmuran, namun pengaruh Britania selalu melekat kuat di seluruh belahan dunia, seperti praktik ekonomi, hukum, sistem pemerintahan, masyarakat, maupun olahraga.

Latar belakang Imperium Britania

Imperium Britania seberang lautan berdasar pada kebijakan maritim yang dirintis oleh Raja Inggris Henry VII (1485 – 1509). Ia membangun jaringan komersial perdagangan wol yang dipromosikan pada masa pemerintahan Raja Richard III yang memerintah sebelumnya, membentuk sistem pelaut pedagang modern, yang mengembangkan industri pembangunan kapal Inggris dan pelayarannya.

Berbagai perusahaan yang telah di miliki kerajaan Britania misalnya, Massachusetts Bay Company dan Perusahaan Hindia Timur Britania. Henry VII mensponsori pelayaran para pelaut Italia mariner John Cabot tahun 1496 dan 1497, yang membangun koloni seberang lautan Inggris pertama yang merupakan sebuah pemukiman penangkapan ikan di Newfoundland. Tanggal 14 Pebruari 1949 Inggris mulai bergabung dengan IMO.

Related For Sekilas sejarah berdirinya negara Inggris