Sejarah Negara

Website History

Menu

Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya

Maret 29, 2015 | Catatan

Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya – Pernahkah anda mendengar suku yang terkenal di dunia ini? Tahukah bagaimana sejarah suku Maya? Para Arkeolog dunia mengatakan bahwa kebudayaan bangsa Maya mulai terbentuk sejak tahun 2000 sebelum Masehi sampai 250 Masehi. Tahun 250 M sampai 900 M, budaya suku Maya mengalami masa kejayaan. Suku Maya tinggal terpisah di tiga daerah yang memiliki perbedaan lingkungan dan budaya. Dari ketiga daerah tersebut yang paling terkenal adalah suku Maya dari selatan.

Suku Maya sangat religius, mereka menyembah berbagai dewa yang berhubungan dengan alam,. Dewa-dewa yang mereka sembah antara lain dewa matahari, dewa bulan, dewa hujan, dan dewa jagung. Mereka memiliki kepercayaan bahwa raja merupakan “Kuhul ajaw” (Raja suci) yang merupakan mediator antara para dewa dan manusia di bumi,

Suku bangsa Maya, merupakan salah satu suku paling terkenal dan misterius di dunia. Mengapa mereka terkenal? Mereka memiliki kebudayaan tinggi, pada masanya mereka sanggup mendirikan bangunan-bangunan megah seperti house of the dove di Mesoamerika. Lalu mengapa mereka misterius? Karena mereka menghilang begitu saja dari panggung sejarah dunia.

Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya

Menghilangnya Suku Maya

Hingga kini para arkeolog masih terus berusaha menyingkap misteri suku Maya. Sedikit demi sedikit misteri hilangnya suku ini nampaknya mulai terungkap. Menurut para peneliti yang berasal dari Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, suku ini mungkin punah karena perubahan iklim. Kesimpulan tetapi masih mungkin ini didapat setelah mereka mengamati wilayah Amerika Tengah lewat satelit.

Program satelit yang mengamati kawasan itu disebut servir , yang diluncurkan pada awal tahun 2005. Pada awalnya, satelit ini digunakan pemerintah untuk mengatasi kebakaran hutan, meningkatkan potensi lahan pertanian dan membantu memperbaiki kerusakan lingkungan. Tetapi justru program ini secara tak sengaja menemukan jejak-jejak kuno Suku Maya.

Servir memberikan informasi bahwa perubahan iklim merusak ekosistem dan keanekaragaman hayati lingkungan Suku Maya. Sebelumnya,telah muncul banyak dugaan mengenai penyebab hilangnya Suku Maya. Karena bencana alam, kelebihan penduduk, wabah penyakit hingga pemberontakan petani. Tetapi, Arkeolog Nasa, Sever menyimpulkan bahwa kepunahan suku maya ada kemungkin disebabkan oleh perubahan iklim yang tajam.

Saat musim kering panjang melanda wilayah suku maya akibat perubahan iklim, lahan pertanian yang subur menjadi kering kerontang dan tak menghasilkan makanan untuk mereka. Mungkin ini merupakan awal kemunduran besar bagi Suku Maya hingga akhirnya mereka lenyap dari sejarah.

Demikian, sekilas tentang sejarah suku Maya yang memang masih merupakan misteri yang sulit terungkap secara mendetail, karena memang tak mudah untuk mengungkap suatu sejarah yang kita sendiri tidak mengalaminya.

Related For Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya