Sejarah Negara

Website History

Menu

Sekilas tentang Fatmawati istri sang proklamator

Februari 26, 2015 | Nasional

Sekilas tentang Fatmawati istri sang proklamator РFatmawati adalah istri dari Ir Soekarno. Fatmawati lahir di kota Bengkulu pada tanggal 5 Pebruari 1923. Ayahnya bernama Hassan Din dan ibunya bernama Siti Chatijah. Sejak kecil beliau hidup dalam suasana perjuangan.Baca mengenai Soekarno di artikel : Ir Soekarno sang proklamator sejati

Fatmawati adalah pendamping suami suami yang setia. Dia ikut berjuang di samping Bung Karno. Bahkan, Fatmawatilah yang menjahit bendera Sang Saka Merah Putih untuk upacara pembacaan proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945.

Isrti Bung Karno ini turut memperjuangkan nasib kaum wanita. Fatmawati meninggal dunia dalam perjalanan pulang dari Mekah (Arab Saudi) setelah menjalankan ibadah umroh pada tahun 1980.

Dari beberapa sumber sejarah yang didapat admin Fatmawati keturunan dari Kerajaan Indrapura Mukomuko. Ayahnya yang bernama Hassan Din merupakan keturunan keenam dari Kerajaan Putri Bunga Melur. Jika dilihat dari namanya Putri Bunga Melur adalah putri yang ayu, bersahaja, bijaksana. Oleh karenanya Fatmawati memiliki sifat-sifat tersebut.

Dikisahkan untuk mendapatkan cinta sang putri Bung Karno membutuhkan perjuangan yang berat. Demi memperoleh putri idamannya Soekarno terpaksa harus merelakan kepergian Bu Inggit, seorang wanita tegar dan tulus uang setia mendampinginya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ditempat pembuangan yang dilakukan Belanda sering dilaluinya bersama Bu Inggit.

Lalu bagaimana sosok Ibu Fatmawati yang anggun dan bijaksana ini? Berikut kami sertakan beberapa foto atau gambar beliau.

Sekilas tentang Fatmawati istri sang proklamator

Semoga dengan sedikit ulasan mengenai Ibu Fatmawati akan menumbuhkan semangat kita, terutama kaum wanita untuk ikut berperan serta dalam membangun bangsa dan negara.

Related For Sekilas tentang Fatmawati istri sang proklamator