Sejarah Negara

Website History

Menu

Seni kaligrafi dan Islam

Agustus 20, 2014 | Islam

Seni kaligrafi dan Islam – Seni menulis (khath) dan menulis kaligrafi, artinya karya tulis tangan indah hasil kreasi estetik seseorang muslim yang berguna untuk memenuhi kebutuhan jiwanya, dalam usaha untuk menghormati dan mencintai Al-qur’an dan As-Sunah Nabi.

Keindahan dalam usaha menulis dan melukis teks Al-Qur’an dan hadits merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan bernilai ibadah.

Seni khath dan kaligrafi ini berguna untuk hiasan masjid, sampul kitab, penulisan Al-Qur’an, penulisan ayat-ayat Al-Qur’an dan penulisan Al-Hadits agar lebih indah dan menarik untuk dilihat atau dibaca, walaupun kadang-kadang lebih sulit untuk dibaca karena bentuknya yang indah.

Seni kaligrafi dan Islam

Di Indonesia tulisan kaligrafi sudah tak asing lagi. Banyak dari mereka para pengrajin membuatnya dengan dasar dari berbagai media, mulai dari kertas, kulit hewan, kayu dan bahkan batu.

Kaligrafi biasa dijual baik di toko maupun tempat-tempat wisata yang biasanya dikunjungi baik wisatawan lokal atau luar daerah.

Kaligrafi termasuk seni menulis yang berhubungan erat dengan keislaman. Bentuk rangkaian tulisan yang indah ternyata menarik minat bagi masyarakat. Ini terlihat dari rumah-rumah yang memasang tulisan kaligrafi sebagai hiasan dinding.

Selanjutnya baca juga Hubungan seni budaya lokal dan tradisi Islam

Related For Seni kaligrafi dan Islam