Sejarah Negara

Website History

Menu

Siapakah Robert Merton Solow?

November 11, 2014 | Biografi

Siapakah Robert Merton Solow? – Robert Robert Merton Solow lahir di Brooklyn, New York, pada tanggal 23 Agustus 1924. Ia bertugas di United States Army antara tahun 1942 sampai 1945. Solow menerima gelar doktor dalam ilmu ekonomi di Harvard University, dengan belajar di bawah bimbingan Wassily Leontief.

Dalam sejarahnya Robert M. Solow yang kerap dipanggil Solow lahir dalam keluarga yang miskin. Namun hal itu tidak menghalangi Solow untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan meraih mimpinya. Saat duduk di bangku sekolah menengah, ia berhasil mendapatkan beasiswa dari Harvard University.

Namun, ia tak lama menuntut ilmu di Universitas ini. Rasa bosan yang menyerang karena faktor materi yang diajarkan terlalu monoton membuatnya mengambil keputusan untuk hengkang dari kampus ini dan memilih menjadi tentara pada tahun 1942 – 1945.

Siapakah Robert Merton Solow

Robert Merton Solow

Solow bergabung dengan US Army angkatan Bersenjata Amerika Serikat ketika usianya menginjak 18 tahun. Ia bertugas di korps militer ini selama 3 tahun, hingga tahun 1945. saat pecah Perang Dunia II. Setelah masa tugas di barak militer selesai, ia memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah.

Sekembalinya ke bangku kuliah, Solow mengabdikan diri di sebuah tim peneliti yang saat itu di bawah komando Wassily Leontif, yang kelak pada tahun 1973 juga memenangi hadiah Nobel di bidang ekonomi. Pada waktu itu, Solow menunjukkan ketertarikannya yang lebih kepada dunia statistik probabilitas.

Rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai rumus statistik membuat Solow memutuskan belajar lebih mendalam di Columbia University pada tahun 1949 hingga 1950. Selain belajar, ia juga mulai menyebarkan ilmu yang pernah ia peroleh dengan menjadi tenaga pengajar di kampus Massachusetts Institute of Technology untuk pengajaran di bidang statistik serta ekonomi.

Rasa ketertarikan Solow terhadap ilmu ekonomi juga tidak lepas dari pengaruh Paul Samuelson. Selama hampir 40 tahun Solow bekerja sama dengan ekonom Paul Samuelson. Mereka tak hanya membicarakan materi ekonomi, tetapi juga politik dan berbagai hal lain.

Lama dan seringnya bergaul dengan Paul membuat Solow mempunyai energi dan semangat lebi h untuk mendalami mikroekonomi yang membahas berbagai aspek kehidupan yang ada di masyarakat.

Baca kelanjutannya artikel ini di Tentang teori Solow

Selain berkecimpung di dunia akademis, Solow juga berkarier menjadi seorang praktisi. Tahun 1961 ia menjadi salah satu Dewan Penasihat Ekonomi selama satu tahun, hingga tahun 1962. Enam tahun berikutnya, Solow diangkat sebagai anggota Komisi Kepresidenan selama 3 tahun, yaitu dari tahun 1968 sampai 1971.

Related For Siapakah Robert Merton Solow?