Sejarah Negara

Website History

Menu

Singapura sebagai pelabuhan transito dunia

November 4, 2013 | Dunia, Negara

Singapura sebagai pelabuhan transito dunia – Di Singapura tidak terdapat pegunungan tinggi. Ketinggian tempat rata-rata 15 meter dari permukaan laut. 4 puncak bukit yang terkenal adalah Bukit Timah, Bukit Gombak, Bukit Panjang dan Bukit Mandai. Perbukitan ini terdapat di bagian tengah negara Singapura.

Bukit tertingginya yaitu Bukit Timah dengan ketinggian kurang lebih 165 meter. Di daerah perbukitan dibuat waduk Pierce, waduk Seletor dan waduk Mac Richie.

Singapura berilim khatulistiwa yang panas dan basah. Suhu tahunan rata-rata adalah 25 derajat celcius. Curah hujan tahunan rata-rata mencapai 2.500 milimeter. Hujan turun sepanjang tahun paling banyak pada bulan Desember. Bulan terkering pada bulan Agustus.

Pelabuhan-Singapura

Pelabuhan Singapura

Pertanian dilakukan secara intensif terutama tanaman sayur-mayur, buah-buahan dan anggrek. Perikanan air tawar yaitu ikan gurami. Perikanan laut dilakukan sepanjang pantai.

Industri modern Singapura dimulai tahun 1960 dengan tujuan menyediakan lapangan pekerjaan. Luas kawasan industri kurang lebih 6.300 ha. Industri terpentingnya yaitu industri listrik dan elektronika, transportasi, misalnya pembuatan dan perbaikan kapal dan pembuatan komponen pesawat terbang. Selain itu juga industri peralatan pengeboran minyak. Singapura merupakan negara industri terbesar di Asia Tenggara.

Singapura disebut juga pelabuhan transito (pelabuhan pembagi) yang artinya pusat perdagangan impor dan ekspor serta pusat pengumpulan dan penyebaran barang-barang. Pelabuhan Singapura adalah salah satu pelabuhan peling sibuk di dunia, yang menyediakan fasilitas untuk menampung segala jenis kapal.

Sebuah bandar udara internasional yang modern dibukan pada tahun 1981 di Changi.Lagu kebangsaan Singapura adalah “Majulah Singapura”. 3 taman hiburan besar yang berada di kota Singapura adalah Great World, Happy World dan New World. Satuan mata uangnya adalah Dollar Singapura.

Ekspor penting negara Singapura adalah karet dan minyak bumi yang telah diolah. Impor Singapura berupa beras, bahan makanan, sayuran dan lain-lain.

Lihat informasi lainnya Tentang Negara Singapura

Related For Singapura sebagai pelabuhan transito dunia

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori