Sejarah Negara

Website History

Menu

Suku Lore di Lembah Bada Sulawesi Tengah

Juni 1, 2016 | Selingan

Di Sulawesi Tengah terdapat Taman Nasional Lore Lindu. Salah satu suku penghuni di sekitar taman ini adalah suku Lore yang tinggal di Lembah Bada.

Untuk mencapai lembah ini, salah satunya bisa mengambil rute naik kendaraan umum dari Palu ke Desa Gimpu, lalu dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak di sepanjang tepian Sungai Lairiang serta melewati hutan lebat. Di samping berjalan kaki dapat pula kita naik kuda sewaan.

Dalam perjalanan tersebut, kita akan menjumpai masyarakat pegunungan yang hidupnya masih berpindah-pindah. Kegiatan keseharian mereka adalah berladang, mendulang emas di pinggir sungai, dan berburu.

Kita juga akan menjumpai botol-botol saguer (minuman dari pohon enau) yang dijejer di pinggir jalan. Dekat jejeran botol tersebut akan kita temukan tulisan arang seperti “1000 1 botol atau botol 1 1000”. Maksudnya, minuman dalam botol tersebut harganya Rp 1000. Tetapi tidak berikut botolnya. Setelah isinya kita minum, botol dikembalikan ke tempatnya.

Kejujuran diutamakan. Soalnya, kita tidak akan pernah ada penjaga atau penjual menunggu di sana. Sang penjual mempunyai urusan sendiri.

Kata orang yang sering melewati jalan tersebut, jika kita tidak membayar atau mengambil uang yang kita temukan di situ, kita akan mendapat musibah atau penyakit, misalnya sakit perut, sakit kepala atau sakit lain. Tentu di sini berlaku istilah “Lebih baik jujur”.

Related For Suku Lore di Lembah Bada Sulawesi Tengah