Sejarah Negara

Website History

Menu

Sumber daya laut Indonesia

Mei 11, 2015 | Geografi

Sumber daya laut Indonesia – Sumber daya laut merupakan sumber yang bisa diperbaharuhi (renewable), disamping ada yang tidak bisa diperbaharui. Pemanfaatan sumber daya laut terus-menerus dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan pangan (protein hewani), energi, bahan baku, perluasan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan negara.

Khususnya produksi ikan laut makin lama makin meningkat. Dalam catatan sejarahnya, semenjak Indonesia merdeka telah memproduksi ikan laut sejumlah ribuan ton. Tahun 1968 telah memproduksi sebanyak 724 ton hingga berkembang tahun 1979 sebanyak 1.291 ton.

Penduduk Indonesia yang bergerak di bidang perikanan laut meliputi penduduk yang menghuni daerah pantai 90% dari hasil laut berasal dari perikanan rakyat. Beberapa wilayah Indonesia sudah terkenal sejak dahulu merupakan tempat tinggal nelayan ulung, seperti Sulawesi Selatan dan Tenggara, Jawa Timur termasuk Madura.

Silahkan baca artikel sejarah : Masa kejayaan kerajaan Makasar dan Nenek moyang bangsa Indonesia pelaut tangguh

Kemungkinan mengapa penduduk daerah ini telah bermata pencaharian di bidang perikanan sejak dahulu, karena tanahnya kurang subur, sehingga tanah daerah tersebut kurang daya dukungnya bagi pengembangan pertanian.

Menteri Kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan perikanan

Pada awal perkembangan perikanan laut, daerah penghasil ikan laut terpenting adalah daerah sekitar Selat Malaka dan sekitar perairan Riau. Sekarang pengusaha laut ini telah menyebar di seluruh kepulauan Indonesia.

Masalah yang dihadapi para nelayan adalah pemasaran hasil tangkapan, pembinaan keterampilan dan alat penangkapan ikan. Semoga dengan diangkatnya menteri Kelautan dan perikanan di Kabinet Jokowi-JK Ny. Susi Pudjiastuti, yang dikenal tegas dan tangguh mampu mengatasi hal ini.

Kebijaksanaan pengembangan sumber daya hayati perairan, pada tahun 1966 telah meliputi beberapa hal berikut :

a. Pengembangan, peningkatan produksi untuk perbaikan gizi rakyat dan untuk ekspor.

b. Pengelolaan dengan saran : melaksanakan panen penopang (sustainable yield), meningkatkan pendapatan nelayan, dan merangsang penanaman modal di sektor perikanan (UU Penanaman Modal 1967).

 

Potensial laut Indonesia

Selain ikan laut, perairan Indonesia mempunyai potensial lain, yaitu sebagai berikut :

  • Indonesia telah terkenal sejak dahulu dengan mutiaranya, yang didapat di sekitar Kepulauan Aru.
  • Indonesia telah mengembangkan budi daya kerang laut.
  • Indonesia kaya akan taman laut, seperti di sekitar Laut Banda dan di sebelah utara Sulawesi Utara yang bisa dikembangkan menjadi daerah wisata laut yang banyak menarik wisatawan domestik maupun wisatawan ading dan sangat populer untuk pengembangan olah raga menyelam.
  • Pada akhir-akhir ini ditemukan bahwa dasar laut Indonesia di beberapa daerah mengandung minyak bumi. Terdapat pengeboran lepas pantai seperti di lepas pantai Sumatra, Jawa, Madura dan beberapa daerah lain.

Related For Sumber daya laut Indonesia

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori