Sejarah Negara

Website History

Menu

Tentang negara Brunei Darussalam

Juli 26, 2013 | Dunia, Negara

Tentang negara Brunei Darussalam – Hal-hal yang perlu diketahui tentang negara Brunei Darussalam:

  • Luas wilayah : 5.765 km persegi
  • Ibu kota : Bandar Seri Begawan
  • Bentuk pemerintahan : Kesultanan
  • Hari kemerdekaan : 23 Januari
  • Kepala negara : Sultan
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Sultan : Hassanal Bolkiah
  • Lagu kebangsaan : Aliah Peliharakan Sultan
  • Jumlah penduduk : 405.938
  • Bahasa : Melayu
  • Agama mayoritas penduduk : Islam
  • Bandar udara Internasional : Brunei International Airport
  • Perusahaan penerbangan : Royal Brunei Airlines

Pemerintahan

Pada tahun 1888 James Brook menguasai sebagian wilayah Kalimantan Utara yang kemudian menjadi daerah protektorat Inggris. Brunei Darussalam yang hanya sering disebut Brunei memperoleh kemerdekaannya ditetapkan tanggal 23 Januari 1984, dengan ibu kota Bandar Seri Begawan (sebelum tahun 1970 bernama Brunei Town). Brunei merupakan negara kesultanan dengan kekuasaan pemerintah tertinggi di tangan Sultan.Update :

Keadaan Geografi

Negara Brunei terpisah menjadi dua bagian: bagian barat meliputi daerah Belait, Tutong dan Brunai, sedangkan bagian timur meliputi Temburong. Kedua bagian ini dipisahkan oleh Serawak yang merupakan negara bagian Malaysia. Iklimnya tropis yang lembab, suhu rata-rata 27,8 derajat.

Penduduk

Separuh penduduk Brunei adalah orang Melayu, sisanya orang Cina dan penduduk pribumi. Pendapatan perkapita penduduk Brunei tertinggi di dunia, yaitu sebesar US$15.000 pertahun atau Rp 26.4 juta.Pertumbuhan penduduk yang tinggi karena dipengaruhi imigran yang datang dari negara sekitarnya.

Bahasa resmi negaranya adalah bahasa Melayu, yang dipergunakan untuk percakapan sehari-hari bahasa Inggris dan bahasa Cina. Agama resminya adalah agama Islam, agama lainnya yang dianut penduduk Brunei adalah Kristen, Budha, dan agama tradisional Cina.

Perekonomian

Di bidang pertanian Brunei menghasilkan padi, jagung dan kelapa. Karet dan kayu merupakan ekspor Brunei disamping ekspor yang utama berupa minyak bumi dan gas alam. Hasil tambang itu menyebabkan Brunei menjadi negara yang kaya dan pendapatan perkapitanya tinggi. Bahkan hampir 95% pendapatan nasional bersumber dari minyak bumi.

Kegiatan utama ekonomi

1. Pertanian

Hasil utamanya padi, tanaman lainnya ubi kayu dan jagung, lahan pertaniannya sempit maka menggunakan sistem intensifikasi pertanian. Penangkapan ikan terutama di pantai utara dan Laut Cina Selatan.

2. Perkebunan

Komoditas ekspor dari hasil perkebunan adalah karet, lada, kelapa, sagu dan nanas.

3. Pertambangan

Pendapatan perkapita Brunei sangat tinggi karena ditunjang oleh kekayaan sumber daya alam yang sangat potensial, terutama minyak bumi dan gas alam. Itulah sebabnya Brunei sering disebut Negara Petro Dolar Asia Tenggara. Daerah pertambangan minyak buminya terdapat di Seria, lepas pantai Kuala Belait, Ampar dan Jerudong.

4. Pariwisata

Obyek wisata yang dikembangkan adalah wisata alam dengan kota airnya dan obyek wisata budaya, yaitu istana yang sangat mewah di dunia dilengkapi masjid berkubah emas.

Hubungan dengan Indonesia

Brunei merupakan anggota ASEAN sejak tanggal 7 Januari 1984 dan merupakan anggota ke-enam. Sebelumnya semua hubungan dengan luar negeri diwakili oleh pemerintah Inggris. Indonesia pernah mengirimkan beberapa dosen untuk mengajar di Brunei Darussalam.

Tahun 1987, nilai ekspor Indonesia ke Brunei sebesar US$ 2,1 juta, sedangkan nilai impor Indonesia dari Brunei adalah US$ 1 juta. Ekspor Indonesia berupa sayur-sayuran dan buah, pakaian (batik dan jeans), dan sejak awal tahun 1988 mengekspor mobil Toyota Kijang Super.

Related For Tentang negara Brunei Darussalam