Sejarah Negara

Website History

Menu

Tentang negara Mesir

September 2, 2013 | Dunia, Negara

Tentang negara Mesir – Hal-hal yang perlu diketahui tentang negara Mesir adalah :

  • Luas wilayah : 1.001.449 km persegi
  • Ibu kota : Kairo
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Hari Revolusi : 23 Juli
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Presiden : Muhamad Mursi (digulingkan 3 Juli 2013)
  • Perdana Menteri : Hazem el-Beblawi
  • Lagu kebangsaan : Ha Ni An Be Au Tu Da To Samil Ma Kam
  • Jumlah Penduduk (2013) : 76.117.421 jiwa.
  • Bahasa : Arab, Inggris
  • Agama mayoritas penduduk : Islam
  • Mata uang : Pound Mesir
  • Bandar udara internasional : Kairo Mesir
  • Perusahaan penerbangan : EgyptAir

Pemerintah

Nama asli Mesir adalah Al-Jumhuriyah Al-Arabiyah El-Misriyah. Nama internasionalnya Arab Republic of Egypt. Mesir menjadi republik sejak tahun 1953, sebelumnya berbentuk kerajaan yang diperintah oleh Raja Farouk. Presiden pertama republik ini adalah Gamal Abdul Nasser. Tahun 1958 Mesir dan Suriah bergabung membentuk negara Republik Persatuan Arab. Namun pada tahun 1961 gabungan ini terpecah karena kemudian Suriah menarik diri. Sampai sekarang Mesir bernama Republik Arab Mesir, dengan ibu kota Kairo (Cairo).

Keadaan geografi

Mesir terletak di bagian timur laut Benua Afrika, berada pada kedudukan antara 22 derajat LU – 31,5 LU dan 24 derajat BT – 31,5 BT.

Batas-batas negara Mesir adalah:

  • sebelah utara : Laut Tengah
  • sebelah barat : Lybia
  • sebelah selatan : Sudan
  • sebelah timur laut : Israel
  • sebelah timur : Laut Merah

Mesir mempunyai kedudukan yang strategis karena terletak pada Terusan Suez yang merupakan pintu gerbang penghubung antara Asia dan Eropa lewat laut. Sebelumnya kapal-kapal dari Asia ke Eropa harus mengelilingi Benua Afrika.

Hampir seluruh wilayah Mesir merupakan gurun pasir, kecuali daerah di sekitar aliran Sungai Nil. Panjang Sungai Nil 6.690 km, sungai ini merupakan singai terpanjang di dunia. Mesir merupakan daerah panas dan kering, jarang sekali terjadi turun hujan. Pada musim panas (Mei – Oktober) suhu udara mencapai 39 derajat celcius pada siang hari, sedangkan pada musi dingin (November – April) suhu mencapai 15 derajat celcius.

Untuk melihat peta Mesir google map silahkan lihat di sini

Penduduk

Menurut catatan dunia pada tahun 2013 jumlah penduduk Mesir sudah mencapai 76.117.421 jiwa. Hampir seluruhnya berdiam di lembah dan Delta Sungai Nil. Daerah ini termasuk salah satu daerah yang terpadat penduduknya di dunia. Mereka mayoritas petani atau fellahin. Sebagian besar (93%) penduduk Mesir beragama Islam.

Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Arab, tetapi mereka juga berbahasa Inggris.Masyarakat Mesir dikenal mempunyai kebudayaan yang tinggi sejak zaman purba, Terbukti dari peninggalan kebudayaan nenek moyang mereka berupa piramide di Giza dan Sakara, dan sphinx di Sakara selengkapnya bisa anda baca di artikel Sejarah Mesir Kuno. OLeh sebab itu, Mesir dijuluki juga sebagai Negeri Piramide. Piramide adalah kuburan raja-raja, sedangkan sphinx merupakan bangunan patung berbadan singa berkepala manusia.

Perekonomian

Hasil pertanian Mesir yang terpenting adalah kapas, tebu, padi, sayuran dan buah-buahan. Bahkan kapas merupakan komoditas ekspor yang mendatangkan devisa bagi negeri piramide ini. Pertanian dapat berkembang karena dibangunnya Bendungan Aswan pada tahun 1969. Bendungan yang lebih baru dan lebih besar kemampuannya adalah Bendungan El-Sadd El-Ali, yang terletak 8 km di sebelah selatan Bendungan Aswan.

Bendungan di Mesir juga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. System landreform juga diberlakukan sejak tahun 1950. Setiap keluarga dilarang memiliki tanah lebih dari 42 hektar. Daerah pertanian terdapat di lembah dan Delta Sungai Nil. Perut bumi Mesir mengandung pula barang tambang, berupa minyak bumi, fosfat, bijih besi dan mangan. Minyak bumi terdapat di daerah pantai timur Teluk Suez, fosfat di daerah pantai barat Laut Merah, bijih besi ditambang di sebelah timur kota Aswan dan mangan di Semenanjung Sinai.

Dibidang industri dihasilkan tekstil, baja, semen, pupuk dan bahan kimia. Pusat-pusat industri Mesir adalah Iskandariah, Kairo, Delta Sungai Nil dan di sekitar Terusan Suez. Bahkan, kni Mesir menjadi negara industri kedua terbesar di Benua Afrika.

Sumber penerimaan lainnya bagi negara Piramide ini adalah kepariwisataan dan bea masuk Terusan Suez. Daya tarik Mesir dengan peninggalan-peninggalan Mesir Kuno menyebabkan Mesir banyak dikunjungi wisatawan asing. Sedangkan hasil Terusan Suez adalah berupa bea masuk yang diterima dari setiap kapal yang berlayar melewati terusan ini.

Hubungan dengan Indonesia

Agama Islam yang dianut oleh sebagian besar penduduk kedua negara ini merupakan ikatan batin antarara Indonesia dan Mesir. Banyak pemuda Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar. Universitas ini adalah universitas Islam yang sangat terkenal, terletak di Kairo yang sudah berumur 10 abad.

Mesir bersama Indonesia dan beberapa negara lainnya juga menjadi pencetus gagasan terselenggaranya KTT Nonblok tahun 1961. Mesirlah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia dari kelompok negara-negara Arab.

Selengkapnya baca di artikel Organisasi negara-negara non-Blok. Di bidang perdagangan, antara kedua negara belum menunjukkan angka-angka yang berarti. Dari Mesir Indonesia mengimpor kapas dan pupuk, sebaliknya Indonesia mengekspor kayu lapis, teh dan kopi.

Related For Tentang negara Mesir