Sejarah Negara

Website History

Menu

Tentang negara Prancis

Oktober 10, 2013 | Dunia, Negara

Tentang negara Prancis – Nama resmi negara Prancis adalah French Republik (Republik Prancis). Ibu kotanya terletak di Paris. Negara ini terletak di Eropa Barat, yang letak astronominya antara 42 derajat 20′ LU – 51 derajat 05′ LU dan 8 derajat 10′ BT – 5 derajat 55′ BB.

Tentang negara Prancis – Luas Prancis seluruhnya kurang lebih 550.000 kilometer persegi atau 4 kal lipat pulau Jawa. Gunung tertinggi yaitu Mount Blanc, dengan ketinggian sekitar 4.810 meter. Sungai-sungai terpanjang dan utama yaitu sungai Seine, sungai Loire, sungai Garonne, sungai Rhonne dan sungai Rheine.

Pemerintahan

Tentang negara Prancis – Pemerintahan Prancis berbentuk republik dengan kepala negaranya presiden. Badan legislatif terdiri dari sidang nasional dan senat. Prancis sering mengalami pergantian pemerintahan seperti digambarkan di bawah ini :

  • Republik I : diproklamasikan pada tahun 1792, setelah mengalahkan Raja Louis XVI.
  • Republik II : setelah Raja Louis Philippe jatuh pada tahun 1848.
  • Republik III : setelah berakhirnya kekaisaran Napoleon ke-3 pada tahun 1871.
  • Republik IV : diproklamasikan pada tahun 1945 dengan Jenderal De Gaulle diangkat menjadi Presiden.
  • Republik V : – pada tahun 1958, De Gaulle diangkat kembali menjadi presiden.
  • pada tahun 1966, De Gaulle digantikan oleh Georges Pompidou, setelah De Gaulle melarang masuknya Inggris ke dalam EEC (European Economic Community).

Batas-batas Prancis

  • di sebelah barat berbatasan dengan Spanyol dan Laut Tengah.
  • di sebelah timur berbatasan dengan Italia dan Swit Zerland (Swiss).
  • di sebelah utara berbatasan dengan Jerman Barat, Luxemburg dan Belgia.
  • di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra  Atlantik dan Terusan Inggris.

Di sebelah barat terdapat Teluk Biskaye yang merupakan laut tepi Samudra Atlantik. Di utara Teluk Biskaye terdapat semenanjung Bretagne yang menjorok ke arah laut. Daerah perbatasan sebelah timur, dari Laut Tengah terdapat ujung barat Pegunungan Alpina, Pegunungan Yura Swiss dan di utaranya Pegunungan Vogesa.

Negara Prancis sangat dipengaruhi oleh iklim laut. Bagian tengah beriklim laut tengah yang pada waktu musim panas udaranya sangat panas. Di selatan yaitu di Pegunungan Alpen dan Pegunungan Pyrenua beriklim sedang dan terdapat angin Mistral rhone delta.

Angin Mistral rhone delta merupakan angin turun yang dingin. Curah hujan turun di bagian barat di pantai Atlantik yang beriklim sedang dan dipengaruhi arus Gulfstream.

Hasil pertanian yang penting yaitu anggur, gandum, bit, kentang, jelai, buah-buahan dan sayur-sayuran. Anggur Prancis terkenal paling enak di dunia.

Laju pertumbuhan penduduk Prancis 0,5% pertahun. Penyebaran penduduk berada di kota-kota sekitar 70%. Bahasa nasionalnya bahasa Prancis. Agama mayoritas yang dianut penduduk yaitu : Katolik, Kristen Protestan, Yahudi dan Islam.

Hasil tambang Prancis yang penting yaitu besi, batubara, gas alam, minyak bumi, boksit dan belerang. Hasil industrinya berupa semen, baja, mobil, anggur dan brandy, tekstil, parfum dan makanan.

Negara ini penghasil bijih besi terbesar di Eropa. Tambang bijih besi terdapat di Lorraine. Tambang batubara terdapat di daerah utara di kota Lille dan Rounbaix. Tempat PLTA Prancis yang utama terletak di lembah Rhone.

Daerah penghasil kapas dan wool di daerah Rouen di lembah sungai Sein. Tambang minyak bumi terdapat di Porentis dekat Bordeaux. Sumber gas alam terdapat di Lacq dan Pegunungan Pyrenia. Lacq juga merupakan tempat pusat industri bahan-bahan kimia dan plastik, tambang alumunium dan boksit terletak di Les Baux.

Baca juga :

Sungai Seine adalah sungai terbesar yang dapat dilayari. Singau Loire adalah sungai yang paling indah yang berasal dari selatan menuju Orlean dan bermuara di Saint Nazaire di Atlantik.

Related For Tentang negara Prancis