Sejarah Negara

Website History

Menu

Teori lain lenyapnya Benua Atlantis

September 13, 2016 | Catatan

Melanjutkan kisah Perdebatan Atlantis oleh para ilmuwan sejarah. Ihwal lenyapnya Benua Atlantis ada teori lain yang muncul. Dalam bukunya berjudul The Secret of Atlantis, Otto Muck menyatakan bahwa atlantis hancur dan kemudian tenggelam oleh hantaman benda-benda angkasa ang jatuh di atasnya.

Muck menunjukkan bukti, misalnya di barat daya Atlantik, adanya sebuah lubang raksasa di dasar lautan. Letaknya di dekat Puerto Rico dengan kedalaman 7 km. Jadi lubang tersebut tentunya berbentuk kawah atau palung. Kesimpulan Muck, bahwa tenggelamnya Atlantis karena hantaman benda angkasa ini.

Untuk meyakinkan bagaimana Atlantis menemui kehancuran, Muck mencoba menghitung. Jika sebuah asteroid (benda angkasa) yang lebarnya 10 km menghantam bumi, daya ledaknya setara dengan 30.000 bom hidrogen ukuran sedang yang dijatuhkan ke bumi.

The Secret of Atlantis Book by Otto Muck

The Secret of Atlantis Book by Otto Muck

Kekuatan sedahsyat ini sanggup menenggelamkan Atlantis dan sebagian Amerika Tengah untuk kemudian memunculkan Teluk Meksiko dan Karibia. Hebatnya, Muck bahkan bisa menetapkan tanggal terjadinya ledakan asteroid tersebut, yaitu tanggal 4 Juni 8498 SM.

Mengapa tanggal itu yang ditetapkan? Apa Muck setuju dengan Plato yang menetapkan tahun 9000 SM sebagai kehancuran Atlantis? Bukankah Pulau Thera atau Santorin yang disinyalir sebagai sisa reruntuhan Atlantis baru tenggelam ada tahun 1500 SM?

Muck kemudian membeberkan bukti astronomis, bahwa tepat pada tanggal itu (menurut kalender bangsa Maya) bulan matahari dan planet Venus dalam keadaan sejajar. Ini berakibat timbulnya tarikan gravitasi yang sangat besar, memungkinkan asteroid tersedot lalu menghantam bumi.

Melalui perhitungan rumit, Muck bahkan bisa menetapkan waktu kehancuran Atlantis, yaitu pada pukul 20.00.

Masih tanda tanya

Keberadaan Atlantis hingga kini masih terus diperdebatkan. Tak pelak sudah berapa ribu orang yang berhak menyandang gelar atlantolog.

Pada bulan April 1975, Indiana University menghimpun para atlantolog dalam sebuah simposium raksasa yang diberi judul “Atlantis: Fact or Fiction” (Atlantis: Fakta atau Khayalan).

Boleh jadi, tema simposium tersebut relevan dengan sikap anda sendiri, yaitu antara percaya dan tidak. Hanya Yang Maha Kuasa Yang Maha Mengetahui.

Jika anda menemukan artikel ini, silahkan baca awal pembahasan Benua Atlantis di artikel sejarah : Sekilas mengenai Atlantis oleh Plato

Related For Teori lain lenyapnya Benua Atlantis