Sejarah Negara

Website History

Menu

Tokoh sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia

Februari 3, 2015 | Kerajaan

Tokoh sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia – Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia, yang terletak di Kutai, Kalimantan Timur. Pusat pemerintahan Kutai diperkirakan terdapat di Muara Kaman, yaitu di tepi Sungai Mahakam.

Peninggalan Kerajaan Kutai yang terkenal adalah tujuh buah Yupa. Berdasarkan bentuk huruf yang dipakai pada prasasti Yupa, dapat diperkirakan bahwa yupa-yupa tersebut berasal dari abad ke-4 Masehi.

Huruf pada yupa adalah huruf Pallawa dengan menggunakan bahasa Sansekerta. Isi pada tulisan yupa menceritakan raja-raja Kerajaan Kutai yang meliputi sebagai berikut :

  1. Raja pertama Kerajaan Kutai adalah Kudungga.
  2. Anak Kudungga bernama Aswawarman.
  3. Aswawarman disebut sebagai wamsakarta, yaitu pembentuk keluarga.
  4. Aswawarman mempunyai anak bernama Mulawarman.

Tokoh sejarah yang terkenal pada masa Kerajaan Kutai adalah Mulawarman. Raja Mulawarman memerintah dengan cara bijaksana. Ia sangat dicintai rakyatnya. Semasa pemerintahannya rakyat hidup sejahtera dan makmur.

Pada masa kepemimpinan Mulawarman, Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan. Sang raja meluaskan wilayah kekuasaan hingga ke daerah sekitarnya. Sebagai uangkapan terima kasih kepada raja atas bantuan berupa 20.000 ekor sapi beserta minyak dan lampu, para brahmana mendirikan tugu peringatan.

Tokoh sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia

Peta letak Kerajaan Kutai

Selengkapnya tentang bagaimana kerajaan tertua di nusantara ini, baca artikel Tentang Kerajaan Kutai dan 3 rajanya

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Tokoh sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia, semoga menambah catatan sejarah nusantara yang kaya akan sejarah.

Related For Tokoh sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia