Sejarah Negara

Website History

Menu

Tokoh sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore

Februari 22, 2015 | Kerajaan

Tokoh sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore – Kerajaan Ternate dan Tidore terletak di Kepulauan Maluku Utara. Beberapa raja atau sultan yang pernah berkuasa pada masa Kerajaan ini adalah sebagai berikut :

1. Sultan Zainal Abidin

Sultan Zainal Abidin merupakan pendiri Kerajaan Ternate pada abad ke-13 Masehi. Ia memerintah dari tahun 1486 sampai 1500.

2. Sultan Nuku

Sultan Nuku merupakan pendiri Kerajaan Tidore pada abad ke-15 Masehi. Pada abad ke-15 rakyat Ternate dan Tidore telah memeluk agama Islam.

3. Sultan Bayansirullah

Sultan Bayansirullah merupakan pengganti Sultan Zainal Abidin. Ia terkenal dengan sebutan Abu Hayat. Ia memerintah dari tahun 1500 sampai 1522.

4. Sultan Hairun

Sultan Hairun merupakan raja Ternate yang memerintah dari tahun 1536 sampai 1570. Sultan Hairun menjadi semakin geram dan marah melihat keangkuhan penjajah. Sultan Hairun bertempur melawan Portugis dan akhirnya gugur dalam pertempuran tersebut.

Baca selengkapnya di artikel : Perlawanan ternate terhadap portugis

5. Sultan Baabullah

Sultan Baabullah merupakan pengganti Sultan Hairun yang memerintah dari tahun 1570 sampai 1583. Pada masa ini Kerajaan Ternate mencapai puncak masa kejayaan. Sultan Baabullah terkenal sebagai raja 27 pulau.

Selengkapnya bisa di baca pada artikel : Puncak kejayaan kerajaan Ternate

Tokoh sejarah yang terkenal pada masa Kerajaan Ternate-Tidore adalah Sultan Baabullah dan Sultan Nuku. Sultan Baabullah berhasil memajukan Kerajaan Ternate. Bukti keberhasilannya antara lain sebagai berikut :

a. Berhasil merebut benteng Portugis dan mengusirnya dari Ternate pada tanggal 18 Desember 1577.

b. Kerajaan Ternate memperluas wilayah sampai ke Mindanau (bagian utara), Bima (bagian selatan), Papua (bagian timur), dan Makassar (bagian barat).

Pada masa Sultan Nuku, Kerajaan Tidore mampu memperluas wilayah hingga ke Halmahera, Seram, dan Papua. Pada abad ke-15 rakyat Ternate-Tidore telah memeluk agama Islam.

Baca juga artikel Kerajaan Ternate dan Tidore

Semoga menjadi tambahan catatan sejarah nusantara.

Related For Tokoh sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore