Sejarah Negara

Website History

Menu

VOC bangkrut dan Kapitulasi Tuntang

Mei 13, 2014 | Nasional

VOC bangkrut dan Kapitulasi Tuntang – VOC dibubarkan sejak tahun 1799 dan Indonesia diserahkan kepada pemerintah kerajaan Belanda. Bangkrutnya VOC ditandai oleh buruknya kondisi keuangan serikat dagang tersebut. Dengan kas yang kosong dan utang yang menumpuk, VOC kemudian tidak dapat lagi menjalankan kegiatannya. Faktor-faktor yang menyebabkan bangkrutnya VOC sebagai berikut :

1. Para pegawai VOC banyak yang melakukan korupsi.

2. Banyaknya pegawai VOC yang tidak cakap sehingga pengendalian monopoli perdagangan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

3. VOC banyak menanggung utang akibat peperangan yang dilakukan baik dengan rakyat Indonesia maupun dengan Inggris.

4. Kemerosotan moral di kalangan para penguasa akibat sistem monopoli perdagangan.

5. Tidak berjalannya verplichte leverantie (penyerahan wajib dan preanger stelsel (aturan priangan) yang dimaksudkan untuk mengisi kas VOC yang kosong.

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte mengangkat saudaranya untuk dijadikan raja di Belanda. Saudaranya bernama Louis Bonaparte. Atas kehendak Louis Bonaparte, diangkatlah Herman Willem Daendels sebagai gubernur jenderal di Indonesia.

Tugas Daendels sebagai gubernur jenderal di Indonesia adalah mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris, mengatur pemerintahan di Indonesia, dan membereskan keuangan. Untuk melaksanakan tugas-tugasnya Daendels mengambil kebijakan menyangkut bidang pertahanan, pemerintahan dan keuangan.

Tindakan Daendels menjual tanah-tanah negara kepada orang-orang partikelir (swasta) dianggap telah melanggar undang-undang. Oleh karena itu, pada tahun 1811 Daendels ditarik ke Eropa oleh Napoleon. Alasan yang dikemukakan oleh Napoleon adalah Daendels akan diikutsertakan dalam penyerbuan ke Rusia pada tahun 1812.

Daendels kemudian digantikan oleh Jansens. Akan tetapi, Jansens belum sempat melaksanakan tugasnya, Belanda sudah dikalahkan oleh Inggris. Pada tanggal 18 September 1811, Belanda dan Inggris menyepakati suatu perjanjian yang disebut Kapitulasi Tuntang.

Kapitulasi Tuntang adalah surat (perjanjian) penyerahan kekuasaan Belanda kepada Inggris atas seluruh Jawa beserta pangkalan-pangkalan VOC. Penandatanganannya dilakukan di Tuntang. Sekarang Tuntang merupakan sebuah kota kecamatan yang terletak di Salatiga, Jawa Tengah.

Isi Kapitulasi Tuntang sebagai berikut :

1. Pemerintah Belanda menyerahkan Indonesia kepada Inggris di Calcuta (India).

2. Semua tentara Belanda menjadi tawanan perang Inggris.

3. Orang-orang Belanda dapat dipekerjakan dalam pemerintahan Inggris.

Related For VOC bangkrut dan Kapitulasi Tuntang