Sejarah Negara

Website History

Menu

Wilayah perairan di Indonesia meliputi sungai, danau, laut dan teluk

Februari 23, 2015 | Geografi

Wilayah perairan di Indonesia meliputi sungai, danau, laut dan teluk – Setelah sebelumnya kita membahas tentang wilayah daratan Indonesia, selanjutnya kita akan membahas tentang wilayah perairan yang ada di Indonesia. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang menempati wilayah yang luas dan digenangi oleh air. Wilayah perairan terdiri atas laut, samudra, sungai, danau, rawa, selat, dan teluk.

1. Sungai

Sungai adalah aliran air yang besar yang berada di wilayah daratan. Di Indonesia banyak terdapat sungai. Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas Besar yang berada di Kalimantan Barat yang panjangnya mencapai 1.010 km. Sungai yang cukup panjang lainnya adalah Sungai Memberamo dengan panjang 670 km, terletak di Pulau Papua, dan Sungai Batanghari sepanjang 673 km terletak di Jambi.

Sungai Kapuas di Kalimantan Barat

Sungai Kapuas di Kalimantan Barat

2. Danau

Danau merupakan genangan air yang sangat luas yang dikelilingi oleh daratan. Danau terdiri atas danau alam dan danau buatan. Danau alam adalah danau yang terjadi secara alamiah, biasanya terjadi karena perubahan alam. Misalnya : Danau Toba di Sumatra utara yang merupakan danau terluas di Indonesia dengan luas kurang lebih 1.773 km persegi. Danau besar lainnya adalah Danau Limboto di Sulawesi Utara, Danau Towuti, di Sulawesi Selatan, dan danau Maninjau di Sumatra Barat.

Danau Toba di Sumatra utara

Danau Toba di Sumatra utara

Sedangkan danau buatan disebut juga waduk. Misalnya : Waduk Karangkates di Jawa Timur, Waduk Jatiluhur di Jawa Barat, Waduk Asahan di Sumatra Utara, Waduk Gajahmungkur di Wonogiri Jawa Tengah dan lain-lain.

3. Laut

Laut merupakan kumpulan air asin yang menggenangi sebagian besar permukaan bumi dan memisahkan daratan menjadi beberapa pulau dan benua. Di Indonesia banyak terdapat laut yang memisahkan pulau besar dan kecil. Contohnya Laut Jawa, Laut Arafuru, Laut Banda dan lain-lain.

4. Teluk

Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke daratan. Teluk merupakan laut yang pantainya melengkung hampir mengitari perairan laut. Beberapa teluk di Indonesia adalah Teluk Lampung yang ramai oleh kapal laut yang akan berlabuh, Teluk Balikpapan, Teluk Bone, teluk Cendrawasih, Teluk Tomini dan lain-lain.

Related For Wilayah perairan di Indonesia meliputi sungai, danau, laut dan teluk