Venezuela negara ke-6 terbesar Amerika Selatan

Venezuela negara ke-6 terbesar Amerika Selatan dan terletak paling utara, merupakan kawasan yang mengandung variasi tak terhingga. Seluruh aspek alam, dari berbagai puncak Andes yang tertutup salju hingga pantai yang basah kuyup bermandikan cahaya matahari, dari bukit pasir yang tak putus-putusnya dihembus angin hingga rimba tropis yang lebat, dari padang bera yang membentang tanpa akhir hingga ladang pertanian yang kaya, terkandung dalam perbatasannya.

Lahan ini merupakan negeri pertama di benua Dunia Baru yang ditemukan oleh Columbus. Suratnya kepada Raja dan Ratu Spanyol memuat laporan yang berkobar-kobar tentang harta benda dan keindahan negeri ini dan menyimpulkan pengamatannya, ”Semua ini membuktikan bahwa kawasan ini merupakan Surga Dunia”.

Dapat tidaknya sejarah Venezuela selanjutnya, dengan masa panjang yang penuh kegelisahan dan kekacauan politik, memenuhi janji adanya ”Surga Dunia” masih merupakan tanda tanya. Namun, tidak dapat diragukan bahwa beberapa legenda tentang dapat ditemukannya harta benda di kawasan baru telah terpenuhi dalam zaman modern ini.

Dari suatu bangsa yang dahulu miskin dengan ekonomi pertanian yang goyah, Venezuela kini berubah menjadi gudang kekayaan tak ternilai. Negeri itu membubung memasuki dunia industri modern ketika ladang minyaknya yang ditemukan baru-baru ini mulai diusahakan sekitar tahun 1917.

Menjelang tahun 1930-an, minyak bumi mulai mendominasi ekonomi. Sekarang Venezuela merupakan produsen minyak bumi terbesar dunia, bersama dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Timur Tengah. Sediaan bijih besi terbaik yang ditemukan dekat Sungai Orinoko dan Caron? termasuk yang terbesar di dunia, sedangkan di tempat lain terdapat banyak cadangan mineral yang lain pula.

Semua kekayaan alam ini membuat Venezuela menjadi salah satu negeri termaju di Amerika Selatan. Kini Venezuela merupakan negeri damai yang penduduknya memilih secara demokratis pemerintahnya. Negeri itu mempunyai pendapatan per kapita tertinggi di Amerika Latin, walaupun kekayaan itu tidak didistribusikan secara rata dan tidak setiap orang mendapat bagian dalam kemakmuran.

Nilai uang sehat, kesempatan bagi kemajuan sosial disediakan, dan rakyat menikmati standar hidup yang agak tinggi. Program pembaruan agraria, dibantu oleh uang dari minyak, membantu petani menjadikan lahan lebih produktif. Program itu telah mendistribusikan kembali berjuta-juta are lahan pertanian dan menempatkan kembali beberapa ratus ribu keluarga.

Namun, lebih kurang seperdua dari semua petani masih bergantung pada pertanian pangan. Industri Venezuela telah maju pesat, baik dalam jumlah maupun dalam variasi barang yang dibuat.

Yang perlu diketahui mengenai Venezuela

Apa informasi penting Venezuela?

Ibukota: Caracas
Populasi: 28.87 juta (2018) Bank Dunia
Mata uang: Venezuelan bolívar, Petro
Bahasa resmi: Spanyol
Tempat tujuan: Air Terjun Angel, Parque Nacional Canaima

Bagaimana bentuk bendera dan lambang Venezuela?

Bendera VenezuelaLambang VenezuelaPeta Venezuela

Bagaimana pendidikan di Venezuela?

Venezuela mempunyai angka kelahiran yang sangat tinggi. Negeri itu adalah negeri orang muda. Pada tahun 1981 lebih dari 42% penduduknya berusia kurang dari 15 tahun. Masalah mendidik penduduk usia sekolah yang begitu banyak adalah luar biasa. Angka yang belakangan ini menunjukkan kenaikan pendaftaran siswa mencerminkan keberhasilan upaya pemerintah dalam pendidikan.

Antara tahun 1950 dan 1980 tingkat buta huruf penduduk usia 10 tahun atau lebih menurun dari 48% menjadi kurang dari 15%. Namun, persentase penduduk di atas usia 20 tahun yang niraksara, khususnya di antara mereka yang berdiam di kawasan pedesaan masih agak tinggi. Akan tetapi, program pendidikan pemerintah untuk orang dewasa telah berhasil meringankan masalah itu.

Pendidikan diberikan secara cuma-cuma dan wajib bagi anak antara usia 7 dan 14 tahun. Suatu persentase kecil anak bersekolah di sekolah paroki. Pendidikan menengah biasanya diberikan selama 5 tahun, kemudian siswa boleh memulai studi profesi seperti hukum, kedokteran, atau teknik.

Pendidikan tinggi yang bebas biaya tersedia bagi semua mahasiswa yang cakap. Lebih-kurang 250.000 orang mahasiswa terdaftar di 14 universitas negeri. Universitas Pusat di Karakas, yang didirikan lebih dari 250 tahun yang lalu, adalah salah satu universitas yang terbesar.

Apa agama penduduk Venezuela?

Mayoritas rakyat Venezuela beragama Katolik Roma. Pemerintah mendukung Gereja Katolik Roma dengan menyumbang sebagian dari biaya gereja. Kebebasan beragama dijamin oleh konstitusi, sedangkan kongregasi Protestan, Islam, dan Yahudi terdapat di kota-kota utama.

Apa itu Festival dan Tarian Venezuela?

Venezuela merupakan sebuah negeri yang hampir setiap minggu ada festival, pawai, perayaan, yang menggambarkan campuran agama, rakyat, dan kepercayaan pra-Kristen. Perayaan berbeda dari satu daerah ke daerah lain.

Banyak di antara kepercayaan tradisional ini berhubungan dengan hari suci keagamaan, khususnya hari raya santo pelindung daerah atau pelindung kota. Beberapa merupakan pekan raya dan hampir seluruhnya meliputi nyanyian, instrumen musik, dan tarian dengan ciri daerah itu. Kota yang lebih besar seperti Karakas dan Valencia seringkali menyuguhkan pertarungan banteng yang mengikutsertakan matador peringkat atas Natal mungkin merupakan hari libur keagamaan yang paling populer.

Masa Natal adalah masa yang menggembirakan, yang dirayakan dengan pesta, tarian, dan permainan di tempat terbuka. Pesta itu diperpanjang berhari-hari sampai melewati Tahun Baru. Karnaval, atau Mardi Gras yang dirayakan pada hari Selasa sebelum Rabu Abu-adalah hari libur lain yang ditunggu dengan hasrat besar. Menyanyi, menari, dan berpesta-pora serta berpawai dengan berbagai kendaraan hias yang anggun merupakan puncak acara keramaian itu.

Hiburan populer selama festival adalah pertunjukan jalanan dengan tarian, musik, dan nyanyian, yang disebut parranda. Hiburan rakyat yang paling disenangi-sering dipertunjukkan selama Natal dan Karnaval-disebut ”burriquita, yang berarti ”keledai kecil”. Parranda Santo Petrus berasal dari kelompok Negro dan dirayakan di beberapa kota kecil pada tanggal 29 Juni.

Venezuela mempunyai segudang penuh tarian tradisional, baik bersifat keduniaan maupun bersifat keagamaan. Joropo tarian khas nasional menjadi populer oleh Ilaneros dan dilakukan dengan gerakan gembira dan cepat. Iringan musik joropo yang istimewa itu terdiri atas cuatro, yaitu gitar 4 senar yang dapat disebut instrumen nasional Venezuela; harp 32-senar; dan marakas, yaitu orok-orok yang dibuat dari labu yang dikeringkan dan di dalamnya diisi dengan batu kerikil atau biji.

Di sana sering ada dua orang penyanyi, yang menyanyi bergantian, yang satu ”menjawab” yang lain. Tarian populer lain adalah merengue Venezuela, yang istimewa dan berbeda dengan jenis merengue yang lain.

Tarian keagamaan utama adalah diablos danzantes, atau tarian setan. Tarian ini-diselenggarakan pada Hari Corpus Christi-dahulu dipertunjukkan guna memenuhi nazar, tetapi sekarang kehilangan beberapa arti keagamaannya. Penari mengenakan kostum merah dan topeng yang berwarna cerah dihiasi sepasang tanduk.

Tarian keagamaan utama adalah diablos danzantes, atau tarian setan diselenggarakan pada Hari Corpus Christi, dahulu dipertunjukkan guna memenuhi nazar, tetapi sekarang kehilangan beberapa arti keagamaannya. Penari mengunakan kostum merah dan topeng yang berwarna terali dihiasi sepasang tanduk

Olah raga apa yang disukai penduduk?

Rakyat Venezuela sangat bergairah terhadap olahraga, baik sebagai pemain maupun sebagai penonton. Berlainan dengan kebanyakan rakyat Amerika Selatan, yang menganggap sepak bola sebagai olahraga utama, rakyat Venezuela berpendapat bahwa baseball adalah olahraga utama mereka. sedangkan sepak bola di tempat kedua. Hampir setiap kota mempunyai gelanggang dan regu baseballnya sendiri, yang seringkali bertanding melawan regu kota di dekatnya.

Adu banteng, pacuan kuda, dan adu ayam juga merupakan olahraga tontonan yang populer. Hampir-hampir setiap desa memiliki galleranya, sebuah ruangan berbentuk seperti gelanggang banteng mini tempat diselenggarakan pertarungan. Domino mungkin merupakan permainan dalam rumah yang sangat digemari. Garis pantai Venezuela yang panjang menyediakan kesempatan untuk olahraga air-berenang, memancing, berperahu, dan ski air.

Apa makanan penduduk Venezuela?

Makanan rakyat Venezuela berbeda di setiap daerah, tetapi makanan utamanya adalah jagung, padi, plantain atau pisang, beraneka kacang hitam yang disebut caraota, kentang, ikan beku, ikan kering, ikan asin, sayur-mayur, dan buah-buahan. Hidangan nasional mereka adalah hallaca, yaitu pastel tepung jagung kecil yang diisi dengan daging sapi, ayam, atau babi, bawang, telur, buah badam, zaitun, caper, dan bumbu, dan direbus dalam daun pisang.

Makanan itu disantap sepanjang tahun, khususnya pada Natal dan Tahun Baru. Makanan kegemaran lain adalah arepa, sejenis roti jagung yang dimakan setiap hari; sancocho, sup kental atau rebusan sayur-sayuran dan daging sapi atau ayam, serta pabellon yang dibuat dari daging yang dipotong-potong, kacang hitam, beras, dan plantain. Kembang gula dan kopi mengakhiri makanan utama setiap hari.

Apa kerajinan tangan penduduk Venezuela?

Warisan suku Indian tampak jelas pada ketrampilan rakyat Venezuela dalam membuat barang keramik, perkakas rumah tangga tembikar, jala ikan, keranjang dan karung dan rotan, gelagah, dan bambu, buaian yang disebut chinchorros. Buaian tenunan itu biasa digunakan tidur di kawasan panas negeri itu.

Bahan tenunan tangan juga dibuat menjadi pakaian seperti pakaian kerja dan pakaian luar populer penduduk Andes ruana dan poncho. Kerajinan tangan asli lain adalah perhiasan emas dan mutiara serta barang yang dibuat dari indung mutiara.

Bagaimana perkembangan kesenian di Venezuela?

Sumbangan mengesankan dalam seni musik, lukis, patung, dan kesusastraan telah diberikan oleh seniman Venezuela yang tak terbilang jumlahnya sejak awal zaman penjajahan. Kedatangan mesin cetak Karakas pada tahun 1808 memberikan dorongan kuat pada perkembangan budaya negeri itu.

Pada tahun yang sama terlihat lahirnya jurnalisme Venezuela ketika diterbitkan edisi pertama Caracas Gazetle surat kabar kolom kembar 4 halaman. Andres Bello, seorang di antara penyair penulis Venezuela pertama, adalah editornya hingga tahun 1810. Bello adalah penulis buku yang dianggap sebagai buku Venezuela pertama, Manual, Calendar, and Universal Guide for Foreigners, 1810, yang memuat ringkasan penting sejarah Venezuela.

Simon Bolivar, tokoh terkemuka dalam gerakan kemerdekaan Amerika Selatan, juga terkemuka dalam tulisan-tulisannya. Simon Rodriguez, salah seorang guru Bolivar memberikan sumbangan penting kepada kesusastraan dan puisi Venezuela.

Para penulis lain yang mempertinggi gerakan romantis abad ke-19 dan awal abad ke-20 termasuk Juan Antonio Perez Bonalde, José Rafael Pocaterra, dan Teresa de la Parra. Banyak karya Romulo Gallegos, yang menjabat presiden Venezuela selama masa pendek tahun 1948, justru terkenal di luar negerinya sendiri. Salah sebuah karyanya yang paling populer Doha Barbaramenceritakan tentang kehidupan orang-orang dataran di kawasan peternakan Venezuela. Para penulis terkenal masa kini yang lain adalah Arturo Uslar Pietri, Mariano Picén Salas, dan Ramon Diaz Sanchez.

Seniman abad ke-19 Martin Tovar y Tovar dipandang sebagai salah seorang pelukis Venezuela terkemuka. Ia dikenal karena lukisan pemandangan perang dan potret negarawan serta patriot utamanya. Dua orang pelukis Venezuela paling terkenal dewasa ini adalah Alejandro Otero dan Jesus Soto, keduanya pencipta gaya individu yang tinggi.

Pematung wanita Venezuela Marisol Escobar, dikenal sebagai Marisol, merupakan salah seorang dari sejumlah seniman Amerika Latin yang hidup dan berkarya di New York. Karyanya kebanyakan dari kayu dan medium campuran, menarik perhatian seluruh dunia.

Musik adalah yang paling menarik dari seluruh kesenian selama masa penjajahan. Perintis musik Venezuela adalah seorang pastur abad ke-18 Padre Pedro Palacios y Sojo yang mendirikan sebuah akademi musik di Karakas. Sejak awal abad ke-20, pianis komponis Maria Teresa Carrerio dan komponis Vicente Emilio Sojo telah menerima sambutan luas.

Hanya sedikit yang tersisa dari arsitektur Venezuela awal terkemuka karena seringnya terjadi gempa bumi di kawasan itu. Hampir tidak ada satu pun yang penting didirikan di Venezuela selama abad ke-19, tetapi kekayaan minyak bumi yang mengaliri negeri itu sejak pertengahan tahun 1950-an mengantar negeri itu memasuki suatu masa perbaikan dan perluasan.

Arsitek yang kepribadiannya sangat mempengaruhi arsitektur Venezuela dan menjadikannya terkenal di mana-mana adalah Carlos Raal Villanueva. Proyeknya yang paling ambisius, yang menjadikan dirinya dan kota Karakas mendapat perhatian besar, adalah Kota Universitas dari Universitas Pusat Karakas. Universitas itu meliputi beratus-ratus hektar kampus bentuk bebas dan memuat gedung-gedung modern yang menakjubkan.

Apa nama kota penting di Venezuela?

Karakas, La Guaira, Barquisimeto, Maracay, Andes

Penduduk Venezuela

Venezuela, seperti sebagian besar negara Amerika Latin lainnya, mempunyai penduduk yang bernenek moyang campuran. Setelah Venezuela ditaklukkan oleh Spanyol pada abad ke-16, terjadilah banyak perkawinan campuran antara para pemukim Spanyol, pribumi Indian, dan budak hitam dari Afrika.

Kunjungi Peta Venezuela atau di google map

Dalam beberapa generasi, mestizo (Indian dan putih) menjadi kelompok ras yang dominan dan kini mereka sekurang-kurangnya merupakan tiga perlima penduduk. Kombinasi kulit lain meliputi mulato (hitam dan putih), zambo (hitam dan Indian), dan pardo (hitam, Indian, dan putih). Di negeri itu terdapat juga suatu persentase kecil Indian murni, hitam murni, dan putih murni.

Setelah Perang Dunia II beribu-ribu imigran, terutama dari Italia dan Spanyol, datang untuk bekerja di tambang minyak. Lebih kurang seperdua menetap. Bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi. Bahasa itu digunakan oleh seluruh penduduk kecuali sedikit kelompok Indian asli, yang jumlahnya terus berkurang. Bahasa Inggris digunakan secara luas dalam bisnis dan pemerintahan.

Venezuela mengandung berbagai macam budaya dan gaya hidup. Karakas-ibu kota-yang hiruk-pikuk dan kota besar lain menawarkan seluruh manfaat kehidupan kota besar yang canggih. Berlawanan dengan itu, terdapat berbagai kelompok kecil Indian, masing-masing dengan bahasa yang berbeda dan dapat ditemukan di dusun kecil di gunung atau hutan tropis, hidup seperti nenek moyang mereka berabad-abad yang lalu.

Dunia Ilanero, penggembala sapi Venezuela pedalaman, merupakan suatu kerja keras dan isolasi ketat. Di kawasan Andes terdapat petani yang, banyak di antaranya, memiliki lahan mereka sendiri. Kesulitan dalam membudidayakan lahan pertanian gunung yang kadang-kadang sukar dielakkan menjadikan petani Andes bersifat kasar, suka kerja keras, hemat dan cermat, amat berbeda dengan teman sebangsa selebihnya, yang pada umumnya suka bercakap dan ramah tamah.

Penduduk hitam yang agak banyak masih terdapat di dekat lahan perkebunan tebu dan cokelat lama. Banyak di antara pekerja itu tak bertanah dan bersusah-payah mencari nafkah dengan memetik panen pada orang lain. Orang Venezuela pedalaman seringkali terpaksa hanya dapat menikmati sedikit kemudahan. Rumahnya mungkin beratap lalang dan berlantai tanah, sedangkan sumber pengangkutan dan sumber dayanya hanyalah kuda, bagal, atau lembu.

Rakyat Venezuela menjadi bangsa penetap-kota. Lebih dari tiga perempat penduduk sekarang berdiam di kota, sedangkan pada tahun 1936 dua pertiga penduduk bertempat tinggal di pusat kediaman yang berpenduduk kurang dari 1.000 orang. Migrasi dari lahan pertanian ke kota ini disebabkan oleh berita tentang gaji tinggi yang dibayar oleh industri minyak.

Penduduk pedalaman yang amat miskin itu berduyun-duyun ke kota. Mereka datang tanpa persiapan untuk kehidupan kota dan tidak dapat memperoleh pekerjaan atau perumahan, maka berkembanglah kawasan kumuh yang luas di kota utama. Beberapa dari kawasan kumuh ini telah dirobohkan dan di atasnya didirikan gedung apartemen modern. Namun, seperti di kebanyakan kota besar di seluruh dunia, kekurangan perumahan tetap saja ada.

Geografi Venezuela

Venezuela meliputi kawasan seluas 912.050 km. Negeri itu dibatasi oleh Kolombia, Brasilia, Guyana, Laut Karibia, dan Samudra Atlantik. Panjang pantainya lebih kurang 2.815 km menyusuri Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Pantainya kira-kira sepanjang 2.815 km termasuk Laut Karibia dan Samudra Atlantik.

Venezuela setuju untuk memetieskan tuntutannya atas wilayah yang memanjang ke sebelah timur perbatasannya sekarang hingga Sungai Essequibo, yang kini menjadi bagian Guyana. Wilayah nasional Venezuela meliputi 72 pulau di Laut Karibia; yang terbesar adalah Margarita, yang merupakan pusat penting mutiara dan ikan.

Walaupun seluruh negeri terletak di zone panas terik, iklimnya ternyata lebih sejuk-daripada yang seharusnya menurut posisi geografisnya. Angin pasat yang relatif sejuk dan kering tetap berhembus semilir dari timurlaut hampir sepanjang tahun. Suhu yang bervariasi sesuai dengan ketinggian. Kawasan pantai dataran rendah dan lembah sungai pedalaman adalah panas dan lembap. Dataran tinggi pada umumnya panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari.

Bagi sebagian besar negeri itu, musim kemarau, yang disebut verano (”musim panas”), biasanya dimulai pada akhir bulan Oktober dan berlangsung terus hingga akhir bulan April atau awal bulan Mei, sedangkan sisa tahun itu merupakan. musim penghujan, atau invierno (”musim dingin”). Berbagai gunung dan dataran Venezuela membagi negeri itu menjadi beberapa zone geografis yang berbeda, masing-masing dengan iklim, penggunaan lahan, dan ekonominya yang khas.

Ke arah baratlaut adalah pegunungan Andes dan negeri berbukit di sekitarnya; ke arah barat adalah Zone Pantai; ke arah tenggara terbentanglah dataran (dalam bahasa Spanyol Ilanos), yang meluas mulai dari pegunungan di sebelah selatan dan timur Sungai Orinoko; sedangkan di sebelah selatan Sungai Orinoko terdapat dataran tinggi Guyana yang sangat luas, yang di Venezuela disebut Guayana.

Pegunungan Utara

Pegunungan Andes Utara dan pegunungan pantai beriklim paling menyenangkan di Venezuela, sedangkan bukit dan lembahnya merupakan lahan pertanian terkaya. Oleh karena itu, di kawasan ini berdiam lebih kurang 65% penduduk negeri walaupun wilayah itu hanya meliputi kira-kira 12% lahan seluruhnya.

Sebuah cabang pegunungan Andes, Sierra de Perija, bertindak sebagai pagar alam antara Venezuela dan Kolombia. Cabang lain Cordillera de los Andes-Sierra Nevada de Mérida membujur mengarah ke timurlaut menuju pantai. Waktu mendekati laut, cabang itu meninggi hingga 5.002 m membentuk Pico Bolivar titik tertinggi di Venezuela yang berhadapan dengan kota Mérida. Dari Mérida, bangunan kereta kawat tertinggi dan terpanjang di dunia mendaki ke Puncak Cermin, lebih dari 4.572 m di atas paras laut.

Beberapa kota terpenting di Venezuela-Karakas, Maracay, Valencia terletak di lembah luas yang memisahkan pegunungan pantai dari pegunungan gi pedalaman. Ekonomi pegunungan Andes didasarkan atas pertanian dan peternakan hewan, baik untuk daging maupun produk susunya. Tebu, jagung, wijen, padi, kapas, dan tanaman panen lain dibudidayakan di lembah, teras, dan lereng, sedangkan kopi dan gandum di zone yang lebih tinggi.

Tambahan pula, di kawasan itu terjadi perkembangan industri, terutama untuk mengisi kebutuhan setempat. Biaya pengangkutan yang tinggi menghalangi pemanufakturan di Andes bersaing dengan industri besar di bagian pusat negeri itu. Jalan raya bermutu tinggi melintasi Andes, lewat melalui berbagai kota kolonial yang indah sekali dan pemandangan alam yang menarik.

Zone Pantai

Zone Pantai yang meliputi lebih kurang 7% wilayah Venezuela dan dihuni oleh sekitar 18% penduduk. Zone ini terletak di antara pegunungan barisan pantai dan laut serta merupakan suatu lajur sempit di bagian pusat negeri itu dan melebar di sebelah barat ke cekung Danau Marakaibo. Di sini merupakan kawasan utama penghasil minyak Venezuela.

Pelabuhan dan bandar terpenting-yang di antaranya adalah La Guaira, Marakaibo, dan Puerto Cabello terletak di Zone Pantai. Cokelat, kelapa, dan pisang ditanam secara besar-besaran di lembah yang lebih panas dan terbuka ke arah laut. Industri ikan juga penting bagi ekonomi Venezuela, yang telah mengekspor udang dan lobster.

Llanos

Dataran luas disebut Llanos meliputi hampir sepertiga wilayah negara, mulai dari pegunungan Ahdes di sebelah barat sampai ke delta Orinoko di sebelah timur, dan membentuk kawasan padang rumput yang rata dan luas sekali dengan sekali-sekali disela oleh hutan kecil sepanjang sungai. Beberapa sungai ternyata cukup luas, tetapi lamban karena ratanya lahan itu.

Antara musim penghujan dan musim kemarau sangat kontras di wilayah itu. Pada musim penghujan hujan turun dengan lebat dan luar biasa sehingga menyebabkan sungai meluap dan membanjiri daerah yang luas sekali. Ternak mengungsi di dataran tinggi, sedangkan perjalanan darat dapat menjadi sangat sulit. Selama musim kemarau, angin terus-menerus bertiup dan sungai mengering, kecuali yang terbesar. Sambil mencari air, ternak yang kehausan itu berjalan terus melalui rumput kering dan hutan kecil yang gersang, pepohonan tak berdaun.

Llanos adalah kawasan yang membangkitkan imaginasi para olahragawan. Sungai dan laguna berisi ikan istimewa-misalnya belut listrik yang dapat melumpuhkan kuda; caribe, ikan kecil ganas yang suka menyerang dalam kawanan besar; dan ikan lele yang sangat besar. Binatang aneh seperti pemakan semut raksasa; chigilire, binatang pengerat besar; babi hutan liar; dan buaya merupakan hewan khas dataran itu.

Pemandangan pohon palem penuh dengan burung chenchena, atau hoatzin, yang piyiknya menyerupai kadal; coro-coro, atau bangau merah tua; berbagai jenis bangau mulai dari bangau kecil yang dahulu pernah diburu dan dibunuh karena bulunya yang sangat memikat, tetapi kini dilindungi oleh undang-undang perburuan, sampai ke “bala tentara” besar bangau dan segala jenis itik.

Ilanos secara tradisional merupakan pusat industri peternakan hewan, tetapi dengan teknologi modern beberapa lahan yang luas dapat digunakan untuk pertanian. Beternak hewan jaga disempurnakan dengan menggunakan metode ilmiah modern, bibit jenis baru, dan sarana pengendalian serangga yang lebih modern.

Di beberapa tempat jip mengganti kuda dan menghemat waktu yang diperlukan untuk mengerjakan beberapa peternakan yang luas. Proyek bendungan dan irigasi membantu pengendalian banjir selama musim penghujan dan mengurangi akibat kekeringan selama musim kemarau panjang.

Guayana

Bagian geografis Venezuela keempat dan terbesar adalah Guayana. Bagian itu meliputi segenap kawasan sebelah selatan dan timur Orinoko ditambah kawasan Casiquiare dan Rio Negro dalam sistem penyaliran Sungai Amazon. Kawasan yang amat luas ini-berhutan lebat dan berpenduduk jarang-meliputi lebih-kurang 45% permukaan lahan Venezuela dan barangkali hanya didiami oleh kurang dari 3% penduduk. Kedua kota utamanya adalah Ciudad Bolivar dan Santo Tome de Guayana, yang disebut Ciudad Guayana.

Kawasan itu begitu misterius dan menimbulkan rasa takut sehingga Sir Arthur Conan Doyle memilihnya sebagai lokasi bagi novelnya tentang dinosaurus dan pterodaktil yang menakjubkan-The Lost World. Penulis W.H. Hudson menjadikan kawasan itu tempat tinggal pahlawannya Rima, seorang gadis yang berbicara dengan berbagai burung, dalam novelnya Green Mansion.

Legenda tentang kota emas El Dorado yang disebut oleh Sir Walter Raleigh dalam bukunya juga dihubungkan dengan kawasan ini dan beberapa dari legenda ini telah hampir terlewati. Selama beberapa tahun pada tahun 1870-an tambang emas El Callao adalah yang terkaya di dunia, tetapi kemudian lapisannya habis.

Bahkan pada waktu belakangan ini emas dan intan ditemukan dalam pasir sungai, yang membawa kemakmuran sekejap pada penambang yang beruntung dan meledakkan serangkaian dongeng baru tentang Guayana yang beraneka warna. Namun, kekayaan terbesarnya terletak pada deposit bijih besi bermutu tinggi, yang ditemukan di dekat Sungai Orinoko dan Caroni.

Di Guayana hampir-hampir tidak ada pertanian, kecuali beberapa ladang pertanian pangan-yang disebut conuco suku Indian-dan beberapa peternakan hewan. Seandainya dapat ditemukan metode yang ekonomis guna mengusahakan lahan pertanian yang baik di Guayana, kawasan ini akan merupakan bagian Venezuela yang dapat menyerap tambahan besar penduduk yang diperkirakan terjadi dalam beberapa generasi yang akan datang.

Guayana sekarang merupakan salah satu harapan besar Venezuela bagi hari depannya. Di samping pelabuhan laut Orinoko dan tersedianya gas alam dengan biaya rendah, Guayana mempunyai potensi besar bagi listrik tenaga air.

Di sudut tenggara Guayana terdapat kawasan Gran Sabana, atau ”Sabana Besar”, pemandangan yang indah dan tak dapat dilupakan. Pegunungan berpuncak rata yang hebat mirip reruntuhan istana raksasa zaman pertengahan menjulang ratusan meter ke langit. Pada pertengahan tahun 1930-an Jimmy Angel, seorang penerbang Amerika, menemukan suatu air terjun luar biasa di tengah-tengah Guayana yang sekarang menyandang namanya Air Terjun Angel. Air terjun yang tingginya melebihi 975 m itu diperkirakan merupakan air terjun yang tertinggi di dunia.

Sungai dan Danau

Lebih dari 1.000 sungai mengaliri Venezuela, tetapi negeri itu didominasi oleh Sungai Orinoko, salah satu jalan-air besar di dunia. Dengan ratusan anak sungainya, Orinoko mengaliri hampir empat perlima Venezuela. Dari mata air di perbatasan Brasilia, sungai itu sebagian besar membelok ke utara dan akhirnya ke timur ke Samudra Atlantik melalui sebuah delta lebar sebelah selatan Trinidad. Sepanjang aliran yang panjangnya kira-kira 2.736 km ini banyak sungai bergabung ke dalamnya, di antaranya adalah Casiquiare, Meta, Apure, Carom’, dan Negro.

Danau Marakaibo, danau air tawar terbuka ke laut, merupakan jalan air pedalaman terbesar dan terpenting di Venezuela. Tujuh puluh lima persen kekayaan minyak bumi yang amat besar terdapat di bawah danau, yang penuh dengan ribuan mesin derek minyak. Danau, yang lebarnya kira-kira 121 km dan panjangnya 208 km, terletak di dataran rendah yang tidak sehat, panas, dan dikelilingi oleh pegunungan.

Selama jutaan tahun, alam memperlengkapi zone Danau Marakaibo de ngan suatu susunan keadaan yang cocok bagi terbentuknya minyak bumi. Danau itu secara relatif dangkal, paling dalam 38 m. Dasar danau itu merupakan lembah luas dari endapan bermuatan zat organik (tumbuhan dan hewan yang dahulu pernah hidup) tempat proses kimia yang melibatkan panas, tekanan, dan waktu telah mengubahnya menjadi minyak bumi dan hidrokarbon lain.

Pegunungan yang mengelilingi Danau Marakaibo memberi endapan lumpur secara tetap sehingga akan mengakibatkan danau penuh dengan lumpur dan mengering. Namun, oleh proses geologi khas yang telah terjadi berjuta-juta tahun, dasar Danau Marakaibo tenggelam dengan laju yang tak menentu, berbareng dengan laju naiknya pegunungan yang mengelilinginya.

Di dasar danau itu terdapat selapis tipis karang endapan yang terbentuk oleh mengerasnya lumpur. Hampir 2.000.000 barel minyak dikeluarkan dari dasar danau itu setiap hari. Proses ini bukan hanya untuk cekung Marakaibo di Venezuela. Lembah di hilir Danau Orinoko dan cekung Apure juga mengandung minyak walaupun kalah banyak.

Ekonomi Venezuela

Selama 400 tahun, Venezuela paling menonjol sebagai negeri pertanian. Pendapatannya terutama diperoleh dari ekspor kopi, cokelat, buah-buahan, sisal, emas, hewan, dan kulit. Namun, penemuan minyak menandai terbukanya zaman baru. Pada tahun 1220-an mobil mulai digunakan di banyak tempat di dunia Barat, maka permintaan akan minyak meningkat., Kekayaan yang tertuang ke negeri itu membantu perluasan industri dan perkembangan kota lain di Venezuela.

Venezuela juga merupakan produsen utama bijih besi, emas, intan, dan mangan. Namun, sekalipun kenyataannya minyak bumi dan pertambangan bersama-sama memberikan 98% ekspor Venezuela, kedua tambang ini hanya mempekerjakan kurang dari 2% angkatan kerja. Hanya lebih kurang 50000 dari 5.000.000 pekerja negeri itu terlibat dalam industri minyak,

Selama tahun 1960-an pemerintah mulai mendorong pemanufakturan hampir seluruh barang yang digunakan di Venezuela untuk mencegah bahaya terhadap ekonomi satu-produk dan terlalu bergantung pada minyak. Di antara beberapa industri yang telah didirikan antara lain pengolahan makanan, tekstil, baja, bahan kimia, kayu, barang logam jadi, dan perakitan kendaraan bermotor.

Pada tahun 1970-an pemerintah mulai melakukan pengawasan terhadap industri berat negara. Pertambangan besi dinasionalisasi dan pada tahun 1976 Venezuela menasionalisasi industri minyaknya. Negeri itu mengurangi produksinya Iebih-kurang 1.000.000 barel sehari (dari sekitar 3.200.000 barel sehari pada 1972 menjadi sekitar 2.200.000 barel sehari pada tahun 1980) guna mencegah kehabisan cadangan minyaknya. Namun, Venezuela tetap merupakan produsen minyak terbesar kelima dunia.

Pertanian menyediakan kurang dari 10% jumlah produksi negeri itu dan mempekerjakan kurang lebih seperenam penduduk usia kerja. Panen utamanya adalah kopi, cokelat, tembakau, jagung untuk diekspor, dan padi, gula, dan wijen untuk keperluan setempat. Kurang lebih seperdua lahan Venezuela merupakan hutan, tetapi sumber kayu itu hampir tidak pernah diusahakan. Namun, perikanan memberi makanan dan nafkah kepada banyak orang. Penyelaman mutiara secara terbatas terus diusahakan selama berabad-abad.

Kota Besar Venezuela

Karakas

Karakas, salah satu ibu kota dunia yang terkaya dan termodern, terletak kurang lebih 914 m di atas paras laut dalam lembah bagaikan kebun di bawah naungan Gunung Avila. Kota Venezuela yang menjadi pusat kegiatan ekonomi, budaya, politik dan wisatawan itu luasnya telah berlipat dua sejak tahun 1950 dan sekarang berpenduduk lebih dari 2.500.000 orang.

Perkembangan gedung yang begitu banyak telah mengubah bentuk kota tua itu dan kini Karakas mirip sebuah kota besar Eropa atau Amerika Serikat yang dengan arsitektur modern dan perencanaan kota yang memberikan pandangan abad ke-20. Kota itu dihias dengan adijalan raya yang jalin-menjalin dengan avenu yang lebar dan kaki langit yang menampakkan siluet berbagai pencakar langit yang amat tinggi.

Karakas mempunyai empat universitas, taman, kawasan tempat tinggal yang” indah sekali, dan banyak gereja dan gedung umum yang bagus. Di antara banyak peringatan bagi Simén Bolivar-pembebas besar dan putra paling termasyhur Venezuela adalah Museum Bolivar, Casa Natal (tempat kelahirannya), dan National Pantheon, yang berisi makamnya.

La Guaira

La Guaira, bandar utama Venezuela terletak sekitar 17 km dari Karakas, Jalan-jalan La Guaira yang terjal dan sempit dengan tajam mendaki dari pelabuhan yang sibuk ke lereng hijau pegunungan pantai. Lalu lintas perdagangan terbesar negeri itu mengalir lewat La Guaira.

Marakaibo, yaitu kota terbesar kedua Venezuela, berpenduduk kurang lebih 800.000 jiwa. Dengan berlokasi di sebelah baratlaut Venezuela di tepi barat Danau Marakaibo, kota itu menjadi penting karena industri minyaknya. Sebelum arus penanaman modal asing yang mengikuti penemuan minyak, Marakaibo merupakan salah satu kota yang paling tidak menarik di Venezuela.

Panas, kelembapan kota, serta air Danau Marakaibo yang merupakan sarang nyamuk menjadikan kawasan itu tidak menyenangkan dan tidak sehat, tetapi pada 50 tahun terakhir ini kota itu telah menjadi bersih, tumbuh subur, berindustri, dan makmur. Malaria disapu bersih, sedangkan alat penyejuk hawa membuat hidup lebih nyaman.

Barquisimeto

Barquisimeto, kota terbesar keempat Venezuela, berpenduduk kurang lebih 350.000 jiwa dan merupakan salah satu kota Venezuela yang tumbuh paling cepat. Karena letaknya di baratlaut Venezuela, maka kota itu merupakan titik penting pada jaringan komunikasi di jalur pantai utara dan salah satu kota di Jalan Raya Pan-Amerika.

Letaknya yang di pusat kawasan pertanian itu membuat ekonominya bertambah penting. Industrinya berkembang cepat dan kota itu terkenal karena sejumlah produknya antara lain buaian, tas dan sandal, keramik, serta semen.

Maracay

Maracay, yang merupakan kota tempat tinggal di zaman kolonial Spanyol, kini berubah menjadi kota modern dengan penduduk lebih dari 260.000 jiwa. Kota itu berada di pusat kawasan kopi dan tebu yang kaya dan mempunyai aneka industri.

Kota penting lainnya

Kota-kota penting Andes lain adalah Valencia dan San Cristobal. Valencia, kota terbesar ketiga Venezuela, berpenduduk sekitar 370.000 jiwa. Kota itu terletak dekat Danau Valencia. Kota yang didirikan pada tahun 1555 itu juga merupakan contoh arsitektur kolonial yang menarik. Dua kali selama sejarah Venezuela, Valencia bertugas sebagai ibu kota negeri itu.

Namun, paya penyebar penyakit di dekat Danau Valencia menyebabkan pusat pemerintahan dipindahkan kembali ke Karakas. Valencia dikelilingi oleh lahan pertanian subur yang menghasilkan aneka produk tropis seperti kapas dan tebu. Kota itu juga merupakan pusat penghasil hewan ternak serta tempat industri penting perakitan mobil, pabrik cat, dan pernis. San Cristobal, dengan penduduk kurang lebih 160.000 jiwa, adalah pusat perdagangan negeri kopi itu.

Kota-kota pedalaman penting di Venezuela hanya Ciudad Bolivar dan Santo Tomé de Guayana. Ciudad Bolivar (berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa) semula dinamai Angostura dan menjadi tempat tinggal kaum bitter yang terkenal.

Menurut sejarah, Angostura menjadi penting karena kedudukan Kongres Angostura, yang memproklamasikan Republik Kolombia Raya dan memilih Sim6n Bolivar sebagai presidennya pada tahun 1819. Kini Ciudad Bolivar merupakan kota kunci di kawasan pertambangan besi dan pusat perkapalan serta perdagangan utama untuk llanos bagian selatan dan kawasan Sungai Orinoko.

Santo Tomé de Guayana dibentuk pada tahun 1961 dengan menggabung sejumlah komunitas di wilayah itu. Kota itu direncanakan sebagai calon ibu kota industri Venezuela dan tampak sanggup memenuhi maksud itu. Pada 6 tahun pertama kehidupannya, kota tersebut telah melipat tigakan penduduknya dan sekarang telah berjumlah lebih dari 145.000 jiwa. Kelompok industrinya melingkupi pabrik baja, pabrik aluminium, industri semen, dan industri kertas.

Pemerintahan Venezuela

Venezuela merupakan republik federal yang terdiri atas 20 negara bagian, sebuah distrik federal, dua wilayah federal, dan beberapa pulau tertentu di Laut Karibia yang diangkat sebagai perwalian federal. Pemerintah nasional tersusun atas berbagai cabang terpisah: legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Presiden Republik adalah kepala negara dan kepala bidang eksekutif. Ia dibantu oleh dewan menteri. Presiden mempunyai kekuasaan yang luas misalnya, hak mengangkat menteri dan gubernur wilayah tanpa penguatan kongres. Kekuasaan legislatif berada di tangan Kongres yang terdiri atas Senat dan Dewan Perwakilan. Venezuela tidak mempunyai wakil presiden. Jika jabatan presiden kosong, ketua Senat menjabat sebagai kepala eksekutif, sedangkan Kongres harus memilih presiden baru republik itu dalam tempo 30 hari.

Presiden dan para anggota Kongres, ke-20 legislator negara bagian, dan dewan kota sekaligus dipilih pada hari yang sama setiap 5 tahun. Presiden tidak boleh dipilih kembali selama 10 tahun setelah akhir masa jabatannya. Bekas presiden diangkat sebagai anggota senat seumur hidup. Semua warga negara Venezuela yang berumur 18 tahun ke atas diharuskan memilih. Setiap partai politik mempunyai surat pemilihannya sendiri dengan warna dan lambang berbeda sehingga orang yang tidak mampu membaca atau menulis dapat memilih. Surat suara braille tersedia bagi orang buta.

Kekuasaan peradilan dilaksanakan oleh Mahkamah Agung, sedangkan pengadilan lain diatur dalam rencana hukum sama seperti rencana hukum di Amerika Serikat. Para hakim Mahkamah Agung dipilih oleh Kongres.

Sejak tahun 1970, tugas memilih hakim pengadilan yang lebih rendah berada di tangan Dewan Pengadilan, sebuah badan yang bersama dengan Mahkamah Agung memikul tanggung jawab bagi pengarahan dan pengawasan kekuasaan peradilan di negeri itu. Konstitusi Venezuela yang sekarang ini adalah yang ke-26 dan disahkan pada tahun 1961. Konstitusi itu menjamin kebebasan beragama, berpidato, berkumpul, dan hak asasi lain.

Sejarah Venezuela

Columbus menemukan Venezuela pada tanggal 1 Agustus 1498, selama kunjungan ketiganya ke Dunia Baru. Setahun kemudian, Alonso de Ojeda memimpin ekspedisi yang berlayar sepanjang pantai Karibia benua selatan dan memasuki Danau Marakaibo.

Menurut legenda, gubuk orang Indian yang didirikan di atas tonggak di tepi danau berpaya mengingatkan para penjelajah pada ”Venesia kecil”, yang dalam bahasa Spanyolnya disebut Venezuela, dan demikianlah mereka menamakan negeri itu di petanya. Keturunan suku Indian asli masih hidup di kawasan yang sama dan dengan cara yang sama benar seperti nenek moyang mereka.

Venezuela hanya menarik sedikit perhatian pada para penjelajah Eropa, karena kawasan itu miskin emas, sedangkan penduduknya yang suka berperang selalu memberi perlawanan terhadap penakluk itu. Koloni Spanyol pertama, Nueva Cédiz, didirikan sekitar tahun 1500 di Pulau Cubagua, tempat penyelaman mutiara. Cumana, didirikan di Laut Karibia sekitar tahun 1520, merupakan salah satu masyarakat Eropa pertama di benua itu.

Perampasan Venezuela oleh bangsa Spanyol berlangsung lambat dan sulit, tetapi berangsur-angsur mereka berhasil merebut kawasan itu dan membangun jaringan kota. Pada tahun 1528, Charles V, Raja Spanyol dan Kaisar Romawi Suci, melimpahkan kepada perusahaan bank Welser Jerman hak menempati dan mengembangkan Venezuela.

Administrasi Welser melakukan banyak hal, tetapi tindakan itu menimbulkan permusuhan rakyat sehingga pada tahun 1556 Raja Spanyol membatalkan konsesi Welser. Pengendalian atas Venezuela kembali ke tangan Spanyol, yang kemudian mengambil alih tugas mengkolonisasi Venezuela. Karakas dibangun pada tahun 1567 dan menjadi ibu kota pada tahun 1577.

Karena lahan itu dianggap secara relatif bagian kekaisaran Spanyol yang kurang penting, maka Venezuela ditempatkan di bawah kekuasaan Audencia Santo Domingo-sekarang Republik Dominika. Kemudian Venezuela digabungkan ke dalam kerajamudaan Granada Baru (Kolombia).

Pada tahun 1777, Kekaptenjenderalan Propinsi Serikat Venezuela didirikan dengan perbatasan yang sama seperti perbatasan republik sekarang, sedangkan pada tahun 1786 diciptakan Kerajaan Audiencia Karakas. Namun, pada kenyataannya, rakyat Venezuela dapat melaksanakan sejumlah besar pengendalian pemerintahan lokal di seluruh masa penjajahan.

Selama abad ke-16 dan ke-17, Prancis, Inggris, dan Belanda mulai menghargai nilai Venezuela sebagai negeri perdagangan. Perdagangan gelap berkembang dan wilayah itu menjadi pusat pembajakan dan penyelundupan.

Dalam upaya memperoleh kembali kendali perdagangan Venezuela, mencegah campur tangan asing, dan menghapus penyelundupan pada tahun 1728 Spanyol memberi hak monopoli perdagangan kepada Perseroan Guipuzcoana, yang lebih dikenal sebagai Perseroan Karakas.

Selama 50 tahun kemudian perseroan itu berhasil. Perseroan itu sepenuhnya memulihkan monopoli perdagangan Spanyol dan menumbuhsuburkan perdagangan koloni itu. Namun, para.produsen Venezuela menentang perseroan itu dan pada tahun 1780-an perseroan dibubarkan. Sekali lagi para pedagang gelap kembali ke bandar Venezuela.

Gerakan Kemerdekaan Venezuela

Selama masa penjajahan, Venezuela diperintah oleh perwakilan Kerajaan Spanyol. Para birokrat kerajaan memegang pos pemerintahan puncak, sedangkan para pastur Spanyol memegang jabatan gereja tertinggi. Golongan criollos, kulit putih kelahiran Amerika, memiliki lahannya dan mengendalikan politik dan agama, tetapi hanya pada tingkat lokal.

Golongan mestizo ditempatkan dalam posisi yang lebih rendah oleh golongan minoritas elit kulit putih. Suku Indian yang hidup di pedalaman benar-benar terpisah dari kehidupan sosial dan budaya Eropa, sedangkan golongan Negro dipekerjakan sebagai budak di perkebunan pantai Karibia. Karena rasa tidak puas, baik dari golongan Kreol yang paling kaya maupun yang amat miskin terjadilah gerakan untuk kemerdekaan.

Keinginan untuk memerintah sendiri bertambah kuat setelah revolusi di Amerika Serikat pada tahun 1776 dan di Prancis pada tahun 1789 berhasil. Penutup masa penjajahan akhirnya tiba pada bulan April 1810, dengan jatuhnya Spanyol ke tangan Napoleon Bonaparte. Kreol Venezuela menyingkirkan gubernur Spanyol di Karakas dari jabatannya dan membentuk dewan untuk mengambil alih pemerintahan.

Kemerdekaan Venezuela diproklamasikan pada tanggal 5 Juli 1811 dengan negara yang berbentuk suatu konfederasi. Pernyataan itu meledakkan suatu perang dasawarsa antara patriot Kreol melawan tentara kerajaan yang berakhir dengan kemenangan yang menentukan bagi para patriot di pertempuran Carabobo pada tanggal 24 Juni 1821. Akhirnya, Venezuela melepas rantai yang mengikatnya terhadap Spanyol.

Dua tokoh pahlawan yang mendominasi perjuangan kemerdekaan Venezuela adalah putera Karakas Simén Bolivar (negarawan-prajurit besar Amerika Selatan) dan Francisco de Miranda (nenek moyang gerakan kemerdekaan). Simén Bolivar adalah pembebas bukan hanya bagi negerinya sendiri tetapi juga bagi Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia.

Dari republik Venezuela, Granada Baru, Ekuador, dan yang sekarang ini menjadi Republik Panama, ia menempa Republik Kolombia Raya. Namun, impiannya tentang gabungan yang kuat negara-negara ini tidak terwujud. Berbagai negara itu tidak sependapat di antara mereka dan pada tahun 1830 Venezuela menarik diri dan tegak berdiri sendiri sebagai sebuah republik yang merdeka.

Perjuangan Negara Baru Venezuela

Dari tahun 1830 hingga akhir abad ke-19, Republik Venezuela baru mengalami krisis besar yang berturut-turut. Negeri itu hanya mempunyai sedikit pengalaman tentang pemerintahan sendiri, maka tahun-tahun pertama kemerdekaannya kacau, dengan berbagai perang saudara berdarah, diktator kejam, pameran kekuasaan golongan, dan ketakacuhan terhadap asas politik serta partai politik.

Namun, sekalipun terjadi berbagai keributan, Venezuela selamat dan berhasil menegakkan dasar organisasi politiknya, untuk menciptakan sebuah pola bagi struktur sosialnya, dan untuk meningkatkan ekonominya.

Abad ke20 ditandai dengan masa panjang mengenai kekuasaan tunggal yang kejam dan korup, seperti yang digambarkan oleh kediktatoran Cipriano Castro (1899-1908) dan Juan Vicente Cémez (1908-1935). Pemerintahan deez dilukiskan sebagai bentuk kediktatoran yang paling kasar. Ia meninggal pada tahun_1935, setelah 27 tahun dengan kekuasaan mutlak, membiarkan sebuah negeri tanpa partai politik, lembaga perwakilan, atau kebebasan masyarakat?

Berbagai upaya untuk mendirikan suatu pemerintahan demokratis memperoleh hasil cukup baik ketika penulis Romulo Gallegos terpilih menjadi presiden pada tahun 1948. Sayang, 10 bulan kemudian ia didesak pergi oleh dewan militer, maka militer pun memegang kembali pemerintahan hingga tahun 1952.

Kolonel Marcos Pérez Jiménez mulai memerintah pada akhir tahun 1952 dan mengepalai suatu pemerintahan yang amat korup. la digulingkan pada tahun 1958 dan terpilihnya bekas presiden Rémulo Betancourt pada tahun itu mengantarkan negeri itu masuk ke zaman baru pemerintahan demokrasi yang jujur. Ia merupakan presiden pilihan rakyat pertama yang menyelesaikan masa jabatannya.

Penggantinya, Raul Leoni, yang dipilih pada tahun 1963 adalah orang pertama’yang mengambil alih kepresidenan secara damai. Sejak waktu itu Venezuela mempunyai pergantian pemerintahan secara teratur dan demokratis sampai yang paling akhir pada tahun 1984 ketika Jaime Lusinchi dilantik sebagai presiden.

Dalam beberapa tahun terakhir ini Venezuela mengambil langkah berani dalam pemecahan masalahnya. Negeri itu selamat mengatasi kekacauan politik masa silam dan sedang mengembangkan generasi baru rakyat Venezuela dengan ketrampilan untuk memimpin dan rasa tanggung jawab nasional.

Venezuela kaya akan sumber yang belum diusahakan lahan subur yang berlimpah, endapan mineral yang besar, dan kekayaan potensial hutannya serta listrik tenaga air. Sumber alam ini, berangkai dengan program pembaharuan lahan, perkembangan industri, dan perbaikan kesempatan belajar bagi rakyat banyak, mengulurkan harapan bagi masa depan yang cerah.

Perusahaan bisnis di Venezuela

CompanyIndustrySectorNotes
ACO, C.A.Consumer servicesSpecialized consumer servicesCar rentals
Aero EjecutivosConsumer servicesAirlinesAirline
Aeroexpresos Ejecutivos, C.A.Consumer servicesAirlinesPassenger and cargo airline
Aeropostal Alas de VenezuelaConsumer servicesAirlinesState airline, defunct 2017
Agencia Venezolana de NoticiasConsumer servicesBroadcasting & entertainmentNational news agency
AlcasaBasic materialsAluminumAluminium
Alimentos La GiraldaConsumer goodsFood productsFood import, part of Fierro Group (Spain)
Alimentos PolarConsumer goodsFood & beverageProduction and distribution, part of Empresas Polar
Asamblea Nacional TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState broadcaster
Aserca AirlinesConsumer servicesAirlinesScheduled airline
AvensaConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2004
Avila TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState television
Avior AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline
Avior RegionalConsumer servicesAirlinesRegional airline, part of Avior Airlines
Banco BicentenarioFinancialsBanksBank
Banco FederalFinancialsBanksBank, defunct 2010
Banco Industrial de VenezuelaFinancialsBanksBank, defunct 2009
Banco Nacional de Crédito (BNC)FinancialsBanksBank
Banco Occidental de Descuento (BOD)FinancialsBanksBank
BANDESFinancialsBanksLending bank
BanescoFinancialsBanksBank
BBVA ProvincialFinancialsBanksPart of Banco Bilbao Vizcaya Argentaria (Spain)
Biblioteca AyacuchoConsumer servicesPublishingPublisher
Bodegas Pomar, C.A.Consumer goodsDistillers & vintnersWine
Bolívar TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentCommunity broadcaster
Buena TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState broadcaster
Calipso TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision
Camunare Rojo TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision
Canal Maximo TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentDefunct 2006
CANTVTelecommunicationsFixed line telecommunicationsState telecom
Catia TVeConsumer servicesMediaLocal television
Cervecería PolarConsumer goodsBrewerBrewery, part of Empresas Polar
Contacto Vecinal TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentCommunity television
ConviasaConsumer servicesAirlinesAirline
Coro TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Corporación Venezolana de Guayana (CVG)Basic materialsAluminumMining and aluminum
Digitel GSMTelecommunicationsMobile telecommunicationsMobile network
Ediciones EkareConsumer servicesPublishingChildren’s publisher
El NacionalConsumer servicesPublishingDaily newspapers
El UniversalConsumer servicesPublishingDaily newspaper
Electricidad de Caracas (EDC)UtilitiesElectricityPower utility, part of PDVSA
Empresas 1BCConsumer servicesBroadcasting & entertainmentBroadcasting
Empresas PolarConsumer goodsFood & beverageBrewer, other food and beverage
Flamingo TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
FM CenterConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRadio
Fondo ComúnFinancialsBanksBank
FundacomezConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Galopando TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Global TV (Venezuela)Consumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
GlobovisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision news network
Helados EFE, C.A.Consumer goodsFood productsIce cream, part of Empresas Polar
Jaureguina TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
LAI – Línea Aérea IAACAConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2006
LASER AirlinesConsumer servicesTravel & leisureAirline
La TeleConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision network
Línea Turística AereotuyConsumer servicesTravel & leisureAirline
Mercantil Servicios FinancierosFinancialsFinancial servicesBanking, insurance, wealth management
Meridiano TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentSports television, part of Bloque De Armas
Michelena TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Montaña TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Monte Ávila EditoresConsumer servicesPublishingPublisher
OritvisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
PDVSAOil & gasExploration & productionState oil & gas
Promar TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRegional television
Puma TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision, defunct 2007
Quijote TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
RCTVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRadio Caracas Televisión Internaciona, part of Empresas 1BC
RUTACA AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline
SBA AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline
ServivensaConsumer servicesTravel & leisureAirline, part of Avensa
SideturBasic materialsIron & steelSteel, part of Sivensa
SIDORBasic materialsIron & steelSteel
Siguaraya TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
SíragonTechnologyComputer hardwareComputers
SivensaBasic materialsIron & steelSteel
Sol AméricaConsumer servicesAirlinesDomestic chartered airline
SonográficaConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRecord label
Sundance Air VenezuelaConsumer servicesAirlinesCharter airline
Supermercado De CandidoConsumer servicesRetailSupermarket chain
SurvisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Tarmas TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TELE NConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRegional news, defunct
TelesurConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState broadcaster
Teletambores TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TelevenConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision network
Televisión EducativaConsumer servicesBroadcasting & entertainmentEducational television network
Televisora Comunitaria de RubioConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Televisora de OrienteConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Televisora Regional del Táchira (TRT)Consumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TranscargaConsumer servicesAirlinesCargo airline
TV BailadoresConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TV FamiliaConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TV LlanoConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TV PuertoConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
TVS (Venezuela)Consumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
ULA TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRegional television
Valdez TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Vale TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
VenevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision network, part of Grupo Cisneros (US)
Venezolana de TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState television network
VenezolanaConsumer servicesAirlinesLow-cost airline
Vensecar InternacionalConsumer servicesAirlinesCargo airline
Vida TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
VIT, C.A.TechnologyComputer hardwareLaptops
ViVe TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentState television
Women’s Development BankFinancialsBanksBank
Zamora TVConsumer servicesBroadcasting & entertainmentLocal television
Zuliana de AviaciónConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2002
Zuliana de TelevisiónConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRegional television

Universitas terbaik di Venezuela

Public

Public universities with foundation date.

UniversityFounded
Universidad Bolivariana de Venezuela (UBV)2003
Universidad Central de Venezuela (UCV)1721
Universidad Centro Occidental Lisandro Alvarado (UCLA)1962
Universidad de Carabobo (UC)1892
Universidad Indígena de Venezuela (UIV)2000
Universidad Nacional Experimental de la Gran Caracas (UNEXCA)2018
Universidad Nacional Experimental de Guayana (UNEG)1982
Universidad de Los Andes (ULA)1810
Universidad de Los Llanos Centrales Rómulo Gallegos (UNERG)1977
Universidad de Los Llanos Occidentales Ezequiel Zamora (UNELLEZ)1975
Universidad Nacional Experimental del Táchira (UNET)1974
Universidad Nacional Experimental de Yaracuy (UNEY)2000
Universidad del Zulia (LUZ)1891
Universidad de Oriente (UDO)1958
Universidad Nacional Experimental Francisco de Miranda (UNEFM)1977
Universidad Marítima del Caribe (UMC)2000
Universidad Nacional Abierta (UNA)1977
Universidad Pedagógica Experimental Libertador (UPEL)1983
Universidad Politécnica Antonio José de Sucre (UNEXPO)1979
Universidad Politécnica de la Fuerza Armada Nacional (UNEFA)1974
Universidad Rafael María Baralt (UNERMB)1982
Universidad Simón Bolívar (USB)1967
Universidad Simón Rodríguez (UNESR)1971
Universidad Sur del Lago Jesús María Semprum (UNESUR)2000

Private

Private universities with foundation date.

UniversityFoundedHeadquarters
Instituto Universitario Politécnico “Santiago Mariño” (IUPSM)1991Barcelona
Universidad Alejandro de Humboldt (UNIHUMBOLDT)1997Caracas
Universidad Alonso de Ojeda (UNIOJEDA)2002Ciudad Ojeda
Universidad Arturo Michelena (UAM)2001Valencia
Universidad Bicentenaria de Aragua (UBA)1986Maracay
Universidad Rafael Urdaneta (URU)1974Maracaibo
Universidad Católica Andrés Bello (UCAB)1953Caracas
Universidad Católica Cecilio Acosta (UNICA)1983Maracaibo
Universidad Católica del Táchira (UCAT)1962[B]San Cristóbal
Universidad Católica Santa Rosa (SANTAROSA)1999[C]Caracas
Universidad de Margarita (UNIMAR)2000Isla de Margarita
Universidad Dr. José Gregorio Hernández (UJGH)2002Valera
Universidad Fermín Toro (UFT)1989Barquisimeto
Universidad José Antonio Páez (UJAP)1997Valencia
Universidad José María Vargas (UJMV)1995Caracas
Universidad Metropolitana (UNIMET)1970Caracas
Universidad Monteávila (UMA)1998Caracas
Universidad Nororiental Gran Mariscal de Ayacucho (UGMA)1987Barcelona
Universidad Nueva Esparta (UNE)1954Caracas
Universidad Panamericana del Puerto (UNIPAP)2003Puerto Cabello
Universidad Rafael Belloso Chacin (URBE)1989Maracaibo
Universidad Santa María (USM)1983Caracas
Universidad Tecnológica del Centro (UNITEC)1979Guacara
Universidad Valle del Momboy (UVM)1997Valera
Universidad Yacambú (UNY)1989Barquisimeto

JOSE RAMON MEDINA, Universitas Pusat, Karakas
Editor: Sejarah Negara Com

Venezuela negara ke-6 terbesar Amerika Selatan