Andes pegunungan memanjang di Amerika Selatan

  • Whatsapp

Menjulang di sepanjang Samudra Pasifik dan memanjang sejauh kawasan Amerika Selatan sebelah barat berdirilah pegunungan Andes, yang merupakan jajaran gunung terpanjang di dunia. Dalam hal ketinggian dan ketakrataan, Andes adalah nomor dua setelah pegunungan Himalaya di Asia tengah selatan.

Andes jajaran gunung Amerika Selatan terpanjang di dunia

Kunjungi Andes di google map

Bacaan Lainnya

Di dalam barisan panjang puncak yang tertutup salju dan dataran tinggi yang luas terdapat perbedaan besar yang tak masuk akal-gletser yang luas dan lahan rumput yang tertimpa matahari, hutan lebat dan padang pasir yang gersang, lahan pertanian yang dibudidayakan dan padang kering, penduduk kota yang canggih dan suku Indian yang primitif, kota-kota modern dan dukuh-dukuh yang terpencil, serta tempat peristirahatan yang penuh ria dan pondok gembala yang sunyi.

Keterjalan dan ketakrataan Andes serta kekuatan iklim telah membentuk lahan itu dan amat mempengaruhi kehidupan rakyatnya. Pegunungan itu memainkan peran sebagai penyebab kekeringan dan ketandusan di beberapa kawasan, sedangkan di kawasan lain curah hujannya lebat.

Di puncak-puncak yang tinggi itu terdapat kontras besar dalam suhu antara siang dan malam, panas matahari dan keteduhan. Siapa pun yang pernah mengalami kedinginan malam Andes yang menusuk tulang tentu akan memahami adanya pemujaan terhadap matahari di zaman purba.

Walaupun terdapat kesulitan hidup di kawasan yang kejam ini, peradaban yang paling maju di Amerika Selatan telah berkembang dan hidup subur di sana sebelum penaklukan Spanyol pada abad ke-16. Sekarang lebih kurang sepertiga penduduk Amerika Selatan berdiam di Andes, sebagian besar mereka terkumpul di kota-kota, yang setiap hari bertambah penuh sesak.

Kota seperti Bogota di Kolombia dan Karakas di Venezuela berkembang dengan pesat, sedangkan wajah Dunia Lamanya tampak memberi kesempatan bagi berkembangnya arsitektur abad ke-20.

Penduduk Amerika Selatan merupakan campuran berbagai ras, suku, dan kebangsaan, tetapi penduduk asli gunung mencakup lebih dari 2.000.0000 orang Indian dan sanak saudaranya yang tinggal di Andes. Bagi sebagian orang, waktu itu hampir tidak bergerak. Puncak-puncak gunung yang amat tinggi dan runcing itu menyebabkan pembangunan dan perawatan jalan dan jalan kereta api mahal sekali dan, sebagai akibatnya, ”dunia penduduk gunung” tetap sempit dan terkurung.

Mereka tetap mempertahankan cara dan kepercayaan lama serta bahasa dan dialek mereka sendiri. (Bahasa Indian Quechua dan Aymara dituturkan oleh berjuta penduduk. Banyak dari mereka menganggap bahasa Spanyol adalah bahasa asing.) Sekawanan musafir dengan bagal, keledai, llama, atau sapi jantan berjalan lambat melewati lorong kecil yang sempit dan lereng terjal, yang masih merupakan sarana transportasi penting.

Seperti nenek moyangnya, suku Indian masa kini baik penggembala, pekerja tambang, penggiring llama, maupun petani-menghadapi banyak kesulitan. Rumah tanah liat atau rumah baru mereka hanya memiliki sedikit perabot rumah tangga. Makanan mereka sederhana. Daging, yang selalu diasapi dan kadang-kadang digarami, merupakan kemewahan.

Di tengah-tengah orang asing, suku Indian cenderung menyisih dan diam, tetapi di tengah-tengah orang sendiri mereka murah hati, suka bercakap, dan gembira. Di beberapa pasar mingguan yang diadakan di plaza lama kota kecil, pria dan wanita Indian dengan memakai topi bowlernya yang kaku berkumpul untuk tukar-menukar berita dan gunjingan atau barangkali membeli poncho baru atau boyeta yang berwarna menyala untuk dijadikan rok serta dikenakan di festival nanti.

Tahun-tahun belakangan ini kapal terbang dan beberapa jalan baru membantu mengurangi keterpencilan kota-kota Andes. Namun, pegunungan yang amat tinggi itu tetap merupakan rintangan geografis antara kota besar di pantai barat dengan pedalaman benua itu serta menghambat perkembangan ekonomi timur-barat dan persatuan kehidupan Amerika Selatan.

Ciri Fisik Pegunungan andes

Andes tidak merupakan deretan yang bersinambung, melainkan serangkaian barisan yang berhubungan hampir rapat. Dari Tierra del Fuego, suatu kepulauan di ujung selatan Amerika Selatan, Andes membentang ke utara sepanjang lebih dari 6.400 km melintasi Chili, Argentina, Bolivia, Peru, dan Ekuador terus ke pantai Karibia di Kolombia dan Venezuela.

Di antara puluhan puncak gunung yang melebihi 6.100 m tingginya terdapat Aconcagua (6.960 m) di Argentina, titik tertinggi di Belahan Bumi Barat. Banyak gunung di Andes tingginya 3.000 m atau lebih di atas paras laut. Beberapa gunung berapi kadang-kadang meletus sehingga mengakibatkan kerugian besar nyawa dan harta benda.

Andes dipisahkan menjadi tiga kawasan alami bagian selatan, tengah, dan utara, masing-masing dengan sifatnya sendiri yang istimewa. Bagian selatan, terletak di Argentina dan Chili, merupakan bagian tersempit dari jajaran Andes lebih-kurang selebar 320 km. Antara barisan timur dan barisan barat terdapat Puna de Atacama, dataran tinggi yang terlantar, tempat ditemukannya salar (endapan garam). Kawasan ini penduduknya jarang.

Andes tengah mulai di Chili utara dan Argentina utara serta meluas melalui Bolivia dan Peru ke Ekuador bagian selatan. Andes tengah merupakan bagian jajaran gunung yang terluas kurang lebih selebar 640 km.

Di sini terletak tambang yang memberikan bangsa Inka bijih mineral guna perkakas perunggu dan tembaga serta guna perhiasan emas dan perak mereka. Namun sekarang, kawasan emas dan perak itu kurang penting ketimbang mineral seperti tembaga dan timah. Di antara mineral yang ditambang untuk ekspor ialah timbel, seng, dan antimon.

Andes utara memanjang melalui Ekuador, Kolombia, dan Venezuela serta memiliki banyak pusat penduduk utama Amerika Selatan bagian utara-yang antara lain adalah Cuenca, Quito, Medellin, Cali, Bogota, dan Karakas. Ekspor terpenting kawasan ini adalah produk tingkat tropiscokelat di Ekuador dan kopi di Kolombia dan Venezuela. Industri Andes mencakup pemrosesan makanan, produksi semen dan bahan bangunan lain, serta pariwisata.

Diulas oleh HENRY J. WARMAN, Sekolah Tinggi Cebgrafi, Universitas Clark
Editor: Sejarah Negara Com

Andes pegunungan memanjang di Amerika Selatan

Pos terkait