Nikaragua negara terbesar di Amerika Tengah

Nikaragua – Ketika orang Spanyol mendarat di Dunia Baru pada awal abad ke-16, mereka mendapat perlawanan dari orang Indian yang telah mendiami dunia ini sejak berabad-abad yang lampau. Salah seorang pemimpin Indian yang kuat di Amerika Tengah adalah Nicarao. Diperkirakan bahwa nama negara Nikaragua berasal dari nama kepala suku Indian ini.

Apa yang kamu ketahui tentang Nikaragua?

Nikaragua adalah sebuah negara berbentuk republik yang terletak di Amerika Tengah dengan batas wilayahnya; sebelah utara Honduras, sebelah selatan Kosta Rika, sebelah barat Samudera Pasifik, dan sebelah timur Laut Karibia.
– Ibu kota: Managua
– Luas: 129.999 km²
– Kode panggilan: +505
– Mata uang: Córdoba Nikaragua
– Presiden: Daniel Ortega
– Benua: Amerika Utara

Bagaimana bentuk bendera Nikaragua?

Bendera Nikaragua

Bagaimana bentuk lambang Nikaragua?

Lambang Nikaragua

Apa saja nama kota penting di Nikaragua?

Granada, Nikaragua, Managua

Apa saja tempat populer di Nikaragua?

Los Maribios, Cerro Negro Volcano, Telica Volcano, Masaya Volcano National Park, Isla Ometepe, Volcan Concepcion, Laguna de Apoyo, Reserva Biológica Indio Maíz, Islets of Granada, Mombacho Volcano

Nikaragua merupakan negara terbesar dari enam negara Amerika Tengah yang ada sekarang. Namun, jumlah penduduk di wilayah ini relatif sedikit sehingga Nikaragua merupakan negara yang kepadatan penduduknya paling rendah di Amerika Tengah.

Nikaragua berbatasan dengan Honduras di sebelah utara dan dengan Kosta Rika di sebelah selatan. Seluruh pantai timurnya menghadap ke Laut Karibia, sedangkan perbatasan baratnya adalah Samudra Pasifik. Di Teluk Fonseca di lepas pantai baratlaut, wilayah perairan Nikaragua bertemu dengan wilayah perairan Honduras dan El Salvador.

Penduduk Nikaragua

”Managua, Nikaragua adalah tanah tempat aku dilahirkan”. Itulah baris pertama dari lagu favorit orang Nikaragua, melodi yang selalu terdengar di setiap pesta dan perayaan sehingga kepopuleran lagu itu mungkin melebihi lagu kebangsaan. Bait-bait lagu itu berisi penghormatan bagi tanah air dan ungkapan kebanggaan bangsa Nikaragua atas tanah airnya.

Para Penyanyi sering mengiringi sendiri lagu itu dengan gitar, karena hampir semua orang, baik tua maupun muda, dapat memainkan gitar dalam berbagai tingkat keahlian, dan kelembutan melodi alat musik rupanya merupakan bagian Integral musik Nikaragua.

Tarian tradisional Nikaragua yang terkenal adalah zapateados, atau sones, yang lincah dan tarian yang lebih kalem zarabandas. Akan tetapi, tarian yang sudah lama terkenal itu sedikit demi sedikit menghilang dan di gantikan oleh irama yang lebih baru, terutama irama daerah Karibia Kini alunan suara senar tunggal marimba dan gitar, terutama di kota-kota besar, telah digantikan oleh irama grup orkes kecil dengan perangkat senar petik yang telah dilengkapi dengan saksofon dan genderang.

Bangsa Nikaragua pada umumnya fasih berbicara dan bersemangat. Keasyikan pembicaraannya ditandai oleh desis lembut Spanon-Andalusia yang merupakan nenek moyang mereka. Karena dalam nadi sebagian besar bangsa Nikaragua mengalir darah Spanyol yang tiba di Amerika Tengah lebih dari 400 tahun yang lalu, hampir 75% rakyatnya adalah mestizo campuran Spanyol dan Indian.

Dua puluh lima persen sisanya terdiri atas sejumlah kecil orang asli Spanyol, orang kulit hitam, dan suku Indian yang nenek moyangnya adalah suku Miskito yang hidup di wilayah itu ketika orang-orang Spanyol tiba.

Pemusatan penduduk yang terpadat, terutama kelompok-kelompok mestizo dan Spanyol, terdapat di dataran rendah bagian barat. Sebagian besar orang Indian tinggal di pedalaman pegunungan, sementara orang kulit hitam mendiami daerah sebelah timur dekat Laut Karibia di daerah yang disebut Pantai Nyamuk.

Penetap asli Spanyol mewariskan agama (Katolik Roma) dan bahasanya kepada generasi penerus tetapi banyak penduduk Pantai Nyamuk, yang nenek moyangnya berasal dari kepulauan Karibia yang diduduki Inggris, berbahasa Inggris.

Kunjungi Peta Nikaragua atau di google map

Pendidikan di Nikaragua

Meskipun secara teknis pendidikan di Nikaragua cuma-cuma dan wajib, banyak penduduk Nikaragua yang masih buta huruf. Oleh sebab itu, pemerintah melancarkan program pemberantasan buta huruf secara besar-besaran.

Banyak sekolah terus dibangun baik oleh swasta maupun oleh pemerintah. Jumlah anak sekolah yang terus bertambah dapat disaksikan di jalan-jalan kota pada saat mereka berangkat atau pulang sekolah yang dengan mudah dapat dikenali dari pakaian seragamnya, baju putih dan rok atau celana biru, sesuai dengan warna bendera nasional Nikaragua yang bergaris biru putih.

Kini banyak mahasiswa muda berganti pilihan dari fakultas sastra yang diagungkan di masa lampau ke fakultas pendidikan, kedokteran, dan teknik-baik pada Universitas Nasional di Leon maupun pada Universitas Katolik di Managua.

Barangkali putra Nikaragua yang paling dikenal, paling tidak oleh negara-negara tetangga, adalah Ruben Dario, seorang penulis. Dario yang dilahirkan pada tahun 1867 adalah penulis cerita dan syair yang hebat, yang terkenal tidak hanya di negara-negara yang berbahasa Spanyol, melainkan, lewat terjemahan, juga di hampir seluruh negara Barat. Dario dipandang sebagai pendiri modernismo, suatu gerakan susastra yang sering secara simbolik dinyatakan sebagai pecinta alam dan manusia.

Cara Hidup di Nikaragua

Hari-hari besar keagamaan dirayakan secara meriah di seluruh Nikaragua Dalam kesempatan seperti ini sering diadakan parade atau pawai. Pada saat seperti itu sering terdengar suara lonceng atau petasan sebagai suatu kebiasaan untuk mengungkapkan rasa gembira.

Upacara-upacara hari ulang tahun, pembaptisan, dan perkawinan selalu dibarengi dengan pesta minum-minum seperti minuman pinolillo yang bahan dasarnya terbuat dari cokelat dan tiste, keduanya merupakan minuman Nikaragua yang terkenal.

Tari dan musik yang mengiringi perayaan-perayaan itu berciri dasar Indian dan Spanyol. Di kota Granada, misalnya, dalam festival untuk menghormati Bunda Maria dari Rosari, para peserta berjalan sepanjang jalan sambil menyanyikan lagu yang berasal dari abad ke-16. Kebiasaan yang digandrungi oleh pemuda ataupun orang tua ini disebut la griteria dan berasal dari Spanyol.

Sebaliknya, tarian terkenal EI Baile de los Diablitos yang berasal dari kalangan orang Indian juga sangat disukai. Dalam tarian itu, penari yang lincah dan berpakaian seragam memainkan drama tentang kedatangan orang Spanyol. Barangkali hari besar yang terpenting adalah hari Santo Domingo yang dirayakan pada bulan Agustus. Khususnya di Managua, perayaan itu ditandai dengan pertunjukan-pertunjukan khusus dan pertemuan-pertemuan selama hari libur itu.

Orang Nikaragua gemar berolahraga. Biasanya olahraga yang paling disukai adalah sepak bola dan basket. Kini mereka suka sekali pada permainan baseball. Cabang olahraga yang diperkenalkan oleh Angkatan Laut Amerika ini juga memiliki penonton yang fanatik.

Dalam perebutan kejuaraan tahunan, lebih dari 200 tim baseball ikut serta. Adu banteng yang biasanya diadakan pada hari Sabtu dan Minggu juga populer. Dalam pertunjukan ini, bantengnya tidak pernah dibunuh, sedangkan kecakapan peserta dinilai dari kemampuannya untuk naik ke atas punggung banteng dan mengendalikannya.

Bahan untuk makanan pokok rakyat Nikaragua tidak berbeda dengan yang dipergunakan di negara-negara Amerika Tengah lainnya: frijoles, atau kacang, dan jagung adalah makanan utama. Nacatamales, kue terbuat dari jagung yang sering dihidangkan bersama dengan makanan utama, merupakan hidangan yang terkenal dan bahkan dapat dianggap sebagai hidangan nasional. Berbagai jenis makanan Eropa disediakan di hotel-hotel dan restoran di daerah metropolitan.

Geografi Nikaragua

Wilayah Nikaragua yang luasnya 130.000 km2 dapat dibedakan ke dalam tiga daerah. Di bagian barat adalah tanah rendah Pasifik; di bagian tengah merupakan tanah tinggi yang menghubungkan barisan utara-selatan pegunungan Andes, dan di bagian timur daerah tanah rendah Karibia yang disebut Pantai Nyamuk. Daerah ini sering menjadi penyebab sengketa dengan tetangganya Honduras, yang mengklaim bagian sebelah utara daerah itu.

Sebagian besar orang Nikaragua tinggal di tanah rendah Pasifik yang melebar secara diagonal dari Teluk Fonseca di baratlaut sampai Laut Karibia pada perbatasan Kosta Rika di tenggara. Di daerah ini terletak kota-kota utama, sebagian besar industri Nikaragua, dan danau-danau besar, yaitu danau Managua dan Nikaragua.

Danau Nikaragua, yang paling luas di antara kedua danau itu, berukuran lebar 70 km dan panjang lebih kurang 160 km. Ribuan tahun yang lampau suatu gempa bumi menyebabkan danau itu terputus dari laut dan mengurung berbagai ikan hiu dan ikan laut-dalam lainnya.

Ikan-ikan ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru dan kini banyak jenis ikan air asin berenang di air tawar danau itu. Sungai Tipitapa menghubungkan Danau Nikaragua dengan Danau Managua yang meliputi daerah seluas 1.000 km2.

Di ujung selatan Danau Nikaragua terletak Sungai San Juan yang membentuk sebagian perbatasan dengan Kosta Rika sebelum bermuara di Laut Karibia. Sungai Coco dan Sungai Poteca membentuk perbatasan antara Nikaragua dengan Honduras. Suatu barisan gunung berapi memanjang ke bagian kawasan baratlaut tanah rendah. Gunung berapi El Viejo, yang tingginya lebih dari 1.760 m di atas paras laut, adalah salah satu yang tertinggi.

Suhu di seluruh daerah tanah rendah rata-rata berkisar 30°C. Letusan gunung berapi yang begitu sering, musim hujan yang berlangsung dari bulan Mei sampai November atau Desember, dan sungai yang berkelok-kelok, membuat lahan Nikaragua cocok sekali untuk pertanian.

Pada dasarnya ekonomi Nikaragua adalah pertanian, tetapi sumber-sumber pendapatan lain telah dibangun sebelum perang saudara pada tahun 1978-1979 telah menghancurkan ekonominya. Pada masa damai, kapas ditanam di berbagai perkebunan yang subur dengan menggunakan peralatan mesin pertanian modern, demikian juga dengan tembakau dan tebu.

Namun, semua perkebunan terutama kapas, rusak selama perang saudara karena benih yang ditanam tidak sebanyak biasanya. Kacang, labu, jagung, dan melon biasanya ditanam di ladang-ladang pertanian yang subur. Di kota-kota daerah itu, sebagian besar penduduknya terdiri atas pengrajin dan pengusaha industri kecil. Industri ringan berkembang di daerah itu, tetapi banyak pabrik rusak semasa perang saudara. Namun, dengan terciptanya perdamaian, suasana ekonomi perkotaan segera akan lebih aktif lagi.

Di sebelah timur daerah tanah rendah Pasifik, lahan mulai meninggi ‘ sampai mencapai ketinggian antara 1500-2100 m di atas paras laut. Di bagian tengah tanah tinggi yang sejuk ini terdapat sebagian besar deposit mineral negeri itu dan hutan yang kaya.

Penduduk dataran tinggi ini sebagian besar terdiri atas orang Indian. Nikaragua merupakan negara penghasil emas terbesar di Amerika Tengah dan sebagian besar produk emas itu berasal dari daerah ini. Deposit mineral lainnya adalah tembaga, perak, timbel, besi, dan seng.

Pantai Nyamuk membentang sepanjang Laut Karibia. Daerah ini adalah daerah panas berawa-rawa dengan hujan yang sangat deras serta ajek sehingga merupakan daerah terbasah di dunia. Hujan lebat dan hutan hujan tropis hampir menutupi seluruh daerah.

Penduduk disini terdiri terutama atas orang Negro yang berasal dari kepulauan Hindia Barat yang dikuasai Inggris dan orang Indian Miskito yang jumlahnya semakin berkurang. Kayu tropis, karet, dan pisang merupakan beberapa produk ekonomi Pantai Nyamuk.

Kota besar di Nikaragua

Managua telah menjadi ibu kota sejak tahun 1855. Kota indah yang terletak di pinggiran Danau Managua ini selama berpuluh-puluh tahun menjadi pusat perdagangan, transportasi, dan pusat pemerintahan Nikaragua. Di antara ibu kota negara-negara Amerika Tengah, Managua adalah kota yang terendah letaknya dari paras laut. Kota ini sering menderita kerusakan akibat gempa dan pada tahun 1972 suatu gempa bumi dahsyat menghancurkan sebagian besar kota itu.

Sebelum gempa bumi tahun 1972, Managua merupakan kota dengan gedung-gedung rendah, yang dirancang untuk mengurangi kemungkinan kerusakan yang terjadi karena guncangan gempa bumi.

Objek-objek yang menarik adalah Istana Presiden yang berada sedikit di luar kota; gedung Dewan Perwakilan Rakyat; dan barangkali yang paling menarik huellas yang baru ditemukan, yaitu “tapak kaki”, yang dibuat ribuan tahun yang lalu dan terpelihara dengan baik dalam tanah liat yang sudah membatu.

Bukti tentang adanya manusia prasejarah ini sangat bertolak belakang dengan Teater Ruben Dario yang hebat, tempat pertunjukkan kesenian ultramodern yang diresmikan pada tahun 1969. Tugu peringatan mendiang Franklin D. Roosevelt berdiri di Bukit Tiscapa dekat Istana Presiden.

Taman Pusat, di dekat pinggiran Danau Managua, merupakan taman umum kota yang paling menarik. Pepohonan dan bunga-bunga indah ditanam di seluruh taman, sedangkan beberapa patung menghiasi jalan-jalan taman. Pada sore hari, pejalan kaki pengunjung taman mungkin dihibur oleh konser yang dipergelarkan di anjungan band. Taman lain yang juga menarik adalah Taman Dario dengan patung penyair terkenal Nikaragua yang sangat mengesankan.

Pada tahun 1972 sebagian besar pusat kota Managua benar-benar dihancurkan oleh gempa yang juga membunuh sekitar 10.000 orang. Sejumlah besar bantuan mengalir ke Nikaragua, tetapi banyak yang tidak sampai ke tangan rakyat yang menderita, dan pembangunan kembali kota Managua berjalan sangat lambat.

Selain itu perang saudara tahun 1970-an menyebabkan kerusakan yang lebih besar sehingga sampai tahun 1980, 40% kota Managua masih merupakan reruntuhan. Setelah golongan Sandinista memegang kekuasaan pada tahun itu, mereka melaksanakan program mereka sendiri, yaitu membangun kembali kota itu dalam suatu upaya untuk menggantikan 53.000 buah rumah yang telah dihancurkan gempa. Namun, program Sandinista terhalang oleh kurangnya dana dan perang saudara yang terus berlanjut.

Kota tertua di Nikaragua adalah Granada, yang dibangun oleh penjelajah Spanyol, Francisco Fernandez de Cordoba (Mata uang Nikaragua, yaitu Cordoba diambil dari namanya). Kota yang terletak di pinggir Danau Nikaragua ini merupakan kota dagang yang penting dan merupakan tempat tinggal para pengusaha ternama serta pejabat-pejabat pemerintah.

Selama tinggal di Granada, para wisatawan dapat bertamasya ke tempat-tempat yang menarik di sekitar kota dan menyaksikan birunya air danau raksasa Nikaragua.

Granada terletak di daerah subur dekat gunung berapi Mombacho. Sebagian besar daerah di sekitar Granada ditanami kopi dan tebu. Selama perang saudara antara tahun 1978-1979 produksi kedua jenis tanaman itu turun karena tidak diperhatikan.

Granada merupakan ibu kota propinsi Granada, tempat dibangunnya berbagai pusat industri, pabrik pakaian jadi, dan pabrik mebel sejak sebelum perang. Namun, seperti semua kota di Nikaragua, Granada juga merupakan ajang pertempuran yang mengakibatkan kerusakan berat pada banyak gedung dan pabrik.

Kota Leon, yang juga didirikan oleh De Cordoba, merupakan ibu kota Nikaragua semasa penjajahan. Saat ini kota itu masih memiliki sisa-sisa masa lampaunya-meskipun sebagian besar telah terhapus oleh perang saudara yang menghancurkan 70% kota Leon.

Namun, Katedral Metropolitan yang merupakan katedral terbesar di Amerika Tengah selamat. Leon, yang merupakan kota pusat intelektual negeri itu, adalah juga tempat kediaman Ruben Dario yang meninggal pada tahun 1916.

Sejarah dan pemerintahan

Christopher Columbus dalam pelayarannya yang keempat ke Dunia Baru pada tahun 1502, mendarat di pantai timur wilayah yang sekarang disebut Nikaragua. Tokoh yang menjelajahi negara itu dan menyiapkan jalan bagi penjajahan di kemudian hari adalah Gil Gonzalez Davila dan Francisco de Cbrdoba. Davila mengkatolikkan ribuan orang Indian, sedangkan de Cordoba mendirikan kota-kota.

Selama masa penjajahan, Nikaragua berada di bawah kekuasaan kekaptenjenderalan Guatemala. Setelah kemerdekaan diproklamasikan pada tahun 1821, Nikaragua dan propinsi Amerika Tengah lainnya menjadi bagian dari kekaisaran Meksiko.

Pada tahun 1823 dibentuk federasi baru negara-negara Amerika Tengah dengan nama Persatuan Propinsi-Propinsi Amerika Tengah. Kesatuan politik yang longgar ini meliputi Nikaragua yang sekarang ditambah Kosta Rika, Guatemala, Honduras, dan El Salvador. Lima belas tahun kemudian federasi itu bubar dan Nikaragua menyatakan diri sebagai republik merdeka.

Sepanjang sisa abad ke-19 negara itu mengalami berbagai kesulitan yang luar biasa. Pertentangan dalam negeri antara partai-partai politik yang bertentangan sering menyebabkan pemerintahan jatuh.

Selain dari itu, William Walker dari Amerika Utara menyerang Amerika Tengah dan berusaha menggabungkan wilayah itu ke dalam Amerika Serikat dan berusaha menjadikan dirinya presiden Nikaragua. Walker diusir pada tahun 1857 dan akhirnya dieksekusi di Honduras, tetapi pengaruh peristiwa itu membawa republik yang berjuang itu mendekati keruntuhan.

Awal abad ke-20 membawa sedikit kelegaan. Pemerintahan diktator dari calon Partai Liberal, José Santoz Zelaya, yang menjadi presiden pada tahun 1893 ternyata membawa malapetaka. Selama 30 tahun Amerika Serikat tetap menempatkan beberapa divisi Angkatan Lautnya untuk menjaga keamanan di Nikaragua.

Dengan ”Kebijakan Bertetangga Baik” (Good Neighbor Policy) yang disahkan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt pada tahun 1933, Angkatan Laut Amerika ditarik. Namun, peristiwa pertentangan intern terus berlanjut.

Pada tahun 1937 Anastasio Somoza Garcia, yang didukung oleh Guardia Nacional, menjadi presiden. Selama bertahun-tahun keluarga Somoza menguasai pemerintahan. Keluarga itu menjadi semakin tidak disenangi karena cara memerintahnya yang makin lama makin menindas, sedangkan mereka menjadi semakin kaya.

Ketidaksenangan itu mencapai puncaknya ketika ternyata, setelah terjadi gempa bumi yang menghancurkan negara itu pada tahun 1972, sejumlah besar uang dari luar negeri yang seharusnya dipergunakan untuk membangun kembali negara itu masuk ke rekening bank milik Somoza.

Peristiwa

Menjelang tahun 1977 kelompok oposisi secara diam-diam telah membentuk kelompok pemberontak, yaitu Sandinista, dan pada tahun 1978 pecah perang terbuka. Perang saudara berlangsung selama 18 bulan sampai Presiden Anastasio Somoza Debayle berhenti berkuasa.

Golongan Sandinista bermaksud membangun kembali negara itu sesuai dengan ajaran Marxis. Pada tahun 1984 pemimpin Sandinista, Daniel Ortega Saavedra, dipilih menjadi presiden.

Mereka yang menentang pemerintah, biasanya disebut sebagai kelompok ”contra”, mulai melancarkan perang gerilya melawan pemerintahan Sandinista. Mereka dibantu oleh Amerika Serikat yang menganggap pemerintahan Ortega sebagai diktator dan merupakan ancaman bagi perdamaian di wilayah itu.

Perusahaan bisnis di Nikaragua

CompanyIndustrySectorNotes
    
AeronicaConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 1992
AerosegoviaConsumer servicesAirlinesCharter airline, defunct 2003
Atlantic AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2007
Avianca NicaraguaConsumer servicesAirlinesAirline, formerly La Costeña
BAC CredomaticFinancialsBanksPart of Grupo Aval Acciones y Valores (Colombia)
Banco de la ProducciónFinancialsBanksBank
Banco del CafeFinancialsBanksDefunct 2001[6]
Compañía Cervecera de NicaraguaConsumer goodsBrewersBrewery
ECAMIOil & gasAlternative energyRenewable energy, wind, solar
El Castillo del CacaoConsumer goodsFood productsChocolate
Flor de CañaConsumer goodsDistillers & vintnersRum
Gelateria ItalianaConsumer goodsFood productsIce cream
Joya de NicaraguaConsumer goodsTobaccoCigars
Kola Shaler IndustrialConsumer goodsSoft drinksSoft drinks
Nicaragüense de AviaciónConsumer servicesAirlinesCommercial airline, defunct 2004
Selva Negra Mountain ResortConsumer servicesHotelsResort
Tip-Top RestaurantConsumer servicesRestaurants & barsRestaurant

Universitas terbaik di Nikaragua

UniversityMain fields of study
Adventist University of NicaraguaBusiness, education, informatics, theology
Universidad Adventista de Nicaragua (UNADENIC)
American College (AC)Business, informatics, law
Universidad American College
American UniversityArchitecture, business, dentistry, informatics, international relations, law, medicine
Universidad Americana (UAM)
American University of Health Sciences (AUHS)Dentistry, medicine
Bluefields Indian and Caribbean University (BICU)Agriculture, business, civil engineering, education, forestry, law, marine biology, medicine, natural resources
Catholic University of Dry Tropic Farming and LivestockAgriculture, dentistry, law, medicine, theology, veterinary medicine
Universidad Católica Agropecuaria del Trópico Seco (UCATSE)
Catholic University Redemptoris MaterArchitecture, art, business, civil engineering, dentistry, informatics, education, law, medicine, theology
Universidad Católica Redemptoris Mater (UNICA)
Center for Advanced Military StudiesMilitary studies
Centro Superior de Estudios Militares (CSEM)
Central American UniversityArchitecture, business, engineering, informatics, humanities, law, social work
Universidad Centroamericana (UCA)
Central American University of Business StudiesBusiness, law, medicine, microbiology, nursing, nutrition, pharmacology, psychology
Universidad Centroamericana de Ciencias Empresariales (UCEM)
Central University of NicaraguaBusiness, informatics, law, medicine, pharmacology, psychology, veterinary medicine
Universidad Central de Nicaragua (UCN)
Christian Autonomous University of NicaraguaAgriculture, architecture, engineering, health sciences, international relations, law
Universidad Cristiana Autónoma de Nicaragua (UCAN)
Ibero-American University of Science and TechnologyArchitecture, business, design, engineering, informatics, law, optometry, pharmacology
Universidad Iberoamericana de Ciencia y Tecnología (UNICIT)
Immaculate Conception Catholic University of the Archdiocese of ManaguaPhilosophy, theology
Universidad Católica Inmaculada Concepción de la Arquidiócesis de Managua (UCICAM)
Institute of Higher Legal StudiesLaw
Instituto de Altos Estudios Judiciales (IAEJ)
International University of Agriculture and LivestockAgriculture, veterinary medicine
Universidad Internacional de Agricultura y Ganadería (UNIAG)
International University for Sustainable DevelopmentBusiness, medicine
Universidad Internacional de Desarrollo Sostenible (UNIDES)
International University of Latin American IntegrationBusiness, informatics, law
Universidad Internacional de la Integración de América Latina (UNIVAL)
Jean Jacques Rosseau UniversityBusiness, dentistry, informatics, law, medicine, pharmacology
Universidad Jean Jacques Rosseau (UNIJJAR)
John Paul II University of Applied Social SciencesCommunication, philosophy, social work, theology
Universidad de Ciencias Sociales Aplicadas Juan Pablo II (UCSA)
Keiser University-Latin American Campus (KU)Business, informatics
La American University (LAAU)Architecture, business, informatics, law, pharmacology, psychology
La Anunciata UniversityBusiness, informatics, pharmacology
Universidad La Anunciata (UA)
La Salle Technological UniversityEngineering, informatics
Universidad Tecnológica La Salle (ULSA)
Latin American Institute of ComputingBusiness, informatics
Instituto Latinoamericano de Computación (ILCOMP)
Martin Luther King Nicaraguan Evangelical UniversityBusiness, education, informatics, law, psychology, theology
Universidad Evangélica Nicaragüense Martin Luther King (UENIC-MLK)
Martin Luther UniversityBusiness, education, informatics, journalism, law, nursing, theology
Universidad Martín Lutero (UML)
Metropolitan UniversityBusiness, civil engineering, informatics, law
Universidad Metropolitana (UNIMET)
National Agrarian UniversityAgriculture, environmental science, forestry, rural development, veterinary medicine
Universidad Nacional Agraria (UNA)
National Autonomous University of Nicaragua-LeónBusiness, dentistry, education, engineering, informatics, law, medicine, nursing, natural sciences, veterinary medicine
Universidad Nacional Autónoma de Nicaragua-León (UNAN-León)
National Autonomous University of NicaraguaArchitecture, business, dance, education, engineering, health, humanities, informatics, languages, law, science
Universidad Nacional Autónoma de Nicaragua-Managua (UNAN-Managua)
National University of EngineeringArchitecture, engineering
Universidad Nacional de Ingeniería (UNI)
Nicaraguan Technological UniversityBusiness, engineering, informatics
Universidad Tecnológica Nicaragüense (UTN)
Nicaraguan University of Science and TechnologyBusiness, informatics, law, psychology
Universidad Nicaragüense de Ciencia y Tecnología (UCYT)
Paulo Freire UniversityBusiness, education, health sciences, law, social studies
Universidad Paulo Freire (UPF)
Polytechnic University of NicaraguaBusiness, design, informatics, law, nursing, theology
Universidad Politécnica de Nicaragua (UPOLI)
Popular University of NicaraguaBusiness, education, engineering, informatics, law
Universidad Popular de Nicaragua (UPONIC)
Ruben Dario UniversityBusiness, informatics, law, pharmacology, psychology
Universidad Rubén Darío (URD)
Spanish-American UniversityBusiness, informatics, journalism, law, pharmacology, psychology
Universidad Hispanoamericana (UHISPAM)
Technical University of CommerceBusiness, informatics
Universidad Técnica de Comercio (UTC)
Thomas More UniversitasBusiness
Universidad Thomas More (UTM)
University of Administration, Commerce and CustomsBusiness, law
Universidad de Administración, Comercio y Aduana (UNACAD)
University of ChinandegaBusiness, engineering, law
Universidad de Chinandega (UACH)
University of Commercial SciencesArchitecture, business, design, informatics, veterinary medicine
Universidad de Ciencias Comerciales (UCC)
University of Health and Renewable EnergyPharmacology, renewable energy
Universidad de Ciencias de la Salud y Energía Renovables (UCSER)
University of Humanistic StudiesBusiness, construction engineering, informatics, journalism, law, pharmacology, psychology
Universidad de Estudios Humanísticos (UNEH)
University of ManaguaBusiness, informatics, journalism, law
Universidad de Managua (UdeM)
University of Medical SciencesDentistry, medicine, nutrition, pharmacology
Universidad de Ciencias Médicas (UCM)
University of Northern NicaraguaAgricultural engineering, business, informatics, law, psychology, sociology
Universidad del Norte de Nicaragua (UNN)
University of Oriental Medicine Japan-NicaraguaOriental medicine
Universidad de Medicina Oriental Japón-Nicaragua (UMO-JN)
University of St. ThomasBusiness, law
Universidad Santo Tomas de Oriente y Mediodía (USTOM)
University of Technology and CommerceBusiness, informatics
Universidad de Tecnología y Comercio (UNITEC)
University of the AmericasBusiness, law
Universidad de las Américas (ULAM)
University of the Autonomous Regions of the Nicaraguan Caribbean CoastAgriculture, business, education, fisheries science, forestry
Universidad de las Regiones Autónomas de la Costa Caribe Nicaragüense (URACCAN)
University of PacificBusiness, informatics, law
Universidad del Pacífico (UNIP)
University of the ValleyArchitecture, business, design, law
Universidad del Valle (UNIVALLE)
Walter Mendoza Martínez Police AcademyLaw
Academia de Policía Walter Mendoza Martínez (ACAPOL)
Western UniversityBusiness, engineering, law, nursing, pharmacology
Universidad de Occidente (UDO)

ERNESTO CHINCHILLA AGUILAR. Universitas Negeri New York. Stony Brook
Editor: Sejarah Negara Com

Nikaragua negara terbesar di Amerika Tengah