Letak geografis Provinsi Bali

Sejarah Negara Com – Provinsi Bali terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Provinsi ini termasuk dalam rangkaian kepulauan Nusa Tenggara. Dulu kepulauan ini pernah disebut Kepulauan Sunda Kecil. Wilayah Provinsi ini mencakup beberapa buah pulau, tetapi yang utama adalah Pulau Bali.

Batas Wilayah

Wilayah Provinsi Bali memanjang dari utara ke selatan pada 8 derajat 3’40”-8 derajat 50’48” LS. Wilayahnya melebar dari barat ke timur pada 114 derajat 25’53”-115 derajat 42’40” BT.   Secara geografis, wilayah Provinsi Bali berbatasan dengan daerah-daerah berikut:

  • Batas sebelah utara: Laut Bali
  • Batas sebelah selatan Samudra Indonesia
  • Batas sebelah barat Selat Bali/Provinsi Jawa Timur
  • Batas sebelah Selat Lombok/Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selain Pulau Bali, Provinsi Bali juga terdiri atas pulau-pulau kecil lainnya, yaitu: Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan di wilayah Kabupaten Klungkung, Pulau Serangan di wilayah Kota Denpasar, dan Pulau Menjangan di Kabupaten Buleleng.

Peta Provinsi

Peta Atlas Provinsi Bali
Peta Atlas Provinsi Bali

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel: Peta Bali

Tabel Pembagian Wilayah Administrasi

Luas daratan Provinsi Bali mencapai 5.780,06 km persegi yang secara administratif dibagi dalam delapan kabupaten dan satu kota. Di bawah ini adalah tabel wilayah administratif Provinsi Bali:

Tabel Pembagian Wilayah Administrasi Provinsi Bali
Keterangan: *Data diolah dari Permendagri Nomor 6 Tahun 2008 *Pemindahan ibu kota Kabupaten Badung berdasarkan PP No. 67 Tahun 2009

Iklim

Wilayah Bali beriklim tropis, yang dipengaruhi oleh angin musim yang berganti setiap enam bulan sekali. Musim penghujan berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Pebruari. Pada musim ini angin bertiup dari arah barat dan barat laut yang banyak membawa uap air.

Sebaliknya, musim kemarau berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus. Pada waktu itu berhembus angin timur dan tenggara yang sifatnya kering. Di antara musim-musim tersebut terdapat musim pancaroba atau musim peralihan.

Temperatur udara bervariasi antara 24,0 dan 30,8 derajat celcius. Curah hujan dalam lima tahun terakhir bervariasi antara 893,4 mm terendah dan 2.702,6 mm tertinggi untuk rata-rata tahunan. Kelembapan udara berkisar antara 90% dan pada musim hujan bisa mencapai 100%, sedangkan pada musim kering mencapai 60%.

Baca juga: Lambang Provinsi Bali

Kebudayaan

Artikel Terkait