Kepulauan Riau

  • Whatsapp

Kepulauan Riau adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Sumatera tepatnya sebelah timur Provinsi Riau. Batas wilayahnya meliputi: sebelah utara Vietnam dan Kamboja; sebelah timur Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat; sebelah selatan provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi; sebelah barat Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau.

Provinsi Kepulauan Riau terbagi atas 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. Luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 96% merupakan lautan, dan 4% daratan.

Bacaan Lainnya

Nama Kepulauan Riau

Kepulauan Riau berasal dari nama Riau. Ada dugaan bahwa riau berasal kata “riuh” yang artinya ramai. Zaman dahulu Kepulauan Riau menjadi pusat perdagangan dan keramaian. Kemudian nama tersebut berkembang dengan digunakannya nama Riau pada nama Kesultanan Lingga. Ketika masa kolonial, kata Riau dituliskan “Riouw”, sesuai dengan ejaan Bahasa Belanda#Diftong.

Setelah proklamasi kemerdekaan, Kepulauan Riau masuk ke dalam wilayah Kesultanan Siak di daratan Sumatra. Hal ini dilakukan karena gerakan Ganyang Malaysia sehingga mempermudah hubungan dari wilayah kepulauan ke daratan Sumatra.

Lama-kelamaan nama Riau digunakan oleh wilayah Kesultanan Siak di daratan Sumatra, sementara Kepulauan Riau memekarkan diri menjadi wilayah mandiri. Kata kepulauan ditambahkan didepan kata Riau karena wilayahnya berbentuk kepulauan.

Nama Riau pernah menuai polemik di kalangan budayawan Riau dan Kepulauan Riau. Masing-masing menilai bahwa nama Riau berasal dari provinsinya dengan versi sejarah yang berbeda.

Geografi

Secara geografis Kepulauan Riau berbatasan dengan Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang memiliki luas wilayah 251.810,71 km² dengan 96% perairan dengan 1.350 pulau besar, dan kecil telah menunjukkan kemajuan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Ibu kota provinsi ini berada di Tanjungpinang. Letaknya di jalur lalu lintas transportasi laut, dan udara yang strategis, dan terpadat pada tingkat internasional serta pada pasar dunia yang memiliki peluang pasar.

Titik tertinggi Kepulauan Riau adalah Gunung Daik dengan ketinggian 1.165 mdpl yang terdapat di pulau Lingga.

Kepulauan Riau merupakan hasil pemekaran dari provinsi Riau berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

Sejarah

Dilansir dari Wikipedia, sejarah Kepulauan Riau dimulai dengan ditemukannya Prasasti Pasir Panjang di Karimun yang terdapat semboyan pemujaan melalui tapak kaki Buddha. Hal ini diduga berhubungan dengan Kerajaan Melayu di Sumatra. Buddha diperkiran masuk melalui pedagang dari Tiongkok dan India.

Masa Islam di Kepulauan Riau berkembang dengan berdirinya Kesultanan Riau-Lingga. Kesultanan ini berasaskan Melayu Islam dan Islam sendiri dikenal setelah dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India, dan Arab.

Masa Kolonial sangat berpengaruh dalam sejarah Kepulauan Riau. Julukan Hawaii Van Lingga yang diberikan kepada pulau Penuba, penggunaan uang tersendiri bagi Kepulauan Riau, dan terbentuknya Karesidenan Riouw menjadi bukti pengaruh kuat para kolonial di Kepulauan Riau.

Setelah masa kemerdekaan, Kepulauan Riau bergabung dengan wilayah Kesultanan Siak di daratan Sumatra sehingga membentuk provinsi Riau. Dahulunya, Kepulauan Riau juga menggunakan mata uang tersendiri bernama Uang Kepulauan Riau (KR). Namun secara perlahan, penggunaan mata uang ini dihentikan dan digantikan dengan mata uang Rupiah.

Setelah lama bergabung dengan Riau, Kepulauan Riau akhirnya memutuskan untuk memisahkan diri dengan membentuk Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau (BP3KR). Perjuangan BP3KR akhirnya membuahkan hasil dengan pemekaran provinsi Kepulauan Riau dari Riau pada tanggal 24 September 2002.

Kepulauan Riau

Peta Atlas Provinsi Kepulauan Riau Lengkap
Peta Provinsi Kepulauan Riau
Bendera Kepulauan RiauLambang Kepulauan Riau
PulauSumatra
Ibu kotaTanjung Pinang
StatusProvinsi biasa
GubernurMuhammad Sani
Wakil gubernurMuhammad Soerya Respationo
Kode BPS21
Kode ISOID-KR
Kode kendaraanBP
Kode telepon0771-0779
Kode pos29111-29875
Luas wilayah8.084,01 km²
Jumlah penduduk1.274.848 jiwa
Kepadatan penduduk157.7 jiwa/km²
Pembagian administratif5 kabupaten dan 2 kota, 57 kecamatan, 340 desa/kelurahan
SemboyanBerpancang Amanah Bersauh Marwah; Bahasa Indonesia: memperjuangkan mandat, memegang teguh tradisi
FloraSirih (Piper betle)
FaunaIkan Kakap merah (Lutjanus sanguineus)
PDRB per kapita
Situs web resmiwww.kepriprov.go.id
Situs web BPSwww.kepri.bps.go.id

Pos terkait