Prayogo Pangestu

Diposting pada 140 views

Prayogo Pangestu adalah seorang pengusaha yang tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia. Ia lahir di Kebumen tahun 1944. Taipan Perkayuan terbesar di Indonesia adalah miliknya sebelum Krisis Ekonomi 1997.

Prayogo Pangestu mengawali bisnisnya di akhir 70-an di Djajanti Timber Group dan membentuk Barito Pacific. Namun, kini operasi pemotongan kayunya jauh lebih kecil dari sebelumnya, tetapi bukan berarti ia jatuh miskin, kekayaannya masih tertimbun di Tri Polyta Indonesia Tbk, produsen polypropylene terbesar di Indonesia. Kongsi dengan Kartini Muljadi.

Prayogo Pangestu
Lahir13 Mei 1944 (usia 76 tahun), Sungai Betung
Kekayaan bersih5,3 miliar USD (2020)
PasanganHerlina Tjandinegara
PendidikanCQUniversity Rockhampton North (2005)
AnakAgus Salim Pangestu, Baritono Pangestu, Nancy Pangestu
Organisasi yang didirikanBarito Pacific, Chandra Asri Petrochemical
  • Putra seorang pedagang karet, Prajogo Pangestu memulai bisnisnya di bidang perkayuan pada akhir tahun 1970-an.
  • Perusahaannya PT Barito Pacific Timber go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007.
  • Pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga berdagang di Bursa Efek Indonesia.
  • Pada tahun 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.
  • Chandra Asri Petrochemical bekerja sama dengan produsen ban Perancis Michelin pada tahun 2015 mengembangkan pabrik karet sintetis di Indonesia.