Honduras negara terluas kedua di Amerika Tengah

  • Whatsapp

Honduras – Lebih dari 400 tahun yang lalu para penakluk Spanyol menjelajah daratan dan lautan di Amerika yang tidak dikenal. Para penjelajah awal inilah yang menetap di sebagian besar wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta mengklaim penemuan itu untuk Spanyol. Di banyak tempat para pelaut menemukan perairan lepas pantai yang amat dalam dan berbahaya.

Orang Honduras mengatakan bahwa setelah terhindar dari topan di laut yang ganas dan berbahaya Christopher Columbus berseru, ”Terima kasih Tuhan, kami selamat dari laut yang dalam ini.” Mungkin dengan alasan inilah daerah yang baru ditemukan itu disebut Honduras yang artinya “dalam”.

Bacaan Lainnya

Honduras merupakan negara terluas kedua di Amerika Tengah dan terluas di Amerika Tengah. Tiga republik Amerika Tengah lainnya Guatemala di baratlaut, El Salvador di baratdaya, dan Nikaragua di tenggara terletak di perbatasan Honduras. Pantai utaranya membentang 560 km sepanjang Laut Karibia, sedangkan perairan Teluk Fonseca di Samudra Pasifik membasahi pantai baratdaya yang pendek.

Honduras merupakan lahan bergunung dengan gelombang perbukitan yang landai, lembah yang indah, danau yang berkilau, dan sungai yang berkelok-kelok. Hutannya kaya dengan kayu; tambangnya menghasilkan perak, emas, dan timah; dan sungainya penuh dengan berbagai jenis ikan. Namun, penduduk negeri yang kaya ini masih kekurangan makanan, pakaian, dan perumahan.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa arti Honduras dan di mana letaknya?

Honduras berarti dalam, negara ini terletak di Amerika Tengah.

Berapa luas Honduras?

Luas wilayah total 112.492 km²

Berapa harga hotel di Honduras?

Hotel bintang 3 dengan harga rata-rata Rp 1.298.942, hotel bintang 5 dengan harga rata-rata Rp 1.132.063

Berapa harga penerbangan ke Honduras?

Penerbangan berdurasi 37 h 55 min, mulai dari harga Rp 65.978.408

Apa yang perlu diketahui?

– Ibu kota: Tegucigalpa
– Luas: 112.492 km²
– Kode panggilan: +504
– Zona waktu: Waktu Standar Tengah (CST); (UTC-6)
– Mata uang: Lempira Honduras
– Presiden: Juan Orlando Hernández
– Benua: Amerika Utara

Waktu yang dibutuhkan: 2 menit.

Informasi penting negara Honduras

  1. Bendera

    Gambar bendera Honduras berwarna
    Bendera Honduras

  2. Lambang

    Gambar lambang negara Honduras berwarna
    Lambang Honduras

  3. Peta Honduras

    Gambar peta negara Honduras berwarna
    Peta wilayah Honduras

Kunjungi Honduras di google map

Penduduk Honduras

Petani yang disebut campesino, hidup di daerah pedesaan dan merupakan tiga perempat dari seluruh penduduk Honduras. Di sana-sini, di sepanjang lembah, para petani menanam jagung di ladang, disebut milpa, yang sempit dan terisolasi. Jajaran gunung dengan ketinggian antara 1500-3000 m memisahkan desa yang satu dengan desa yang lain.

Berbagai jalan setapak yang menuju ke rumah-rumah tetangga pada musim hujan digenangi air (antara bulan Mei sampai bulan November) dan pada musim kering tertutup oleh gumpalan debu dan kabut.

Meskipun Honduras adalah negeri yang sumber kekayaan alamnya berpotensi menjadikan negara itu terkaya di Amerika Tengah, petani Honduras masih sering menderita kelaparan. Metode pertanian abad ke-20 sangat lambat masuk ke negara ini dan petani masih bepergian dengan berjalan kaki atau naik kuda.

Sambil duduk di belakang gerobak sapinya yang berjalan terseok-seok di jalan berdebu, seorang petani menengadah ke atas dan menyaksikan kapal terbang jet terbang tinggi di atas mereka. Namun, ia tetap bertani di lahan sempitnya dengan menggunakan cangkul dan berbagai alat lain seperti nenek moyang mereka.

Disebabkan oleh penderitaan hidup selama berabad-abad, rakyat Honduras menjadi bersifat bersungguh-sungguh dan serius. Sebagian besar berbahasa Spanyol, beragama Katolik Roma, dan taat sekali pada adat-istiadat serta keluarga. Sebagai selingan atas kebiasaan hidup mereka yang terisolasi, campesino mengharapkan adanya keakraban dalam kesempatan hari pasaran dan perayaan keagamaan. Kesempatan-kesempatan seperti ini mereka pergunakan untuk melepaskan lelah dari kerja berat.

Sarana kesehatan, terutama di daerah lembah pegunungan sangat langka sehingga angka harapan hidup hanya 44 tahun. Namun, tingkat pertumbuhan penduduk melaju sedikit di atas 3% per tahun. Akan tetapi, Honduras masih jarang penduduknya, kepadatan rata-rata hanya 90 orang per mil persegi, berbeda mencolok dengan tetangganya El Salvador yang kepadatan rata-ratanya enam kali lebih tinggi.

Sembilan dari sepuluh orang Honduras adalah mestizo (campuran Indian dan Spanyol). Sisanya hampir semua Indian. Di sepanjang pantai Karibia terdapat sedikit orang Eropa dan sekelompok kecil orang kulit hitam. Ada sejumlah kecil orang Honduras yang berbahasa Inggris; mereka tinggal di Kepulauan Bay di Laut Karibia.

Tradisi dan Adat-Istiadat

Seribu tahun sebelum Columbus menemukan Kepulauan Bay, kebudayaan Maya tetap berkembang di Copan. Para seniman Maya mengukir emas, perak, dan batu giok, serta memahat patung binatang dan patung manusia. Para astronom Maya yang sekaligus pendeta telah memahami angka nol dan menciptakan sistem desimal serta penanggalan yang tepat. Reruntuhan piramide berjenjang serta istana terbenam mereka masih dapat disaksikan di Copan. Para ahli purbakala terutama mengagumi prasasti atau batu bertulis atau pilar-pilar tinggi yang diukir dengan lambang hiroglif serta tanggal.

Kenyataannya, kebudayaan Maya sirna secara aneh dari daerah ini. Pada saat penjelajah Spanyol menapakkan kakinya di daratan Amerika Tengah, sisa-sisa kebesaran kebudayaan Maya hanya tinggal sedikit. Di bawah pimpinan Lempira perkasa, orang Indian melakukan perlawanan keras untuk mempertahankan lahan mereka, tetapi sia-sia. Sampai sekarang orang Honduras masih ingat terhadap keberanian Lempira; dan namanya, yang merupakan lambang kebebasan dan keberanian, diabadikan dalam mata uang mereka.

Musik dan tari merupakan bagian tak terpisahkan dalam perayaan-perayaan bangsa Honduras. Alat musik kegemaran mereka adalah marimba, sangat populer terutama di daerah pedesaan, dan caramba, yang terdapat baik di kota maupun di desa. Salah satu tarian yang terkenal adalah sique, yang aslinya berasal dari tari Indian kuno. Sedangkan tarian yang paling disukai di daerah Costa Norte adalah mascaro yang menunjukkan adanya pengaruh kuat Afrika. Para penari sering mengecat badannya dan menggunakan topeng berwarna cerah.

Makanan di Honduras serupa dengan makanan di negara-negara Amerika Tengah yang lain. Jagung dan frijoles (kacang) merupakan makanan pokok, sedangkan yang paling disukai adalah nacatamales (kue besar dari jagung yang diisi dengan sayur-sayuran dan daging). Dua makanan daerah yang disukai orang Honduras adalah mondongo, berupa babat rebus, dan tapado, yang terbuat dari daging sapi, sayur-sayuran, dan bunga Yucca.

Agama

Bangsa Honduras adalah bangsa yang saleh. Ibadah, terutama di daerah pedesaan sering merupakan campuran antara upacara Katolik Roma dan Indian kuno. Di daerah yang paling terpencil, penduduk desa meminta petuah kepada pendeta dalam urusan-urusan penting seperti perkawinan atau perselisihan dengan tetangga, sebagian besar nenek moyang mereka berkonsultasi dengan dukun.

Hari-hari besar lokal umumnya dirayakan dalam bentuk pasar malam. Perayaan-perayaan seperti itu dimeriahkan dengan pawai yang meriah dalam pakaian yang gemerlapan. Pada minggu suci perayaan berlangsung di seluruh negeri. Perayaan yang paling meriah dilaksanakan di Tegucigalpa untuk menghormati San Benito berkulit hitam. orang suci pelindung juru masak.

Pendidikan dan Kesenian

Di Honduras pendidikan adalah wajib bagi anak usia 7-15 tahun dan bebas biaya, tetapi di banyak daerah tidak tersedia cukup sekolah sehingga tingkat buta huruf tetap tinggi. Satu-satunya universitas di negeri itu terdapat di Tegucigalpa yang didirikan pada tahun 1847 oleh Romo José Trinidad Reyes, dengan cabang-cabangnya di San Pedro Sula dan La Ceiba.

Sama seperti di kebanyakan negara di Amerika Tengah yang lain, universitas di Honduras menekankan pada fakultas hukum dan sastra. Sistem dua kelas tradisional, dengan sejumlah kecil kaum elit sebagai kelas atas dan kelas petani miskin yang besar, tercermin dalam sistem pendidikan negara itu. Hampir semua siswa yang masuk sekolah menengah pertama swasta dan universitas adalah anak-anak tuan tanah kaya.

Dalam bidang kesenian, orang Honduras tidak mewarisi pendahulunya, yaitu para seniman Maya. Namun, bangsa negeri ini mempunyai sumbangan penting dalam bidang sastra. Pada masa penjajahan, pemimpin politik José Cecilio de Valle, penyusun deklarasi kemerdekaan Amerika Tengah, merupakan seorang sarjana terkemuka dan penerbit surat kabar. Penyair modern yang terkenal adalah Juan Ramdn Molina. Di antara penulis abad ke20 yang paling berpengaruh adalah penyair sejarawan Rafael Heliodoro Valle, yang meninggal pada tahun 1959.

Geografi Honduras

Deretan pegunungan Amerika Tengah, yang menembus Honduras dari arah baratlaut ke tenggara, menjadikan wilayah ini suatu negara yang paling banyak pegunungannya di Amerika Tengah. Sekitar 80% wilayahnya adalah pegunungan; sisanya berupa daerah pantai dan lembah sungai. Banyak sungai: Aguan, Sico, Patuca, dan Ulua menembus daerah pegunungan menuju Laut Karibia.

Sungai Coco dan Poteca menjadi pembatas antara Honduras dan Nikaragua. Suatu lembah yang dalam menjulur ke selatan sepanjang 280 km dari Sungai Ulua ke suatu titik dekat teluk Fonseca.

Honduras meliputi wilayah seluas 112.088 km2 dan secara geografis dapat dibedakan menjadi beberapa daerah. Pantai Nyamuk (Mosquito Coast) di dekat perbatasan dengan Nikaragua merupakan daerah panas dan lembap yang tertutup hutan lebat. Nama itu diambil dari suku Indian Mosquito yang dahulu menempati daerah yang kini jarang penduduknya itu. Laguna Caratasca, suatu genangan air asin yang dihubungkan dengan laut melalui celah sempit, terletak di daerah ini.

Costa Norte merupakan daerah geografis kedua, meliputi dataran rendah yang subur di sepanjang pantai Karibia. Dataran ini menjorok ke pedalaman sejauh 120 km. Daratan ini merupakan lahan perkebunan pisang dan pusat bagi pelabuhan-pelabuhan Tela, La Ceiba, dan Puerto Cortés. Kota utamanya adalah San Pedro Sula.

Sebagian besar penduduk Honduras tinggal di daerah ketiga yang luas, yaitu tanah tinggi di bagian tengah. Di sini terdapat gunung yang paling tinggi di Honduras, yaitu gunung Sierra de Celaque, yang menjulang setinggi 2.865 m di atas paras laut. Di daerah ini juga terdapat danau air tawar yang paling luas, yaitu Danau Yojoa.

Dewasa ini puncak-puncak gunung berapi sedang tidak bekerja. Namun, selama ribuan tahun lava dari letusan-letusannya menimbuni tanah sehingga daerah itu menjadi lahan pertanian yang subur. Tegucigalpa, ibu kota Honduras yang sekarang, dan Comayagua, ibu kota lama, terletak di tanah tinggi yang sejuk itu. Sungai Ulua berkelok menembus gunung-gunung di daerah ini dan mengalir menuju muaranya di Laut Karibia.

Selebihnya merupakan daerah sempit di tanah rendah Pasifik merupakan daerah padang belukar dan padang rumput yang subur. Kota ternak Choluteca, yang merupakan daerah permukiman tertua, terletak di daerah ini.

Kota besar Honduras

Tegucigalpa

Pada akhir abad ke-16 para penjelajah Spanyol menemukan kota Tegucigalpa di tanah tinggi tengah di Honduras. Beberapa sejarawan menyatakan bahwa nama kota itu berasal dari bahasa Indian yang berarti ”bukit perak”, sejarawan lain percaya bahwa kota itu berarti ”tempat batu-batu runcing”. Keterangan mana pun yang benar, yang jelas kota modern Tegucigalpa terletak di tengah-tengah pertambangan perak negeri itu, yang dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi” dan terjal.

Tegucigalpa terletak di Sungai Choluteca pada ketinggian lebih dari 900 m. Tegucigalpa termasuk salah satu dari sedikit ibu kota negara di dunia yang tidak memiliki stasiun kereta api sehingga hanya dapat dicapai dengan pesawat terbang atau mobil. Bersama dengan kota saudaranya Comayaguela, di seberang sungai, Tegucigalpa dihuni oleh 450.000 penduduk Honduras.

Meskipun Tegucigalpa sedikit demi sedikit berubah menjadi pusat industri, kota itu masih banyak memiliki keindahan. Sebagian dari trotoarnya dipenuhi dengan mosaik berwarna-warni dan gedung-gedung beratap genting merah. Jika kita melayangkan pandangan dari gedung-gedung yang tinggi, akan tampak Taman Nasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di atas Gunung Picacho, dengan tamannya yang berisi tanaman dan bunga-bunga tropis yang sangat mengagumkan, di antaranya bunga anggrek Honduras. Tegucigalpa sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Di sini terdapat banyak museum, gereja, katedral, dan juga Istana Presiden dengan tamannya yang teratur rapi.

San Pedro Sula

Kota terbesar kedua di Honduras adalah San Pedro Sula yang berpenduduk lebih dari 300.000 orang. Kota yang terletak di pusat perkebunan pisang dan tebu itu merupakan pusat perdagangan di daerah Costa Norte. San Pedro Sula tumbuh cepat sebagai pusat industri ringan dan pabrik semennya adalah salah satu yang terbesar di Amerika Tengah.

San Pedro Sula didirikan oleh Spanyol pada abad ke-16. Dewasa ini San Pedro Sula merupakan kota modern dengan berbagai hotel, restoran, dan gedung bioskop. Kota yang dirancang dengan model khusus Spanyol berbentuk papan-dam ini mempunyai plaza yang indah, alun-alun kecil, dan jalan-jalan yang di kanan-kirinya ditumbuhi pohon palem. Patung pemimpin Indian, Lempira, berdiri tegak di salah satu jalan raya.

Ekonomi Honduras

Dari segi ekonomi, Honduras dapat dibagi menjadi dua daerah: tanah tinggi dan pantai Karibia. Mula-mula negara itu bergantung pada tambang perak di pegunungan dan sampai tahun 1915 perak merupakan ekspor utama. Honduras mempunyai sumber mineral paling banyak di Amerika Tengah. Timbel, seng, perak, emas, antimon, merkuri, dan besi semuanya terletak di perbatasan.

Secara historis, dataran berumput di pegunungan merupakan sumber penghasilan lain: hacienda, atau peternakan hewan. Untuk sementara waktu peternakan besar mundur, tetapi kini para pengusaha ternak mulai meningkatkan peternakan mereka. Pabrik pengalengan daging didirikan sehingga hasil peternakan menjadi produk ekspor penting. Tanaman ekspor paling penting yang tumbuh di tanah tinggi adalah kopi. Hanya 22% lahan Honduras yang diolah, termasuk beberapa pertanian gurem.

Hampir separuh negeri itu tertutup hutan. Pada suatu waktu, Honduras pernah terkenal dengan kayu mahoninya. Dewasa ini pinus merupakan hasil hutan yang paling laku. Kekayaan besar Honduras berupa kayu masih belum diusahakan, tetapi pengusahaan kayu secara besar-besaran sulit dilakukan karena jalan yang buruk.

Sebagian terbesar daerah pantai Karibia merupakan negara yang terpisah. Daerah ini merupakan daerah republik yang paling terindustrialisasi. Pada akhir abad ke-19 perkebunan pisang dimulai, dan pada tahun 1930-an perkebunan-perkebunan Honduras-banyak di antaranya dimiliki oleh perusahaan buah-buahan Amerika Serikat-merupakan pemasok pisang terbesar di dunia. Dewasa ini daerah pantai merupakan daerah yang sibuk dengan kota pasar, produksi ternak, pabrik pengolahan makanan, dan industri kecil.

Ekonomi masih sangat memerlukan modal dan kecakapan teknis. Sampai akhir-akhir ini tidak adanya pembangkit tenaga listrik merupakan penghalang pemanfaatan sumber-sumber alam, tetapi kini sebuah pembangkit listrik bertenaga air di dekat Danau Yojoa menyediakan listrik untuk kota-kota utama. Suatu cabang jalan raya yang bagus’kini menghubungkan Tegucigalpa dengan jalan raya Inter-Amerika yang menembus Honduras di dekat Teluk Fonseca.

Jalan-jalan aspal lain sedang dibangun tetapi masih sangat sedikit dan Honduras masih harus mempercayakan pada angkutan udara. Pada tahun 1970 Honduras keluar dari Pasaran Bersama Amerika Tengah. Pemerintah memusatkan segala upayanya pada waktu program yang diharapkan dapat mengembangkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup rakyatnya.

Sejarah dan Pemerintahan Honduras

Pada tahun 1502 dalam perjalanannya yang keempat menuju Dunia Baru, Columbus mendarat di pulau Guanaja, salah satu pulau dalam Kepulauan Bay di Laut Karibia, di lepas pantai Honduras. Ketika penjelajah Spanyol kemudian sampai di daratan utama, mereka menemukan peninggalan kebudayaan agung Maya yang telah membangun kota Copan yang menakjubkan.

Malahan mereka berhadapan dengan berbagai kelompok suku Indian, terutama suku Jicaques, yang berusaha mengusir mereka kembali dan berusaha mempertahankan tanah airnya. Dalam upaya terakhir yang nekad untuk mengusir orang Spanyol, pemimpin besar Indian, Lempira, mengerahkan sekitar 30.000 orang Indian penduduknya; tetapi kekuatan ini pun tidak mampu mengalahkan orang kulit putih.

Kemudian, diadakan pertemuan perdamaian, tetapi Lempira dikhianati dan dibunuh. Kabar tentang kematiannya menyebar dengan cepat, dan hilangnya pemimpin mereka menyebabkan kekuatan orang. Indian tercerai-berai.

Masa penjajahan

Selama masa penjajahan, Honduras merupakan bagian kekaptenjenderalan Guatemala. Pada tahun 1821, Honduras, bersama negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah lainnya, memproklamasikan kemerdekaannya. Dari tahun 1823 sampai 1838 Honduras menjadi anggota federasi yang dikenal dengan nama Persatuan Propinsi-Propinsi Amerika Tengah, salah satu presidennya adalah negarawan Francisco Morazan, pahlawan nasional Honduras.

Morazan berjuang untuk memperkuat federasi, tetapi persaingan lokal sangat ketat, maka impiannya tentang persekutuan yang bersatu dan selaras berakhir. Pemimpin besar, yang tak dapat melepaskan gagasan federasinya, itu akhirnya dibunuh oleh regu tembak di San Jose, Kosta Rika, pada tahun 1842.

Setelah federasi itu bubar, Honduras mengalami nasib seperti sebagian besar tetangganya. Pertikaian politik di dalam negeri merupakan hal yang umum; golongan liberal dan konservatif saling berebut kekuasaan. Golongan liberal, yang diilhami oleh gagasan pembaharuan sosial, didukung oleh Morazan dan presiden penerusnya, yaitu Marco Aurelio Soto, membenci golongan konservatif, yang kadang-kadang dipimpin oleh diktator militer dan berusaha mempertahankan kepentingan tuan tanah.

Perselisihan perbatasan sering terjadi. Pada tahun 1969 perselisihan itu mengakibatkan perang singkat antara Honduras dan tetangganya El Salvador (kadang-kadang disebut Perang Sepak Bola) dan hubungan diplomatik kedua negara itu baru pulih pada tahun 1980.

Sejak kemerdekaan beberapa konstitusi sudah diberlakukan dan kemudian dibuang. Militer sering mendiktekan siapa-siapa yang harus memimpin Honduras. Sejak tahun 1957-1982 negara itu hanya mempunyai dua orang presiden sipil, dan keduanya dipaksa turun dari kekuasaan oleh militer.

Namun, pada tahun 1980 dibentuklah badan konstituante yang bertugas menyusun konstitusi baru dan meratakan jalan bagi pemerintahan sipil. Pada tahun 1981, Roberto Suazo Cordova dipilih sebagai presiden. Ia digantikan oleh Jose Azcona Hoyo yang menjadi presiden pada tahun 1986.

Perusahaan bisnis Honduras

CompanyIndustrySectorNotes
    
AeroCaribe de HondurasConsumer servicesAirlinesAirline
AeroHondurasConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2005
Aerolíneas SosaConsumer servicesAirlinesAirline
Atlantic AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2009
EasySkyConsumer servicesAirlinesAirline
Empresa Nacional de Energía EléctricaUtilitiesConventional electricityState electrical utility
Gasolineras UnoGas stationsOilGas stations
HondutelTelecommunicationsFixed line telecommunicationsState telecom
InterAirportsIndustrialsTransportation servicesAirport administration
Isleña AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline
LacthosaConsumer goodsFood productsFood and beverage company
SAHSAConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 1994
TeguConsumer goodsToysToy company

Perusahaan Asuransi terbaik Honduras

  1. HSBC Seguros
  2. PAN AMERICAN LIFE INSURANCE COMPANY
  3. INTERAMERICANA DE SEGUROS, S.A.,
  4. AMERICAN HOME ASSURANCE COMPANY
  5. SEGUROS CONTINENTAL, S.A.
  6. SEGUROS ATLÁNTIDA, S.A.,
  7. SEGUROS CREFISA, S.A.,
  8. EQUIDAD COMPAÑÍA DE SEGUROS, S.A.
  9. SEGUROS DEL PAÍS, S.A.,
  10. MAPFRE SEGUROS HONDURAS
  11. SEGUROS CUSCATLÁN DE HONDURAS, S.A.
  12. SEGUROS LAFISE HONDURAS, S.A.

Universitas terbaik Honduras

  1. Escuela Agrícola Panamericana Zamorano
  2. Escuela Nacional de Ciencias Forestales
  3. Universidad Católica
  4. Universidad Católica Nuestra Señora Reina de La Paz
  5. Universidad Cristiana
  6. Universidad de San Pedro Sula
  7. Universidad Evangélica
  8. Universidad Jesús de Nazareth
  9. Universidad José Cecilio del Valle
  10. Universidad Metropolitana
  11. Universidad Nacional Autónoma
  12. Universidad Nacional de Agricultura
  13. Universidad Tecnológica Centroamericana (UNITEC)
  14. Universidad Tecnológica

JORGE FIDEL DURON, Universitas Honduras; Penulis. The Laws of Honduras
Editor: Sejarah Negara Com

Honduras negara terluas kedua di Amerika Tengah

Pos terkait