Anthony Salim

  • Whatsapp
Anthony Salim

Anthony Salim adalah seorang pengusaha Indonesia. Nama aslinya Liem Hong Sien, lahir 25 Oktober 1949; umur 70 tahun. Dia merupakan putra dari pengusaha Sudono Salim.

Anthony Salim termasuk 10 Tokoh Bisnis paling berpengaruh pada tahun 2005 oleh Warta Ekonomi. Predikatnya bukan tanpa sebab, ia berhasil membangun kembali Group Salim yang mengalami yang diakibatkan krisis ekonomi tahun 1998.

Bacaan Lainnya

Sebelum terjadi krisis moneter 1998, Salim Group mengalami masa keemasan yaitu sebelum terjadi krisis moneter. Majalah Forbes menobatkan pendiri Salim Group sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Tetapi apa dikata, ketika krisis moneter melanda, Salim Group banyak menanggung hutang hingga senilai 55 triliun rupiah. Sebagai pemegang kendali perusahaan, Anthony Salim harus melunasi hutangnya dengan cara menjual beberapa perusahaan yang dimilikinya, yaitu PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, dan PT Indomobil Sukses Internasional.

Namun begitu, Anthony Salim masih memiliki beberapa perusahaan besar yang tidak dijualnya, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (perusahaan mie instant) dan PT Bogasari Flour Mills (perusahaan tepung terigu terbesar di dunia).

Siapa Anthony Salim?

– Anthony Salim mengepalai Salim Group, sebuah perusahaan induk yang dijalankan keluarga dengan investasi di bidang makanan, perbankan, dan telekomunikasi.
– Salim adalah CEO Indofood senilai $ 5,1 miliar (penjualan 2018), salah satu pembuat mi instan terbesar di dunia.
– Keluarga Salims memiliki sekitar 41% perusahaan investasi First Pacific yang terdaftar di Hong Kong, yang memiliki aset $ 20,9 miliar di enam negara.
– Brother, Andree Halim, adalah wakil ketua QAF pembuat roti Singapura. Sister Mira mendirikan perusahaan dagang yang mendistribusikan produk Indofood di Cina
– Selama krisis keuangan Asia 1997-1998, keluarga Salim kehilangan kendali atas Bank Central Asia ke tangan Hartono, yang kini menjadi keluarga terkaya di negara itu.

Anthony SalimAnthony Salim
Nama asliLiem Hong Sien
Lahir15 Oktober 1949 (umur 70). Kudus, Indonesia
Tempat tinggalJakarta, Indonesia
KewarganegaraanIndonesia
AlmamaterNorth East Surrey College of Technology
PekerjaanPebisnis
Sumber kekayaanTerdiversifikasi, Self Made
Organisasi yang didirikanBisnis Indonesia Group
PasanganMargareth Salim
AnakAxton Salim, Alston Stephanus, Astrid Salim

Pos terkait