Belize negara terbelakang di Amerika Tengah

  • Whatsapp

Belize, yang sebelumnya merupakan daerah protektorat Inggris, pada tanggal 21 September 1981 menjadi republik merdeka. Sampai tahun 1973 daerah ini dikenal dengan nama Honduras Inggris yang terletak di pantai timur Amerika Tengah sampai sebelah timur Guatemala merupakan negara terbelakang dengan iklim subtropis, jumlah penduduknya sedikit dan wilayahnya pun sempit.

Meskipun kecil, Belize mempunyai bahasa, penduduk, dan kebudayaan yang bermacam-macam. Selama bertahun-tahun orang datang atau didatangkan ke Belize dari berbagai penjuru dunia. Yang lainnya merupakan keturunan penduduk asli. Semua telah memberikan sumbangannya kepada negara dan pada umumnya mereka hidup rukun satu dengan yang lain.

Bacaan Lainnya

Pada abad ke-16 dan ke-17, garis pantai Belize yang tak teratur, penuh dengan batu karang berbahaya merupakan tempat berlindung para bajak laut yang berlayar melintasi wilayah Spanyol. Mereka dapat menunggu sambil bersembunyi, menyelinap keluar dan menyerang kapal-kapal dagang, kemudian menyusup kembali menembus batu-batu karang yang tak tertera dalam peta untuk menghindarkan diri dari pengejaran.

Banyak orang berpendapat bahwa nama ”Belize” diambil dari nama bajak laut bernama Peter Wallace, yang menetap di daerah itu pada abad ke-17. Diperkirakan ,”Wallace” ditafsirkan oleh orang-orang Spanyol sebagai ”Walis” atau ”Balice”. Namun, permukiman tetap dan perluasannya tidak dibangun dari keuntungan kegiatan bajak laut. Justru, sumber alam negara itu-khususnya hutanlah yang menarik para pendatang menetap. Bahkan sampai sekarang industri sangat sedikit dan hasil alam masih merupakan landasan ekonomi negara.

Di mana letak negara Belize?

Di Amerika Utara, seperti tampak pada gambar di bawah ini:
Peta Letak Belize

Apa saja tempat wisata terpopuler di Belize?

Caye Caulker, Great Blue Hole, Karang Penghalang Belize, Xunantunich, Lamanai Archaelogical, Hol Chan Marine Reserve, ATM Cave Belize-Actun Tunichil, Caracol, The Belize Zoo

Berapa harga hotel di Belize?

Hotel bintang 3 dengan harga rata-rata Rp 1.429.899, hotel bintang 5 dengan harga rata-rata Rp 3.561.944

NegaraBelize
SemboyanSub Umbra Floreo (Latin: “Di Bawah Bayangan Teduh Aku Berkembang”)
BenderaLambang
Lagu KebangsaanLand of the Free
Lagu kerajaanGod Save the Queen
Ibu kotaBelmopan
Kota terbesarBelize City
PemerintahanMonarki konstitusional
KemerdekaanDari Britania Raya 21 September 1981
Luas22.965 km²
Zona waktuWaktu Standar Tengah (CST); (UTC-6)
Mata uangDolar Belize
BenuaAmerika Utara
Kode telepon+501
Kode ISO 3166BZ
Peta Wilayah Belize
Peta Wilayah Belize (Kredit gambar: geology.com)

Kunjungi Peta Belize atau di google map

Penduduk Belize

Sekitar sepertiga penduduk tinggal di Kota Belize, ibu kota lama, yang terletak di muara sungai dengan nama yang sama. Penduduk selebihnya tersebar di kota-kota kecil Belmopan, Benque Viejo, Corozal, Cayo, Orange Walk, Punta Gorda, dan Stan Creek serta di kota-kota yang lebih kecil yang bertebaran di sepanjang jalan atau pinggiran sungai.

Pada masa pra-Kolombia, wilayah Belize dihuni oleh suku Indian Maya. Sebagian besar orang Maya meninggalkan tempat itu sebelum tahun 1000 Masehi dengan alasan yang tidak dapat dimengerti secara jelas. Pada tahun-tahun terakhir ini sebagian dari keturunan mereka telah kembali, tetapi perkembangan jumlah penduduk terutama diakibatkan oleh imigrasi.

Orang Kreol

Bagian terbesar penduduk disebut bangsa Kreol. Mereka terutama merupakan keturunan budak yang dibawa dari Afrika untuk bekerja di hutan-hutan Belize. Sebagian terbesar dari mereka tinggal di bagian tengah negara itu, baik di Kota Belize maupun di sepanjang pinggiran sungai. Bahasa resminya adalah bahasa Inggris, tetapi diucapkan dengan logat Kreol yang serupa dengan bahasa Inggris dengan logat Hindia Barat.

Bahasa Kreol merupakan campuran dari bahasa Inggris dengan kata-kata yang diambil dari Afrika. Setelah bertahun-tahun bahasa itu berkembang dengan bentuk dan gayanya sendiri, tetapi tata bahasanya masih sangat bercorak bahasa Afrika. Para penutur bahasa Inggris lainnya sering mengalami kesukaran atau bahkan tidak mungkin memakainya.

Orang Kreol bersifat periang, ramah, dan murah hati. Betapapun sedikitnya makanan yang mereka miliki, mereka selalu menyuguhkannya kepada tamu dengan ramah. Makanan pokoknya adalah nasi ditambah dengan kacang merah dan pisang. Di daerah pedesaan tidak banyak daging, tetapi orang secara teratur selalu berburu kijang dan burung-burung besar. Ikan lebih umum dipergunakan sebagai lauk-pauk. Babi hutan dimasak sebagai hidangan istimewa.

Bagi orang Kreol, memasak merupakan tugas wanita, sedangkan menguliti kijang dan kura-kura merupakan pekerjaan lelaki. Wanita mencuci, membersihkan rumah, mengasuh anak, dan menjemur serta menumbuk padi. Anak-anak yang lebih tua, terutama anak perempuan diserahi mengurus pekerjaan rumah tangga dengan tugas utama mengasuh adik-adiknya.

Wanita bekerja di sawah kecuali pada waktu panen, saat seluruh keluarga ikut memotong padi dengan menggunakan pisau lipat. Jika terdapat keluarga yang menanam palawija di pekarangan rumah, istrilah yang bertugas menjual hasilnya ke pasar di kota. Padi ditanam terutama untuk keperluan sendiri, tetapi semua petani berharap mempunyai sisa lebih yang dapat mereka jual kepada badan pemasaran pemerintah. Sumber uang tunai yang lain ialah upah dari pertanian besar atau dari kerja sementara pada Departemen Pekerjaan umum.

Tradisi kerakyatan Kreol dalam dongeng dan lagu-lagu mulai hilang. Nyanyian kalipso yang dipinjam dari Hindia Barat telah digantikan oleh ”jump-up” (jingkrak-jingkrak) yang terkenal di rumah kayu pada masa itu. Namun, kadang-kadang seorang tua dapat dipaksa untuk bercerita bahwa pada masa lampau pernah ada kehidupan dengan tradisi yang kaya dengan kisah-kisah Anansi yang berasal dari suku Ashanti di Afrika Barat. Anansi, seekor laba-laba, adalah penipu. Anansi merupakan pahlawan dalam banyak kisah, tidak berbeda dengan kelinci dalam kisah-kisah Paman Remus.

Setelah cukup banyak mereguk minuman keras yang dibuat dari tebu, tukang cerita itu menjadi gembira, segembira ceritanya.

Orang Mestizo dan Indian

Di daerah sebelah barat dan timur terdapat banyak penduduk campuran Latin-Indian yang disebut mestizo. Bahasa utamanya adalah bahasa Spanyol. Mereka itu terkait baik langsung maupun tidak langsung dengan penanaman tebu dan ekspor gula.

Masyarakat Maya yang menggunakan bermacam-macam dialek Maya terdapat di bagian selatan, barat, dan utara wilayah itu. Sebagian besar orang Maya lebih suka tinggal di daerah pegunungan dan desa-desa terpencil, memegang teguh berbagai kebiasaan dan kepercayaan lama. Mereka berusaha dengan susah-payah untuk keluar dari kehidupan papa yang bergantung pada pertanian berpindah-pindah dengan jagung sebagai tanaman utama.

Di utara, orang Maya mulai banyak yang terlibat dalam penanaman tebu sebagai tanaman keras atau menjadi buruh pada perkebunan tebu yang lebih luas. Akibatnya, kebiasaan bertani dengan ladang berpindah-pindah ditinggalkan dan mereka mulai kehilangan kebebasan ekonomi yang lama.

Di daerah pantai sebelah selatan terdapat sekelompok kecil penduduk ”Karibia Berkulit Hitam” yang merupakan keturunan campuran dari pelarian budak dan orang Indian yang datang ke Belize dari Pulau Saint Vincent pada awal abad ke-19. Bahasa utama mereka adalah bahasa Karibia, suatu bahasa asli Indian yang telah bercampur dengan kata-kata yang berasal dari Eropa dan Afrika, tetapi mereka juga berbahasa Inggris. Pekerjaan utama mereka adalah bertani di ladang sempit dan menangkap ikan.

Sejumlah kecil penduduk Indian Timur dapat ditemukan di kota-kota kecil di sebelah selatan dan utara. Banyak dari mereka bekerja di perkebunan tebu. Para pedagang Cina dan Suriah tinggal di hampir semua kota kecil dan beberapa desa yang lebih besar. Sejak tahun 1950-an sekte agama Mennonit telah ada di Belize. Meskipun mereka lebih senang berada dalam masyarakat pertaniannya sendiri, orang Mennonit juga aktif di pasar-pasar lokal.

Pendidikan

Tingkat melek huruf di Belize tinggi, kurang-lebih 70-80%. Bersekolah diwajibkan bagi anak usia 6 sampai 14 tahun. Jumlah siswa yang memenuhi syarat untuk melanjutkan ke sekolah menengah pertama kurang dari 15% dan pada umumnya berumur antara 11 sampai 14 tahun. Tanggung jawab pendidikan dipikul bersama antara pemerintah dan gereja.

Pengawasan umum tetap berada di tangan pemerintah yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan dan Dewan Pendidikan Nasional. Namun, keputusan mengenai pengelolaan sekolah, keuangan, dan hal-hal yang menyangkut masalah intern sekolah tetap berada di tangan gereja.

Agama

Lebih dari 60% penduduk memeluk agama Katolik Roma. Hampir semua penduduk yang berbahasa Spanyol, termasuk orang Maya, beragama Katolik Roma. Orang Kreol menurut tradisi beragama Anglikan atau Metodis, tetapi para rohaniwan Jesuit telah berhasil membaptis banyak orang menjadi Katolik. Meskipun dalam jumlah yang lebih kecil, Gereja Nazarene telah berhasil mengakar di negeri itu.

Kekristenan di lingkungan orang Belize telah bercampur dengan banyak tata cara dan adat Afrika serta Indian yang dapat dilihat dalam bentuk upacara ibadah yang berbeda dengan upacara ibadah di negara-negara lain. Orang Maya, misalnya, meskipun mereka Katolik tetapi mematuhi upacara keagamaan yang berkaitan dengan upacara-upacara masa pra-Kolombia.

Orang Kreol, baik Katolik maupun Protestan, mempunyai banyak kepercayaan yang serupa dengan kepercayaan yang ada di Hindia Barat dan Afrika Barat. Hampir semua kepercayaan terhadap kemampuan gaib dari ”dukun ular”, atau kekuatan gaib pada katak, mempunyai latar belakang Hindia Barat. Shaman (pendeta berkekuatan gaib) di kalangan orang Karibia membuktikan adanya kaitan yang lebih erat dengan upacara keagamaan Afrika daripada warisan Kristiani.

Seni dan Kerajinan

Industri kerajinan sama sekali tidak berkembang. Beberapa kegiatan sulam-menyulam pernah dilakukan oleh orang Maya, tetapi seni ini tidak pernah berkembang. Para pengrajin dimasa lampau adalah pembuat perahu. Perahu itu dibuat dari kayu besar untuk memenuhi keperluan transportasi sungai yang, pada waktu itu, merupakan satu-satunya alat transportasi. Namun, dengan dibukanya jalan-jalan raya ke pedalaman, truk telah menggantikan perahu dan para pembuat perahu beralih ke pekerjaan lain.

Geografi Belize

Belize dengan wilayah seluas 22.965 km2 dibatasi oleh Laut Karibia di sebelah timur, Guatemala di sebelah selatan dan barat, serta Meksiko di sebelah utara dan timurlaut. Walaupun wilayahnya meliputi pulau-pulau kecil di lepas pantai yang disebut cay. Daerah sepanjang pantainya datar dan berawa-rawa, tetapi makin ke dalam makin tinggi.

Bagian selatan didominasi oleh Pegunungan Maya. Puncak Victoria yang terletak di Pegunungan Cockscomb mencapai ketinggian 1.122 m dan merupakan puncak tertinggi di negeri itu. Terdapat banyak sekali sungai, yang sebagian besar dangkal dan tidak panjang. Iklim subtropis yang diperdingin oleh angin pasat timurlaut, membentuk suhu antara 100-360 C. Setiap tahun terdapat kurang lebih 170 hari hujan.

Belize tidak mempunyai gunung berapi dan bebas dari ancaman gempa bumi. Bencana alam terbesar adalah topan yang biasanya muncul pada bulan Juli-Oktober. Pada masa lampau, topan tropis yang ganas ini telah menyebabkan kerusakan besar. Pada tahun 1961 kota Belize disapu topan ganas ini untuk kedua kalinya dan sejak itu dibuatlah rencana untuk membangun ibu kota yang jauh dari daerah topan. Pada tahun 1970 kota pedalaman baru Belmopan-yang namanya diambil dari nama suku Maya yang tidak pernah menyerah kepada Spanon menjadi ibu kota.

Ekonomi Belize

Satu-satunya kegiatan ekonomi penjajah di masa lampau ialah menguras kekayaan hutan. Pada abad ke-17, sejenis kayu yang sangat berharga di Eropa, karena dipakai membuat wenter, merupakan ekspor utama Belize. Kemudian chicle, suatu zat yang diambil dari pohon sapodilla dan merupakan bahan pembuat permen karet menjadi bahan ekspor penting. Namun, produk-produk sintetis yang lebih murah telah menyebabkan merosotnya nilai kedua jenis barang ekspor tadi, sedangkan depresi tahun 1930-an telah Iebih menghancurkan ekspor hasil hutan Belize.

Sejak berakhirnya Perang Dunia II, usaha-usaha melakukan diversifikasi dipusatkan pada reproduksi gula dan buah-buahan. Dewasa ini ekspor utama Belize adalah gula dan buah-buahan, terutama jeruk dan anggur, baik yang segar maupun yang sudah diolah. Yang juga penting di antara barang ekspor adalah produk hutan-kayu besi, kayu cedar, pinus, kayu mawar, dan juga kayu-kayu yang cocok untuk memproduksi bubur kayu untuk pembuatan kertas. Kayu mahoni Honduras sangat mahal harganya. Ikan dan ikan hias banyak sekali, tetapi yang terutama diekspor adalah udang besar.

Meskipun Belize memiliki tanah pertanian dan iklim yang sangat baik, negara itu tidak pernah berhasil memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Kecil sekali persentasi tanah yang diolah dan sebagian besar ditanami tanaman pokok seperti jagung, padi, dan kacang. Namun, pemerintah mempunyai program untuk meningkatkan metode pertanian dan mengupayakan agar lebih banyak tanah dapat diolah.

Sejarah dan pemerintahan Belize

Yang terlihat pertama oleh Columbus dalam pelayarannya yang keempat pada tahun 1502 adalah pantai Honduras. Permukiman dimulai pada tahun 1638 oleh sekelompok pelaut Inggris yang terdampar. Mereka mengetahui bahwa penebangan kayu sangat menguntungkan.

Sejak itu berkali-kali terjadi serangan oleh orang Spanyol yang tinggal di sekitarnya. Serangan itu mencapai puncaknya dalam pertempuran George Cay pada tahun 1798, Dalam pertempuran itu Inggris memperoleh kemenangan yang menentukan dan sejak itu para penetap tidak lagi diganggu. Kemenangan itu masih diperingati setiap tahun pada tanggal 10 September.

Pada tahun 1874, pecah perang Castes di sekitar Yucatan, Meksiko, dan ribuan orang Maya serta Mestizo mengungsi ke wilayah Belize untuk menghindari perang. Kecakapan bertani mereka membantu upaya diversifikasi ekonomi Belize.

Dengan adanya klaim dari Guatemala, gerakan ke arah kemerdekaan menjadi rumit. Guatemala menyatakan bahwa wilayah itu diambil secara tidak sah oleh Inggris sehingga, ketika Guatemala memperoleh kemerdekaan dari Spanyo| pada tahun 1821, semestinya Guatemala juga memenangkan hak Spanyol terhadap wilayah yang pada saat itu disebut Belice (ejaan Spanyol) itu.

Pada tahun 1859, sebagai ganti terhadap jalan yang akan dibangun oleh Inggris dari pantai sampai Kota Guatemala, Guatemala mengakui kekuasaan Inggris terhadap daerah yang disengketakan itu. Namun, karena jalan itu tidak pernah dibangun, maka kekuasaan Inggris itu tetap dipersoalkan.

Wilayah itu diperluas dan pada bulan Mei 1862 diumumkan secara resmi sebagai jajahan Inggris dengan nama Honduras Inggris, yang diperintah langsung dari Yamaica sampai tahun 1884, saat negeri ini menjadi koloni tersendiri. Sejak saat itu, berkali-kali terjadi perubahan konstitusi dalam rangka menuju pemerintahan yang lebih demokratis bagi koloni itu.

Situasi Politik

Belize mengalami berbagai pemberontakan umum yang sering muncul akibat buruknya keadaan ekonomi. Pada awal tahun 1950-an agitasi politik untuk berpemerintahan sendiri semakin meluas. Pada tahun 1954, Partai Persatuan Rakyat (People’s United PartyPUP) membangkitkan semangat anti kolonialisme. Meskipun muncul partai oposisi yang cukup kuat, yaitu Partai Kemerdekaan Nasional (National Independence Party-NIP), PUP menjadi semakin populer.

Perpecahan politik antara NIP dan PUP mencerminkan adanya perbedaan agama dan sosial di Belize. Sebagian besar pengikut NIP beragama Protestan dan berpihak kepada Inggris atau Hindia Barat, sedangkan PUP jelas-jelas anti-Inggris dan merupakan penganut Katolik yang kuat. Ketika berkuasa, PUP segera mendesak diberikan kemerdekaan dengan segera.

Pada tahun 1964 Konstitusi baru memberikan kewenangan kepada Belize untuk berpemerintahan sendiri secara hampir penuh. Pada tahun 1973 negeri itu resmi dinyatakan sebagai Koloni Belize, dan pada tahun 1981 Guatemala setuju untuk mengakui kemerdekaan Belize dengan beberapa konsesi, termasuk pembuatan jalan dan pipa melewati Belize ke Karibia. Meskipun Guatemala menarik kembali janji pengakuannya itu, kemerdekaan diproklamasikan juga pada bulan September 1981.

Permasalahan dan Masa Depan

Belize memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh negara-negara sedang berkembang lain. Belize tidak diancam oleh kelebihan penduduk atau kekurangan lahan pertanian. Belize kaya dengan tanah pertanian meskipun belum digarap. Rakyatnya tidak dicabik-cabik oleh pertentangan ras. Pantainya yang berpasir, dengan air yang aman untuk bermain perahu dan sangat baik untuk memancing, berkemungkinan besar untuk dikembangkan sebagai daerah wisata.

Kenyataannya, Belize mempunyai banyak kendala berupa langkanya jalan raya dan jalan kereta api sehingga wilayah itu sulit ditembus. Kebutuhan terhadap tenaga kerja bersifat musiman sehingga, di luar musim sibuk, muncul pengangguran terselubung. Belize mengatasi tantangan-tantangan ini dan menciptakan kegiatan yang dapat mengembangkan tingkat ekonominya sehingga dapat menyeimbangkan anggaran belanjanya dan memenuhi kebutuhan dalam negeri sendiri.

Perusahaan bisnis di Belize

PerusahaanIndustriSektorCatatan
AmandalaConsumer servicesPublishingNewspaper
Belize BankFinancialsBanksBank
Belize Electricity LimitedUtilitiesConventional electricityElectrical distributor
Belize Telemedia LimitedTelecommunicationsMobile telecommunicationsTelephone, cell
Central Bank of BelizeFinancialsBanksCentral bank
Great Belize ProductionsConsumer servicesBroadcasting & entertainmentProduction company
Great Belize TelevisionConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision network, part of Great Belize Productions
Krem RadioConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRadio
Krem TelevisionConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision
Love Belize TelevisionConsumer servicesBroadcasting & entertainmentTelevision
LOVE FMConsumer servicesBroadcasting & entertainmentRadio
Maya Island AirConsumer servicesAirlinesAirline
National Transportation Services LimitedConsumer servicesTravel & tourismPublic transportation
RSV Media CenterConsumer servicesBroadcasting & entertainmentBroadcasting
SmartnetTechnologyInternetWebsite holding
Speed NetTelecommunicationsMobile telecommunicationsCell, landline
Tropic AirConsumer servicesAirlinesAirline

Perusahaan Asuransi terbaik Belize

  1. Home Protector Insurance Co Ltd
  2. RF&G Life Insurance Company Ltd
  3. Belize Ship Handlers
  4. Sagicor
  5. Atlantic Insurance Company Limited
  6. RF&G Insurance Company Ltd
  7. Atlantic Insurance Company Limited(Agent)

Universitas terbaik di Belize

  1. Belize Adventist Junior College
  2. Belize Institute of Management
  3. Centro Escolar Mexico Junior College
  4. Corozal Junior College
  5. Galen University: programs at the undergraduate, graduate, and professional level in business, arts and sciences, and education
  6. John Paul II Junior College
  7. Independence Junior College
  8. Muffles Junior College
  9. Sacred Heart Junior College
  10. St. John’s College, Belize: programs at the junior college level in business, arts, social, sciences, and education
  11. San Pedro Junior College
  12. Stann Creek Ecumenical Junior College
  13. University of Belize: programs at the undergraduate, graduate, and professional level in business, arts and sciences, and education
  14. University of the West Indies: Open Campus’s activities in Belize, including public service, outreach activities, research and continuing education programming
  15. Wesley Junior College: programs at the junior college level in business and science
  16. Belize Adventist College: Vision is to prepare young people to be literate, informed, responsible and productive members of a global society who believe in service to others here on this earth while preparing for Christ’s soon return.
  17. Corozal Community College
  18. This list is incomplete; you can help by expanding it.

NORMAN ASHCRAFT, Universitas Adelphi
Editor: Sejarah Negara Com

Belize negara terbelakang di Amerika Tengah

Pos terkait