9 teknologi warisan Mesir Kuno yang jarang diketahui

  • Whatsapp

Sejarah Negara Com – Tahukah anda bahwa banyak hal yang kita gunakan saat ini merupakan warisan kebudayaan Mesir Kuno? Sebelum manusia mampu mengembangkan teknologi modern ternyata bangsa Mesir sebelumnya telah memulainya meskipun masih sederhana. Di bawah ini adalah daftar hasil budaya orang Mesir kuno yang sangat mengagumkan ini:

1. Bahasa Tertulis

Huruf Hieroglif

Pada zaman dahulu manusia gua kuno telah mendahului orang Mesir dengan gambar dan tulisan pada gua mereka. Bangsa Mesir kuno telah memiliki budaya pertama menggunakan simbol sebagai bentuk kata yang diwujudkan dalam tulisan. Hieroglif Mesir mengandung bahasa kompleks yang terus berkembang di sepanjang zaman Mesir kuno. Selain di goa, Hieroglif juga banyak ditemukan pada bagian dalam piramid.

Bacaan Lainnya

2. Hiasan Mata

eye liner

Apakah Anda penggemar eye-liner? Jika iya, Anda patut berterima kasih kepada orang Mesir kuno. Mereka menganggap kecantikan itu suci, karenanya mereka menemukan berbagai jenis make up termasuk eye liner. Alat tersebut terbuat dari cat mata grepond dan cat hitam kohl yang dilukiskan dengan kuas. Mereka juga menggunakan pacar air untuk mengecat kuku dan mewarnai rambut.

3. Bendungan

Bendungan Mesir Kuno

Salah satu prestasi arkeologi terbesar bangsa Mesir kuno adalah penemuan bendungan air. Sungai Nil yang tidak dapat diprediksi menyebabkan masalah seperti banjir bahkan kekeringan. Sebagai solusinya Raja Menes memerintahkan sistem irigasi pertama Mesir yang dibangun pada 3100 SM.

Hal ini memungkinkan air dari Sungai Nil dialihkan ke kanal dan danau, mengurangi kemungkinan bencana yang disebabkan oleh air. Fondasi teknologi ini masih digunakan di banyak sistem irigasi modern di seluruh dunia saat ini.

4. Kalender

Kalender Mesir Kuno

Kalender Mesir Kuno adalah kalender pertama yang diketahui paling menyerupai kalender modern. Itu adalah kalender matahari yang mencakup 365 hari. Setiap musim dibagi menjadi empat bulan yang terdiri dari 30 hari dan setiap bulan dibagi menjadi periode tiga minggu. Pada akhir periode tiga minggu ini, merupakan akhir pekan, tetapi ini hanya diperuntukkan bagi bangsawan dan anggota masyarakat kelas atas.

5. Bowling

Bowling Mesir Kuno

Bowling pertama kali ditemukan oleh bangsa Mesir kuno. Seperti yang kita lihat, bola bowling sangat mirip dengan yang kita gunakan saat ini. Satu-satunya yang membedakan dalam permainan ini adalah bahwa golnya bola mendarat di lubang daripada mengenai tenpins.

6. Kucing sebagai Hewan Peliharaan

Kucing Mesir Kuno

Kucing disembah oleh bangsa Mesir Kuno sebagai Dewa dan biasanya dipelihara sebagai hewan kesayangan. Ini adalah budaya pertama kucing dipelihara manusia, dan hingga saat ini menjadi hewan peliharaan paling populer di dunia.

7. Pasta gigi

Pasta gigi Mesir Kuno

Bangsa Mesir kuno menganggap bahwa penampilan merupakan hal penting, tidak mengherankan jika mereka juga menemukan pasta gigi. Sebuah teks Mesir kuno menggambarkan pasta yang bila dicampur dengan air liur akan membantu memutihkan gigi dengan sempurna.

8. Sepatu Hak Tinggi

Sepatu Hak Tinggi Mesir Kuno

Selain tata rias, orang Mesir kuno menyukai fashion. Sepatu hak tinggi biasanya dipakai oleh pria dan wanita. Patung dan temuan kuno menunjukkan bahwa sandal platform adalah unis*ks sedangkan wanita juga memiliki sepatu yang sangat mirip dengan sepatu hak tinggi stiletto modern.

9. Kertas

Kertas Mesir Kuno

Bangsa Mesir kuno adalah bangsa pertama yang menggunakan kertas. Mereka telah menghasilkan jenis kertas tebal yang terbuat dari papirus yang biasa mereka gunakan untuk menulis hieroglif. Penemuan ini berasal dari masa Dinasti Pertama dan dengan cepat diterima dan digunakan di seluruh dunia Barat kuno.

Sejarah terkait

Pos terkait