Harga ponsel Huawei naik di China ini penyebabnya

Tanjung News Vendor ponsel di Huaqiangbei, pasar elektronik terbesar di dunia yang terletak di selatan kota Shenzhen, mengatakan harga ponsel Huawei baru dan bekas terus meningkat selama sebulan terakhir, rata-rata sekitar 400 hingga 500 yuan.

Model desain Porsche dari andalan Huawei Mate 30 dijual seharga 14.000 yuan ($ 2.067), dari 10.000 yuan pada Januari, kata seorang vendor. Ponsel itu tersedia dengan harga yang sama di pasar online Taobao.

Konsumen semakin khawatir dengan pasokan komponen untuk handset baru, kata salah satu vendor.

Harga ponsel Huawei naik di China

“Harga ponsel Huawei semakin mahal, tetapi itu penawaran dan permintaan,” kata vendor yang menyebut namanya Xiao itu. “Jika orang menyukai merknya, mereka akan membayar lebih, dan siapa yang tahu seberapa bagus keripik yang mereka miliki di masa depan?”

Pemerintah AS tahun lalu bergerak untuk mencegah sebagian besar perusahaan AS melakukan bisnis dengan Huawei, dengan mengatakan bahwa pembuat peralatan telekomunikasi seluler dan smartphone terbesar di dunia pada akhirnya bertanggung jawab kepada pemerintah China. Huawei berulang kali membantah menjadi risiko keamanan nasional.

Bulan lalu, Amerika Serikat semakin memperketat pembatasan untuk mencekik aksesnya ke chip yang tersedia secara komersial, mendorong Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) 2330.TW untuk menghentikan pengiriman wafer ke Huawei.

Richard Yu, kepala eksekutif bisnis konsumen Huawei, kemudian mengatakan bahwa perusahaan akan berhenti membuat chip Kirin pada 15 September karena tindakan AS untuk menghentikan unit pembuat chipnya HiSilicon dari teknologi vital.

HiSilicon mengandalkan perangkat lunak dari perusahaan AS seperti Cadence Design Systems Inc CDNS.O atau Synopsys Inc SNPS.O untuk merancang chipnya, dan mengalihkan produksi ke TSMC, yang menggunakan peralatan buatan AS.

Pedagang grosir di pasar mengatakan mereka telah sibuk selama sebulan terakhir memenuhi permintaan tambahan untuk penjualan online, dengan harga ponsel kelas atas naik setiap beberapa jam. Mereka tidak yakin berapa banyak pasokan yang tersisa di distributor.

Huawei tidak mengungkapkan informasi inventaris. Seorang juru bicara mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan terus beroperasi sesuai permintaan.

Kemungkinan memiliki persediaan chip untuk bertahan hingga paruh pertama tahun depan, kata analis Will Wong dari konsultan IDC.

“Satu pilihan bagi mereka agar chip Kirin bertahan lebih lama adalah mengurangi pengiriman untuk sisa tahun ini,” kata Wong.

Minggu lalu, Huawei mengatakan berencana untuk memperkenalkan sistem operasi Harmony pada smartphone tahun depan, sebagian untuk mengatasi batasan AS pada aksesnya ke Googl.O Android Alphabet Inc.

Namun analis Mo Jia di Canalys mengatakan peluncuran Harmony hanya akan menjadi “inovasi simbolis” jika Huawei tidak lagi memiliki pasokan chip untuk membuat ponsel kelas atas.

Baca juga:

Pos terkait