Uzbekistan, #105 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung News Uzbekistan menempati urutan ke-105 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis versi Forbes. Negara terkurung daratan ganda di mana 51% populasinya tinggal di pemukiman perkotaan; Lembah Fergana yang kaya akan pertanian, tempat perbatasan timur berada, termasuk di antara bagian terpadat di Asia Tengah.

Sejak kemerdekaannya pada September 1991, pemerintah sebagian besar mempertahankan ekonomi komando bergaya Uni Soviet dengan subsidi dan kontrol ketat pada produksi, harga, dan akses ke mata uang asing. Meskipun upaya berkelanjutan untuk mendiversifikasi tanaman, pertanian sebagian besar tetap berpusat pada kapas; Uzbekistan adalah eksportir kapas terbesar kelima di dunia dan produsen terbesar ketujuh.

Bacaan Lainnya

Pertumbuhan Uzbekistan terutama didorong oleh investasi yang dipimpin negara, dan ekspor gas alam, emas, dan kapas memberikan bagian yang signifikan dari pendapatan valuta asing. Baru-baru ini, harga komoditas global yang lebih rendah dan perlambatan ekonomi di negara tetangga Rusia dan China telah merugikan perdagangan dan investasi Uzbekistan dan memperburuk kekurangan mata uang asingnya.

Menyadari kebutuhan untuk memperbaiki iklim investasi, pemerintah mengambil langkah-langkah bertahap untuk mereformasi sektor bisnis dan mengatasi hambatan investasi asing di negara ini.

Sejak wafatnya Presiden pertama Islam KARIMOV dan terpilihnya Presiden Shavkat MIRZIYOYEV, penekanan pada inisiatif tersebut dan upaya pemerintah untuk meningkatkan sektor swasta telah meningkat.

Di masa lalu, otoritas Uzbekistan menuduh Amerika Serikat dan perusahaan asing lainnya yang beroperasi di negara ini melanggar undang-undang yang berlaku dan telah membekukan serta menyita aset mereka.

Sebagai bagian dari upaya reformasi ekonominya, Pemerintah Uzbekistan ingin memperluas peluang bagi usaha kecil dan menengah dan memprioritaskan peningkatan investasi asing langsung.

Pada September 2017, pemerintah mendevaluasi kurs mata uang resmi hampir 50% dan mengumumkan pelonggaran pembatasan mata uang untuk menghilangkan pasar gelap mata uang, meningkatkan akses ke mata uang keras, dan meningkatkan investasi.

Uzbekistan Negara Terbaik Untuk Bisnis

Uzbekistan

GDP$ 49 miliar
PERTUMBUHAN GDP5.3%
GDP PER KAPITA$1,500
NERACA PERDAGANGAN / GDP3.5%
POPULASI30,0 juta
PENGANGGURAN5%
HUTANG PUBLIK / PDB24%
INFLASI12.5%
Per Desember 2018

Peringkat

KEBEBASAN PERDAGANGAN141
KEBEBASAN MONETER150
PITA MERAH12
INVESTOR PROTECTION63
KORUPSI144
KEBEBASAN PRIBADI156
BEBAN PAJAK58
Semua data ekonomi tahun 2017. Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Artikel terkait

Pos terkait