Uzbekistan adalah permata tersembunyi di Jalur Sutra Baru China

Sejarah Negara Com – Seperti telah kita bahas sebelumnya, bahwa Uzbekistan Negara Terbaik Untuk Bisnis. Selama ini mungkin negeri ini dipandang sebelah mata oleh dunia. Tetapi transformasi yang dipelopori oleh presiden baru Shavkat Mirziyoyev, dari sosialisme ke kapitalisme ternyata mampu menempatkan ekonomi negara ini $ 50 miliar pada layar radar investor.

Negara ini terkenal dengan kota kuno Samarkand dan Tashkent, yang merupakan bagian dari Jalur Sutra kuno. Kota-kota tersebut dihubungkan oleh rel berkecepatan tinggi sepanjang 344 kilometer, memainkan peran penting dalam perdagangan global di tengah meningkatnya perang perdagangan ChinaAS.

Uzbekistan sedang membangun pusat bisnis dan keuangan internasional senilai $ 1,7 miliar di Tashkent. Proyek tersebut meliputi kawasan industri, delapan pusat bisnis, pusat perbelanjaan, restoran dan pusat budaya, serta apartemen hunian di atas lahan seluas 70 hektar.

Di bawah kepemimpinan Mirziyoyev, yang mengambil alih kepemimpinan pada tahun 2016 setelah kematian mantan presiden Islam Karimov, Uzbekistan sekarang menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Hanya dalam dua tahun, Uzbekistan telah beralih dari ekonomi paria dan sosial ke ekonomi pasar bebas. Mirziyoyev meningkatkan nilai tukar, mengangkat kontrol modal dan memulai inisiatif privatisasi untuk menjual kepentingan pemerintah dalam bisnis non-strategis.

Menyusul reformasi semacam itu, kedatangan wisatawan lebih dari dua kali lipat pada 2018 dan investasi asing langsung meningkat empat kali lipat pada paruh pertama tahun 2019 dibandingkan dengan tahun lalu, data pemerintah menunjukkan.

Uzbekistan adalah permata tersembunyi di Jalur Sutra Baru China

Uzbekistan berada di bawah leverage dengan total rasio utang terhadap PDB 19,8%. Pada bulan Februari, Uzbekistan mengumpulkan $ 1 miliar dari penjualan obligasi internasional perdananya.

Harga dengan imbal hasil 5,375%, obligasi 10 tahun sekarang diperdagangkan pada $ 110 dan imbal hasil telah turun menjadi 4%. Uzbekistan diperingkat tiga tingkat di bawah investment grade di BB- di S&P Global Ratings dan Fitch Ratings, sama dengan Bolivia, Brazil dan Bangladesh.

Manajer dana global semakin menjadi lebih positif tentang peringkat kredit Uzbekistan di bawah peringkat investasi mengingat tingkat suku bunga negatif di banyak pasar maju, investor veteran Mark Mobius mengatakan. Uzbekistan juga menarik bagi investor karena negaranya kaya akan sumber daya alam seperti gas, emas dan logam lainnya, katanya. Ini juga salah satu pengekspor kapas terkemuka dunia.

Ada permintaan besar untuk modal di antara bisnis lokal Uzbekistan dan pasar modal domestik tidak dapat menyediakan kebutuhan pendanaan mereka. Peraturan sektor perbankan konservatif dan suku bunga pinjaman mata uang lokal yang tinggi (bank sentral menetapkan suku bunga refinancing acuan sebesar 16% per tahun) membuat perusahaan enggan meminjam secara lokal.

Ini memberikan peluang investasi besar yang belum dimanfaatkan bagi investor internasional yang siap bergulat dengan pasar perbatasan yang tumbuh cepat seperti Uzbekistan.

Sektor perbankan di Uzbekistan bisa menjadi peluang yang sangat signifikan bagi investor global. Secara historis, sebagian besar penduduk tidak memiliki rekening bank, dengan beberapa ahli memperkirakan hanya 5% penduduk yang memiliki rekening tabungan karena mayoritas masih mendapatkan gaji mereka dalam bentuk tunai. Ini akan segera berubah setelah pemerintah baru mengeluarkan undang-undang yang mewajibkan gaji dibayarkan melalui rekening bank.

Ekonomi negara itu tumbuh 6% pada 2018 dan IMF memperkirakan pertumbuhan lebih cepat sebanyak 8% dalam beberapa tahun mendatang. Masih banyak ruang untuk pertumbuhan di Uzbekistan mengingat 64% dari 33 juta negara itu masih muda, di bawah usia 35 tahun.

Ia juga memiliki PDB per kapita terendah $ 1.500 di Asia Tengah. Georgia, negara dengan seperlima populasi Uzbekistan dan tidak memiliki sumber daya, memiliki PDB per kapita $ 4.500, sementara Kazakhstan yang kaya minyak memiliki $ 9.000.

Ini juga merupakan batu loncatan ke kawasan Asia Tengah yang lebih luas karena berbatasan dengan Kazakhstan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan dan Afghanistan. Lokasi strategis negara itu menjadikannya penghubung utama dalam inisiatif sabuk dan jalan China.

Pemerintah Uzbek melakukan industrialisasi secara agresif. Ini telah membujuk produsen mobil Korea Selatan dan Cina untuk memproduksi kendaraan bertenaga listrik dan bertenaga konvensional secara lokal. Pada bulan Desember, Uzbekistan mendapatkan investasi $ 2,3 miliar dari China, Korea, Jepang dan Rusia untuk membangun fasilitas produksi sintetis di wilayah Kashkadarya di bagian tenggara negara itu.

Meskipun sering diabaikan dan kurang diteliti, saham Uzbekistan menawarkan peluang investasi bernilai tinggi dan pasar domestik yang cukup besar, kata Scott Osheroff, CIO dari AFC Uzbekistan Fund. Banyak perusahaan di Tashkent Stock Exchange memperdagangkan P/E kurang dari 5 kali dan menawarkan hasil dividen hingga 25%. Hanya masalah waktu sampai investor asing mengetahui apa yang sedang berlangsung di Uzbekistan, kata Osheroff.

Artikel terkait