Kalifornia akan melarang penjualan mobil bensin baru pada 2035

Tanjung News Kalifornia, pembeli kendaraan terbesar di Amerika Serikat, melarang penjualan mobil dan truk bertenaga bensin dan diesel baru di negara bagian itu pada tahun 2035 dengan perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Gubernur Gavin Newsom.

Ini adalah tindakan paling agresif yang pernah diambil oleh negara bagian atau bangsa AS mana pun untuk memerangi polusi karbon yang memicu suhu yang lebih tinggi dan kebakaran hutan di California dan masalah kualitas udara yang terus-menerus dari knalpot otomotif.

“Untuk mencapai ekonomi bebas karbon pada tahun 2045 kita tidak bisa sampai di sana tanpa transportasi,” kata Newsom dalam siaran web hari ini. “Kami menandai jalur baru dengan tujuan tegas bahwa pada tahun 2035 kami akan menghilangkan penjualan mesin pembakaran internal di negara bagian California.”

Sementara kendaraan baru berbahan bakar karbon tidak dapat dibeli setelah undang-undang berlaku, “Anda dapat menyimpan mobil Anda saat ini atau membeli mobil bekas,” katanya. “Kami tidak akan mengambil apa pun.”

Kalifornia akan melarang penjualan mobil bensin baru pada 2035
Gubernur California Gavin Newsom menandatangani perintah eksekutif yang melarang penjualan mobil bensin baru di negara pada tahun 2035. KANTOR GUBERNUR CALIFORNIA MELALUI YOUTUBE | Source: Forbes.com

Dengan populasi 40 juta, negara bagian membeli lebih dari 10% dari semua mobil dan truk baru yang dijual di AS setiap tahun dan merupakan pasar terbesar negara untuk kendaraan listrik, dengan sekitar 750.000 di jalan saat ini. California juga memiliki 34 perusahaan yang membuat atau berencana memproduksi kendaraan listrik, terutama Tesla yang berbasis di Palo Alto TSLA + 5%. Nilai gabungan dari perusahaan ini “setengah triliun dolar,” kata Newsom.

Transportasi menyumbang lebih dari setengah polusi karbon California, 80% dari polusi pembentuk kabut asap dan 95% emisi diesel berbahaya, kata kantor Newsom dalam sebuah pernyataan . Akibatnya, kota besar dan kecil di wilayah Los Angeles dan Lembah Tengah negara bagian secara konsisten memiliki kualitas udara terburuk di AS.

“Perpindahan California ke nol emisi ambisius, tapi tidak mengejutkan. Perubahan iklim menjadi prioritas utama bagi banyak orang California yang semakin terpengaruh oleh kebakaran hutan dahsyat yang tampaknya semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir, ”kata Jessica Caldwell, direktur eksekutif wawasan Edmunds.

“Transisi dari kendaraan bertenaga gas ini adalah perubahan besar yang tidak akan terjadi secara ajaib pada Hari Tahun Baru di tahun 2035. Untuk membantu mendorong minat konsumen, kemungkinan akan diperlukan insentif keuangan untuk membuat lebih banyak orang bersedia menggunakan listrik. ”

Seiring dengan aturan kendaraan penumpang, Dewan Sumber Daya Udara California akan menetapkan peraturan yang mewajibkan kendaraan tugas menengah dan berat menjadi nol emisi pada tahun 2045, menurut kantor Newsom. Truk Drayage, yang mengangkut kargo ke dan dari pelabuhan negara bagian, harus mencapai nol emisi pada tahun 2035.

Aturan lingkungan dan emisi California sebelumnya telah diperangi oleh pembuat mobil, perusahaan minyak, dan Administrasi Trump, dan tatanan baru Newsom tidak diragukan lagi akan menghadapi tantangan hukum.

Namun demikian, enam produsen mobil yang sebelumnya telah setuju untuk tetap berpegang pada aturan emisi otomotif California yang keras mendukung peralihan dari bensin. Mereka termasuk Ford, Volkswagen, Honda, BMW dan Volvo.

“Kami setuju dengan Gubernur Newsom bahwa sudah waktunya untuk mengambil tindakan segera untuk mengatasi perubahan iklim,” kata Ford dalam sebuah pernyataan. Newsom menandatangani pesanannya di kap mobil Ford Mustang Mach-E listrik pada hari Rabu. “Kemajuan membutuhkan kemitraan publik-swasta, infrastruktur cerdas, dan sumber daya utama yang mendorong konsumen untuk berinvestasi dalam produk berlistrik. Kami berharap dapat terus melakukan bagian kami untuk mendorong transformasi ini. ”

Secara terpisah, Newsom juga mengatakan bahwa perintahnya termasuk larangan fracking untuk produksi minyak dan gas di negara bagian tersebut.

Pengumuman itu datang pada hari yang sama ketika Volkswagen mengumumkan harga dan tanggal penjualan untuk hatchback ID.4 bertenaga baterai dan sehari setelah Elon Musk memuji rencana Tesla untuk baterai yang lebih murah yang menurutnya akan menghasilkan mobil listrik seharga $ 25.000 dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: