Timor-Leste, #111 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung News Timor-Leste menempati urutan ke-111 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis versi Forbes. Sejak kemerdekaan pada tahun 1999, negara ini telah menghadapi tantangan besar dalam membangun kembali infrastrukturnya, memperkuat administrasi sipil, dan menciptakan lapangan kerja bagi kaum muda yang memasuki dunia kerja.

Pengembangan sumber daya minyak dan gas lepas pantai telah menambah pendapatan pemerintah secara signifikan. Namun, industri padat teknologi ini tidak berbuat banyak untuk menciptakan lapangan kerja, sebagian karena tidak ada fasilitas produksi di Timor-Leste.

Bacaan Lainnya

Gas saat ini disalurkan ke Australia untuk diproses, tetapi Timor-Leste telah menyatakan minat dalam mengembangkan kemampuan pemrosesan dalam negeri. Pada bulan Juni 2005, Parlemen Nasional dengan suara bulat menyetujui pembentukan Dana Perminyakan Timor-Leste untuk berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua pendapatan minyak bumi dan untuk menjaga nilai kekayaan minyak bumi Timor-Leste untuk generasi mendatang.

Dana tersebut memiliki aset $ 16 miliar, pada pertengahan 2016. Minyak menyumbang lebih dari 90% pendapatan pemerintah, dan jatuhnya harga minyak pada tahun 2014-16 telah menimbulkan kekhawatiran tentang keberlanjutan belanja pemerintah dalam jangka panjang.

Timor-Leste mengkompensasi penurunan harga dengan mengekspor lebih banyak minyak. Kementerian Keuangan menyatakan bahwa Dana Perminyakan cukup untuk menopang operasi pemerintah di masa mendatang.

Pengeluaran anggaran pemerintah tahunan meningkat tajam antara tahun 2009 dan 2012 tetapi turun secara signifikan selama tahun 2016. Secara historis, pemerintah gagal membelanjakan sebanyak anggaran yang diperbolehkan.

Pemerintah telah memfokuskan sumber daya yang signifikan pada infrastruktur dasar, termasuk listrik dan jalan, tetapi pengalaman yang terbatas dalam pengadaan dan pembangunan infrastruktur telah menghambat proyek-proyek ini.

Tantangan kebijakan ekonomi yang mendasari yang dihadapi negara tetap bagaimana cara terbaik menggunakan kekayaan minyak dan gas untuk mengangkat ekonomi non-minyak ke jalur pertumbuhan yang lebih tinggi dan untuk mengurangi kemiskinan.

Timor-Leste Negara Terbaik Untuk Bisnis

Timor-Leste

GDP$ 3 miliar
PERTUMBUHAN GDP-4.6%
GDP PER KAPITA$2,300
NERACA PERDAGANGAN / GDP-10.2%
POPULASI1,3 jt
PENGANGGURAN4.4%
HUTANG PUBLIK / PDB4%
INFLASI0.6%
Per Desember 2018

Peringkat

KEBEBASAN PERDAGANGAN78
KEBEBASAN MONETER82
PITA MERAH64
INVESTOR PROTECTION96
KORUPSI81
KEBEBASAN PRIBADI56
BEBAN PAJAK118
Semua data ekonomi tahun 2017. Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Baca juga

Pos terkait