Kepercayaan Investor Asing terhadap Mata Uang Tiongkok menguat

  • Whatsapp

Tanjung News – Diluar dugaan, setelah pandemi Covid-19 Cina terus berkembang, Yuan mata uang negara itu, mendapatkan kepercayaan lebih dari investor asing. Yuan melampaui dolar karena mengakhiri kuartal yang kuat.

Yuan menutup kuartal terkuatnya terhadap dolar lebih dari satu dekade, didorong oleh optimisme atas prospek ekonomi Cina dan suku bunga negara yang relatif tinggi,” kata laporan Wall Street Journal.

Bacaan Lainnya

“Dari awal Juli hingga penutupan Jumat, yuan telah menguat 3,7% terhadap dolar. Itu menempatkan yuan di jalur kenaikan kuartalan terbesar sejak awal 2008, hal ini ditunjukkan dari data FactSet. Satu-satunya keuntungan kuartalan yang lebih besar dalam catatan adalah dari tahun 1970-an dan 1980-an, jauh sebelum Cina mulai mereformasi pasar mata uangnya pada tahun 1994. “

Salah satu penggerak utama yang memberi makan kekuatan yuan adalah kemampuan negara untuk menangkis efek pandemi sejauh ini.

“Ketahanan Cina, sebagai negara pertama yang menderita virus korona dan kemudian mampu mengendalikannya, telah membantu, kata Jason Brady, Presiden dan Kepala Eksekutif Manajemen Investasi Thornburg,” tambahnya.

Permainan menarik seluruh dunia yang melakukan perlindungan nilai terhadap fluktuasi mata uang terhadap dolar Amerika Serikat adalah Xtrackers MSCI All World ex US Hedged Equity ETF (DBAW). DBAW mencari hasil investasi yang secara umum sesuai dengan kinerja MSCI ACWI ex USA US Dollar Hedged Index.

DBAW menggunakan pendekatan investasi “pasif” atau pengindeksan, yang dirancang untuk melacak kinerja sekuritas ekuitas di pasar saham maju dan berkembang sambil mengurangi eksposur terhadap fluktuasi antara nilai USD dan mata uang negara-negara yang termasuk dalam indeks dasar. Ini akan menginvestasikan setidaknya 80% dari total asetnya dalam sekuritas komponen indeks yang mendasarinya.

“Apa yang kami lihat adalah ekonomi Cina kuat, yang merupakan bagian dari apa yang ada di balik renminbi yang kuat,” katanya, menggunakan nama lain untuk mata uang tersebut.

Kepercayaan Investor Asing terhadap Mata Uang Tiongkok menguat

Investor ETF yang ingin memanfaatkan dorongan yuan ini dapat melihat WisdomTree Chinese Yuan Strategy Fund (CYB). CYB berupaya untuk mencapai pengembalian total yang mencerminkan nilai pasar uang di Tiongkok yang tersedia untuk investor asing dan perubahan nilai yuan Tiongkok relatif terhadap dolar AS.

Dana tersebut biasanya menginvestasikan setidaknya 80% dari aset bersihnya, ditambah jumlah pinjaman untuk tujuan investasi, dalam investasi yang kinerja gabungannya secara ekonomi terkait dengan Cina. Ini adalah ETF yang dikelola secara aktif dan akan mempertahankan jatuh tempo portofolio rata-rata tertimbang selama 90 hari atau kurang sehubungan dengan sekuritas pasar uang dalam portofolionya.

Baca juga

Pos terkait