Paraguay, #115 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Tanjung News – Paraguay menempati urutan ke-115 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis versi Forbes. Paraguay yang terkurung daratan memiliki ekonomi pasar yang dibedakan oleh sektor informal yang besar, yang menampilkan ekspor ulang barang-barang konsumsi yang diimpor ke negara-negara tetangga, serta aktivitas ribuan usaha mikro dan pedagang kaki lima perkotaan.

Sebagian besar penduduk, terutama di daerah pedesaan, hidup dari kegiatan pertanian, seringkali dengan basis subsisten. Karena pentingnya sektor informal, langkah-langkah ekonomi yang akurat sulit diperoleh.

Secara per kapita, pendapatan riil tumbuh terus menerus selama lima tahun terakhir karena permintaan dunia yang kuat akan komoditas, dikombinasikan dengan harga tinggi dan cuaca yang mendukung, mendukung ekspansi ekspor berbasis komoditas Paraguay.

Paraguay adalah produsen kedelai terbesar kelima di dunia. Kekeringan melanda tahun 2008, mengurangi ekspor pertanian dan memperlambat ekonomi bahkan sebelum dimulainya resesi global. Ekonomi turun 3,8% pada 2009, karena permintaan dunia yang lebih rendah dan harga komoditas menyebabkan ekspor berkontraksi.

Kekeringan parah dan wabah penyakit kuku dan mulut pada tahun 2012 menyebabkan penurunan singkat pada ekspor daging sapi dan pertanian lainnya. Namun, sejak 2014, ekonomi Paraguay telah tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 4% karena produksi yang kuat dan harga global yang tinggi, pada saat negara-negara lain di kawasan itu mengalami kontraksi.

Pemerintah Paraguay menyadari perlunya mendiversifikasi ekonominya dan telah mengambil langkah-langkah dalam beberapa tahun terakhir untuk melakukannya.

Selain mencari pasar komoditas baru di Timur Tengah dan Eropa, pejabat Paraguay telah mempromosikan biaya tenaga kerja yang rendah di negara itu, energi murah dari Bendungan Hidroelektrik Itaipu yang besar, dan tarif pajak satu digit untuk perusahaan asing.

Akibatnya, jumlah pabrik yang beroperasi di negara itu – kebanyakan transplantasi dari Brasil – telah meningkat tiga kali lipat sejak 2014. Korupsi, terbatasnya kemajuan dalam reformasi struktural, dan kurangnya infrastruktur merupakan hambatan utama bagi pertumbuhan jangka panjang.

Korupsi peradilan mewabah dan dipandang sebagai penghalang terbesar untuk menarik lebih banyak investasi asing. Paraguay telah merugikan hutang publik sepanjang sejarahnya.

Paraguay Negara Terbaik Untuk Bisnis

Paraguay

GDP$ 39 miliar
PERTUMBUHAN GDP4.8%
GDP PER KAPITA$4,400
NERACA PERDAGANGAN / GDP-0.8%
POPULASI7,0 jt
PENGANGGURAN5.7%
HUTANG PUBLIK / PDB20%
INFLASI3.6%
Per Desember 2018

Peringkat

KEBEBASAN PERDAGANGAN95
KEBEBASAN MONETER118
HAK MILIK103
INOVASI111
TEKNOLOGI99
PITA MERAH131
INVESTOR PROTECTION123
KORUPSI123
KEBEBASAN PRIBADI66
BEBAN PAJAK106
Semua data ekonomi tahun 2017. Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Baca juga: