Pantai Gading, #117 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsPantai Gading menempati urutan ke-117 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis versi Forbes. Selama 5 tahun terakhir, tingkat pertumbuhan negara ini termasuk yang tertinggi di dunia.

Pantai Gading sangat bergantung pada pertanian dan kegiatan terkait, yang melibatkan sekitar dua pertiga populasi. Pantai Gading adalah penghasil dan pengekspor biji kakao terbesar di dunia dan penghasil dan pengekspor kopi dan minyak sawit yang signifikan.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, perekonomian menjadi sangat sensitif terhadap fluktuasi harga internasional untuk produk-produk ini dan kondisi iklim. Kakao, minyak, dan kopi adalah penerima pendapatan ekspor teratas, tetapi negara telah menargetkan pengolahan pertanian kakao, kacang mete, mangga, dan komoditas lainnya sebagai prioritas tinggi.

Menambang emas dan mengekspor listrik adalah industri yang berkembang di luar pertanian. Menyusul berakhirnya lebih dari satu dekade konflik sipil pada tahun 2011, Pantai Gading mengalami ledakan investasi asing dan pertumbuhan ekonomi.

Pada Juni 2012, IMF dan Bank Dunia mengumumkan keringanan utang sebesar $ 4,4 miliar untuk Pantai Gading di bawah Inisiatif Negara-negara Miskin Berutang Tinggi.

Pantai Gading Negara Terbaik Untuk Bisnis

Pantai Gading

GDP$ 40 miliar
PERTUMBUHAN GDP7.8%
GDP PER KAPITA$1,700
NERACA PERDAGANGAN / GDP-4.6%
POPULASI26,3 juta
PENGANGGURAN9.4%
HUTANG PUBLIK / PDB47%
INFLASI0.8%
Per Desember 2018

Peringkat

KEBEBASAN PERDAGANGAN104
KEBEBASAN MONETER113
INOVASI113
TEKNOLOGI104
PITA MERAH25
INVESTOR PROTECTION131
KORUPSI93
KEBEBASAN PRIBADI91
BEBAN PAJAK147
Semua data ekonomi tahun 2017. Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Baca juga:

Pos terkait