Benin, #118 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung News – Benin menempati urutan ke-118 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis versi Forbes. Ekonomi pasar bebas negara ini telah tumbuh secara berturut-turut selama empat tahun, meskipun pertumbuhan melambat pada tahun 2017, karena hubungan perdagangan yang erat dengan Nigeria membuat Benin berisiko terkena harga komoditas yang tidak stabil.

Kapas merupakan komoditas ekspor utama, dengan pendapatan ekspor dipengaruhi secara signifikan oleh harga kapas di pasar yang lebih luas. Ekonomi mulai mengalami deflasi pada tahun 2017, dengan indeks harga konsumen turun 0,8%.

Bacaan Lainnya

Selama dua tahun pertama pemerintahan Presiden TALON, yang dimulai pada April 2016, pemerintah telah mengikuti dengan ambisius rencana aksi untuk memulai pembangunan melalui investasi di bidang infrastruktur, pendidikan, pertanian, dan pemerintahan.

Pembangkit listrik, yang menghambat pertumbuhan ekonomi Benin, telah meningkat dan pemadaman listrik berkurang drastis. Investasi langsung asing swasta kecil, dan bantuan asing menyumbang sebagian besar investasi dalam proyek infrastruktur.

Benin telah meminta bantuan internasional untuk mengurangi pembajakan terhadap pengiriman komersial di wilayahnya dan telah menggunakan peralatan dari donor secara efektif untuk melawan pembajakan tersebut.

Pencurian telah turun secara signifikan di Pelabuhan Cotonou, meskipun pelabuhan tersebut masih berjuang dengan penerapan Kode Keamanan Fasilitas Pelabuhan dan Kapal Internasional (ISPS) yang efektif. Proyek yang termasuk di Benin S $ 307 juta Compact pertama Millennium Challenge Corporation (MCC) (2006-11) dirancang untuk meningkatkan investasi dan aktivitas sektor swasta dengan meningkatkan infrastruktur kelembagaan dan fisik utama.

Keempat proyek tersebut berfokus pada akses tanah, akses ke layanan keuangan, akses keadilan, dan akses ke pasar (termasuk modernisasi pelabuhan). Pelabuhan Cotonou adalah kontributor utama perekonomian Benin’s, dengan pendapatan yang diproyeksikan mencapai lebih dari 40% dari anggaran nasional Benin.

Benin memerlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan infrastruktur, memberantas korupsi, dan memperluas akses ke pasar luar negeri untuk mencapai potensinya.

Pada bulan September 2015, Benin menandatangani Perjanjian MCC kedua senilai $ 375 juta yang mulai berlaku pada Juni 2017 dan dirancang untuk memperkuat penyedia layanan utilitas nasional, menarik investasi sektor swasta, mendanai investasi infrastruktur dalam pembangkitan dan distribusi listrik, dan mengembangkan elektrifikasi off-grid untuk rumah tangga miskin dan tidak terlayani.

Sebagai bagian dari rencana aksi Pemerintah Benin untuk memacu pertumbuhan, Benin mengeluarkan undang-undang kemitraan publik swasta pada tahun 2017 untuk menarik lebih banyak investasi asing, lebih menekankan pada pariwisata, memfasilitasi pengembangan sistem pemrosesan makanan dan produk pertanian baru, mendorong informasi dan komunikasi baru. teknologi, dan mendirikan Produsen Listrik Independen.

Pada bulan April 2017, IMF menyetujui perjanjian Fasilitas Kredit Diperpanjang selama tiga tahun senilai $ 150,4 juta untuk menjaga keberlanjutan utang dan meningkatkan kepercayaan donor.

Benin Negara Terbaik Untuk Bisnis

Benin

GDP$ 9 miliar
PERTUMBUHAN GDP5.6%
GDP PER KAPITA$800
NERACA PERDAGANGAN / GDP-11.1%
POPULASI11,3 juta
PENGANGGURAN1%
HUTANG PUBLIK / PDB55%
INFLASI0.1%
Per Desember 2018

Peringkat

KEBEBASAN PERDAGANGAN155
KEBEBASAN MONETER29
HAK MILIK104
INOVASI125
TEKNOLOGI133
PITA MERAH57
INVESTOR PROTECTION131
KORUPSI77
KEBEBASAN PRIBADI41
BEBAN PAJAK148
Semua data ekonomi tahun 2017. Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Baca juga:

Pos terkait