Kelebihan dan kekurangan Obligasi yang patut dipertimbangkan

  • Whatsapp

Kelebihan dan kekurangan Obligasi – Obligasi adalah permainan yang lebih aman daripada saham, tetapi umumnya hasil lebih baik, menjadikannya taruhan yang kuat untuk investor yang menghindari resiko. Meskipun demikian, Obligasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan saham

Bacaan Lainnya

Kelebihan Obligasi

Obligasi adalah sarana investasi yang bagus. Beberapa keuntungan yang akan anda nikmati saat berinvestasi di obligasi antara lain sebagai berikut:

1. Perlindungan dari kerugian

Obligasi adalah investasi yang lebih aman daripada saham. Itu karena nilai saham bergantung pada opini investor. Jika pendapat umum di antara investor bahwa saham akan jatuh, pendapat itu menjadi ramalan yang terwujud dengan sendirinya ketika investor menjual saham.

Obligasi hampir tidak mudah berubah. Karena obligasi adalah hutang, mereka tunduk pada persyaratan yang ketat dan dapat diprediksi, yang selanjutnya melindungi investor dari kerugian.

2. Pengembalian diketahui

Karena obligasi memiliki tingkat kupon dan tanggal kadaluwarsa yang telah ditentukan, investor yang membeli obligasi memiliki keuntungan untuk mengetahui potensi pengembalian obligasi sebelumnya, daripada tunduk pada ketidakpastian pasar saham.

Suku bunga obligasi ditentukan sejak awal, dan ketika obligasi jatuh tempo, Anda tahu Anda akan menerima kembali 100% dari investasi awal Anda.

3. Dibayar sebelum pemegang saham

Beberapa perusahaan terbesar menghadapi kebangkrutan dari waktu ke waktu. Beberapa bahkan didorong keluar dari bisnis. Dalam kasus ini, para pemegang saham dari perusahaan-perusahaan ini mengalami kerugian yang sangat besar, seringkali kehilangan seluruh investasi pokok mereka.

Meskipun selalu ada peluang kehilangan uang dalam investasi apa pun, peluang itu jauh lebih rendah dengan obligasi, karena perusahaan yang menuju kebangkrutan atau penutupan membayar investor obligasi kembali sebelum pemegang saham.

4. Menjaga modal sambil menghasilkan pengembalian

Obligasi membayar tingkat kupon yang memberikan aliran pendapatan pasif yang dapat diprediksi . Tingkat yang Anda peroleh dari obligasi umumnya lebih baik daripada yang Anda terima dari bunga di rekening tabungan.

Pada saat yang sama, jika pemegang obligasi hingga jatuh tempo, Anda dibayar kembali seluruh pokok investasi, memberi Anda cara untuk menjaga modal sekaligus mengatasi kerugian terkait inflasi.

Kelebihan dan kekurangan Obligasi

Kekurangan Obligasi

Saham tidak sendiri. Investor di obligasi memiliki bagian kontra mereka sendiri untuk dipertimbangkan sebelum terjun.

1. Pengembalian lebih kecil

Tujuan utama investor adalah membuat uang bekerja untuk mereka. Pada akhirnya, Anda ingin memastikan uang investasi menghasilkan sebanyak mungkin dengan cara yang paling aman.

Sementara meskipun obligasi bagus di sisi keamanan, namun mereka lemah di sisi pengembalian. Dengan tingkat pengembalian obligasi mulai dari 5% hingga 6% secara historis, dan biasanya lebih rendah di lingkungan suku bunga rendah saat ini, portofolio investasi saham yang terdiversifikasi dan diteliti dengan baik memiliki potensi untuk hampir menggandakan pengembalian Anda.

2. Risiko likuiditas

Salah satu keuntungan berinvestasi di saham adalah bahwa saham sangat mudah dijual ketika Anda memutuskan sudah waktunya untuk keluar dari investasi. Obligasi tidak demikian mudah.

Jika Anda perlu mengakses dana, atau jika Anda memutuskan sebuah perusahaan mungkin bangkrut dan inilah saatnya untuk mendapatkan uang Anda kembali.

Anda mungkin akan kesulitan menjual obligasi kepada investor lain. Jika Anda tidak dapat menemukan pembeli, maka tak ada jalan lain kecuali terpaksa menunggu hingga tanggal jatuh tempo obligasi untuk mendapatkan uang Anda kembali.

3. Investasi yang dibutuhkan lebih besar

Dalam kebanyakan kasus, obligasi dijual dalam denominasi $ 1.000. Itu berarti jika Anda ingin berinvestasi di sebagian besar peluang obligasi, Anda harus bersedia mengeluarkan setidaknya $ 1.000 untuk melakukannya.

Di sisi lain, harga saham dapat berkisar dari sen hingga ribuan dolar, membuatnya lebih mudah diakses oleh investor pemula dengan modal lebih sedikit.

Baca juga: Pilih Saham atau Obligasi, mana yang lebih menguntungkan?

Kelebihan dan kekurangan Obligasi yang patut dipertimbangkan

Pos terkait