Sejarah Internet Dunia diawali tahun 1969

Sejarah internet telah berlangsung lebih dari empat dekade dan terus menunjukkan perkembangan tiada batas. Diawali dengan proyek ARPA-ARPANET (Advance Research Project Agency Network) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

Proyek ini merupakan sebuah riset untuk menemukan bagaimana cara berkomunikasi tanpa batasan geografis melalui jaringan telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis UNIX.

Bacaan Lainnya

Sebetulnya, tujuan asli dari proyek yang disebutkan di atas adalah untuk menyelamatkan pusat data jika terjadi kehancuran akibat perang nuklir. Sebuah pekerjaan besar Amerika Serikat yang sarat akan kepentingan militer, yang pada saat itu sedang perang dingin melawan Rusia dengan berlomba-lomba menunjukkan siapa yang lebih adidaya.

Sejarah internet yang panjang bermula empat tahun sebelumnya, saat seorang peneliti bernama J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset Institut of Technology) mempunyai visi untuk menciptakan sebuah jaringan komputer gobal yang setiap orang dapat mengakses progam maupun data dari manasaja dan kapansaja. Buah pikiran Licklider tertuang dalam sebuah memo pada bulan Agustus 1962 dengan “Galactic Network” sebagai nama rancangan awal.

Licklider sendiri adalah pimpinan pertama riset program komputer dari DARPA 4, sebuah gabungan dari pecahan ARPANET, “MILNET” untuk kepentingan militer dan “ARPANET” baru untuk kepentingan akademis. ARPANET ini bermula dari keinginan universitas-universitas untuk bergabung dalam jaringan komputer yang telah berkembang pesat ini.

Dari yang awalnya hanya menghubungkan empat situs milik Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, pada tahun 1971 telah bertambah hingga 23 node komputer yang terdiri dari jaringan milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas. Sejarah internet terus melaju dengan kencang.

Dicetuskannya Vint Cerf sebagai Bapak Internet pada tahun 1972, ARPANET menyebrang ke benua Eropa pada tahun 1973, protokol standar TCP (Transmission Control Protocol) dipecah menjadi TCP dan IP (Internet Protocol), menjamurnya komputer pribadi (PC) pada awal 1980an yang menimbulkan munculnya berbagai layanan internet seperti surat elektronik (email), terciptanya aplikasi browser yang merupakan tonggak paling penting di dalam sejarah internet, munculnya istilah surfing internet pada tahun 1992, hingga berdirinya Yahoo! dan Google menorehkan berbagai keajaiban pada peradaban manusia. Berbagai penemuan dan perkembangan teknologi canggih dewasa ini tidak lepas dari peran panjang sejarah internet.

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah internet di Indonesia dimulai dari masa pra-teknologi informasi yang ditandai munculnya radio tahun 1923. Lalu pada tahun 1970 terdapat komunitas komputer Indonesia walau minim anggota. Indonesia yang termasuk negara dunia ke 3, yang berimbas pada terlambatnya perkembangan teknologi akibat tingginya angka kemiskinan dan tuna aksara menyumbang cerita tersendiri bagi sejarah internet yang panjang di Indonesia.

Istilah internet sendiri baru populer pada akhir tahun 1990an. Sebelumnya, hanya kalangan terbatas yang sanggup membiayai dapat memanfaatkan fasiitas internet. Berbeda dengan sejarah perkembangan internet dunia yang didasari kepentingan militer, sejarah internet di Indonesia berjalan didasari kepentingan pribadi untuk menyalurkan atau berbagi hobi.

Lahirnya akademisi berpendidikan tinggi turut memberi nafas pada kehidupan internet si Indonesia. Hingga pada tahun 1995 muncul warnet (warung internet) pertama di Bogor. Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya warnet memberi kontribusi besar pada sejarah dan perkembangan internet di Indonesia.

Tidak hanya orang perusahaan dan berpendidikan tinggi saja yang bisa memanfaatkan internet. Namun orang awam mulai banyak yang menggunakan internet untuk berkomunikasi. Internet di Indonesia belum berumur panjang.

Pelan tapi pasti, internet menjadi kebutuhan pokok manusia. Komputer pribadi tidak cocok lagi disebut sebagai barang mewah. Jaringan internet juga tidak sulit lagi ditemukan. Kita nantikan saja bagaimana teknologi ini akan semakin berkembang karena sepertinya sejarah internet masih akan terus berlanjut.

Baca juga sejarah internet lainnya di bawah ini: 

Demikian Sejarah Internet Dunia yang di diawali tahun 1969, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Pos terkait