Investasi uang: cara bijak dan benar

Cara investasi uang dengan bijak – Mungkin anda pernah tetangga atau teman dekat menderita kebangkrutan karena salah menginvestasikan uangnya. Hanya dari itulah terkadang manusia menyimpulkan bahwa investasi itu buruk sebelum anda bertanya kepada orang-orang sukses berinvestasi di luar sana.

Pada awalnya investasi uang mungkin tampak menakutkan, hal seperti ini memang masuk akal, misalnya Anda memulai menginvestasikan sebagian uang anda ketika pasar sedang mengalami kehancuran. Namun, jika Anda melakukan penelitian dan uji tuntas, Anda harus berada di jalur yang benar menuju masa depan keuangan yang sehat dan kuat.

Apakah Anda ingin belajar cara investasi uang tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Jika ya, panduan di bawah ini mungkin bermanfaat bagi pemula sekaligus membantu Anda mengembangkan uang hasil jerih payah Anda, meskipun ketika pasar sedang sulit.

Cara investasi uang dengan bijak

Apa itu investasi uang?

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas secara jelas mengenai Apa itu investasi uang. Investasi adalah aset atau barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau apresiasi. Apresiasi mengacu pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu.

Selengkapnya silahkan baca: Pengertian Investasi dan jenisnya

Bagaimana Anda ingin berinvestasi uang?

Sebelum mulai berinvestasi, Anda perlu mengetahui bagaimana Anda ingin berinvestasi. Apakah harus menyewa manajer atau turun tangan sendiri untuk meraih cita-cita anda dengan gagah. Biasanya ada tiga jenis gaya investasi

1. DIY Investing

Investasi DIY atau “Lakukan-Sendiri” adalah pendekatan yang lebih praktis. Ini mengharuskan Anda untuk melakukan semua penelitian sendiri. Anda juga harus memantau stok secara teratur, yang bisa memakan waktu. Di sisi lain, ini berarti Anda memiliki kendali penuh atas apa yang ada dalam portofolio.

Jika Anda lebih suka berinvestasi sendiri, cari broker saham dan buka akun broker. E * TRADE adalah broker saham yang banyak rekomendasikan, karena menawarkan biaya rendah dan layanan terbaik.

Setelah memiliki akun terbuka, Anda dapat mulai membeli dan menjual saham individu Anda sendiri. Anda juga dapat berinvestasi dalam reksa dana indeks, yang melacak indeks saham seperti S&P 500.

2. Passive Investing (Investasi Pasif)

Pendekatan investasi “set-it-and-forget-it” ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak memiliki waktu atau melakukan semua pekerjaan ini sendiri. Ada banyak pilihan di luar sana jika Anda ingin mempekerjakan seseorang untuk berinvestasi. Anda dapat berinvestasi dalam reksa dana atau berinvestasi dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) melalui penasihat robo.

Jika Anda lebih suka tidak terlalu terlibat dalam proses investasi, penasihat robo adalah pilihan. Platform ini melakukan semua pekerjaan untuk Anda, setelah Anda menjawab beberapa pertanyaan tentang tujuan investasi dan seberapa besar risiko yang ingin Anda ambil.

Perbaikan adalah platform investasi-robo terbesar di industri, dan ini adalah titik awal yang baik untuk investor pemula dan platform yang berguna untuk investor yang lebih berpengalaman.

Namun, mungkin ada batasan dalam investasi Anda. Anda juga dapat menggunakan layanan seperti Paladin Registry untuk menemukan penasihat investasi fidusia yang akan bertindak demi kepentingan terbaik Anda.

3. Mendapatkan Penasihat Saham

Gaya ketiga adalah persilangan antara DIY dan investasi pasif. Mempekerjakan penasihat saham atau mendaftar untuk layanan pengambilan saham dapat menjadi cara untuk memilih dan memilih saham Anda sendiri sambil mendapatkan wawasan dari seorang ahli. Anda masih harus memiliki akun broker, tetapi dapat menyerahkan penelitian yang memakan waktu kepada orang lain.

Pilih kelas Aset dengan Toleransi Risiko investasi uang anda

Setelah menyiapkan akun, baik dengan broker atau penasihat robo, Anda dapat mulai berinvestasi! Ini bisa menjadi bagian yang menakutkan. Ada banyak pilihan investasi, tergantung pada toleransi risiko, atau seberapa bersedia Anda kehilangan uang dengan imbalan keuntungan yang lebih tinggi.

Umumnya, semakin berisiko suatu investasi, semakin tinggi pengembaliannya. Meskipun mungkin tergoda untuk berinvestasi di saham berisiko, hal terbaik adalah berinvestasi di berbagai kelas aset yang berbeda.

Sebuah “kelas aset” adalah sekelompok jenis investasi yang serupa. Anda dapat berinvestasi dalam satu atau banyak kelas aset. Campuran kelas aset, atau diversifikasi, memberi Anda portofolio lengkap yang dapat mengatasi naik turunnya pasar saham.

Contoh portofolio yang terdiversifikasi adalah berinvestasi dalam reksa dana, memiliki berbagai saham individu di sejumlah sektor (seperti perawatan kesehatan, transportasi, dan ritel) dan juga memiliki dan menyewakan beberapa properti real estat.

Berikut adalah kelas aset dasar untuk investor berdasarkan seberapa berisiko mereka:

1. Kas

Uang tunai dianggap sebagai investasi paling aman karena nilainya yang biasa stabil, bahkan jika memperhitungkan inflasi. Untuk cara mudah menambah cadangan uang tunai Anda, berinvestasilah di rekening tabungan dengan pembayaran bunga seperti Betterment Cash Reserve.

2. Obligasi

Obligasi juga dikenal sebagai hutang atau pendapatan tetap. Ini adalah saat Anda meminjamkan uang kepada pemerintah atau lembaga dan dibayar bunga sebagai imbalannya. Contohnya termasuk obligasi bersama dan sertifikat deposito. Baca: Kelebihan dan kekurangan Obligasi

3. Real Estat

Ini adalah saat Anda memiliki properti fisik. Anda juga dapat berinvestasi dalam REIT dan memiliki sebagian properti. Namun, perlu diingat bahwa real estat bisa menjadi komitmen besar. Baca: Mengapa banyak orang berinvestasi di Real Estat?

4. Saham

Ini juga dikenal sebagai ekuitas atau ketika Anda memiliki saham di sebuah perusahaan. Ini mungkin yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka berpikir tentang investasi.

Namun, perlu diingat bahwa risiko saham sangat bervariasi menurut perusahaan. Perusahaan yang lebih muda mungkin lebih berisiko, tetapi perusahaan yang sudah mapan juga bisa bangkrut karena perubahan yang tidak terduga atau tuntutan hukum yang tiba-tiba. Jika Anda ingin tahu lebih banyak baca: Pilih Saham atau Obligasi, mana yang lebih menguntungkan?

5. Futures dan Derivatif Lainnya

Ini adalah saat Anda berspekulasi tentang harga masa depan dari aset yang mendasarinya. Ini mungkin agak rumit, tetapi pada dasarnya ini adalah kontrak yang mewajibkan pihak-pihak yang terlibat untuk membeli dan menjual aset (seperti minyak) dengan harga dan tanggal yang telah ditentukan di masa depan.

6. Komoditas dan Logam Mulia

Sama seperti real estat, komoditas harus memiliki benda fisik – baik itu emas, minyak, atau perut babi. Anda dapat memperdagangkannya, tetapi untungnya, Anda jarang harus memilikinya. Ada banyak cara berbeda untuk membeli dan menjual komoditas, termasuk kontrak berjangka, atau berinvestasi dalam ETF. Baca lebih lanjut tentang cara berinvestasi pada komoditas.

7. Investasi Alternatif Lainnya

Karena Anda perlu memiliki portofolio yang terdiversifikasi, Anda juga dapat mempertimbangkan investasi alternatif seperti seni rupa pada platform seperti Masterworks, atau meminjamkan ke perusahaan kecil melalui platform pinjaman peer-to-peer. Ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk portofolio Anda, meskipun mereka memiliki risiko sendiri untuk dipertimbangkan.

Tetapkan batas waktu dan pilih sasaran Investasi uang

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang jenis kelas aset yang dapat diinvestasikan, inilah saatnya untuk menentukan tujuan keuangan. Untuk apa Anda menabung dan berinvestasi? Berapa banyak yang Anda butuhkan?

Jika Anda menabung untuk biaya kuliah anak, Anda membutuhkan jumlah yang berbeda dari pada hanya menabung untuk masa pensiun.

1. Investasi uang jangka pendek

Jika Anda tahu akan membutuhkan uang dalam beberapa tahun, maka strategi akan sedikit berbeda. Biasanya, ini adalah saat Anda membeli saham yang penghasilannya diharapkan melebihi pasar secara keseluruhan dalam waktu singkat.

Ini juga dikenal sebagai investasi pertumbuhan. Beberapa strategi investasi jangka pendek termasuk berinvestasi pada pemberi pinjaman peer-to-peer atau menyimpan uang di rekening tabungan.

Kelebihan investasi uang Jangka Pendek

  • Likuiditas tinggi. Uang Anda tidak tertahan di akun selama jangka waktu tertentu, sehingga mudah untuk menarik dana saat dibutuhkan.
  • Resiko rendah. Bergantung pada jenis investasinya, investasi jangka pendek lebih berisiko rendah, karena waktunya yang pendek tidak dipengaruhi oleh penurunan pasar atau suku bunga secara tiba-tiba.

Kekurangan investasi uang Jangka Pendek

  • Pengembalian rendah. Karena uang Anda hanya diinvestasikan untuk waktu yang singkat, naka tidak mungkin mendapatkan keuntungan besar.
  • Tagihan pajak yang lebih tinggi. Bergantung pada investasi, Anda mungkin harus membayar pajak lebih tinggi daripada investasi jangka panjang.

Investasi uang jangka panjang

Ini juga dikenal sebagai investasi beli dan tahan, ini merupakan investasi paling umum, misalnya pensiun. Anda tahu berada di dalamnya untuk jangka panjang. Strategi ini melibatkan pembelian saham sekarang dan menahannya selama bertahun-tahun ketika anda mengharapkan nilainya lebih tinggi.

Strategi investasi jangka panjang lainnya termasuk real estat, dan deposito. Ada baiknya anda baca: Apa skill yang harus dimiliki investor Real Estat?

Kelebihan Investasi uang Jangka Panjang

  1. Kurang Berisiko. Memegang saham untuk waktu yang lama berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk pulih dari penurunan tiba-tiba di pasar saham yang mungkin saja terjadi.
  2. Mengurangi Stres. Investasi yang lebih lama seringkali tidak terlalu membuat stres, karena Anda tidak perlu mengikuti pasar sedekat mungkin setiap hari.

Kekurangan Investasi uang Jangka Panjang

  • Anda Membutuhkan Kesabaran. Butuh waktu lama untuk melihat pengembalian yang baik atas investasi yang lebih lama, jadi harus bersabar.
  • Kontrol Lebih Sedikit. Karena uang Anda diinvestasikan untuk waktu yang lebih lama, perlu waktu lama sebelum dapat melihat uang Anda lagi.

Tentukan anggaran investasi uang

Jika Anda ingin menjadi investor, memiliki anggaran adalah hal yang membantu dalam menabung untuk berinvestasi. Saat membuat anggaran, pastikan untuk memasukkan banyak dana.

Sekarang, ada banyak metode untuk menyiapkan dan memelihara anggaran. Anda dapat menggunakan spreadsheet atau cukup kertas dan pena. Atau Anda dapat menggunakan salah satu layanan online.

Personal Capital memiliki perangkat lunak penganggaran dan keuangan pribadi gratis. Itu juga penasihat robo, jadi Anda dapat mulai berinvestasi segera pada saat yang sama!

Ini merupakan ide bagus untuk berpikir tentang menabung untuk diinvestasikan pada akhirnya. Anda dapat dengan mudah memasukkan uang tambahan ke dalam rekening tunai, di mana Anda dapat memperoleh bunga dari tabungan.

Kurangi Biaya dan Beban Dana sebelum investasi uang

Pengeluaran investasi, misalnya biaya dapat menghabiskan sebagian besar pendapatan. Jadi, pastikan Anda tidak ditipu.

Ada banyak jenis biaya, mulai dari biaya pemeliharaan akun hingga beban reksa dana. Dan ada banyak cara untuk menguranginya atau bahkan menghindarinya sama sekali!

Setiap jenis investasi memiliki tarifnya sendiri-sendiri. Berikut adalah biaya paling umum yang akan Anda lihat:

  1. Biaya Pemeliharaan Akun: Biasanya, biaya tahunan di bawah $ 100. Biaya ini sering kali dibebaskan setelah Anda mencapai saldo minimum di akun investasi.
  2. Komisi: Jumlah tetap per perdagangan atau jumlah tetap ditambah persentase per perdagangan. Jumlah ini akan bervariasi tergantung pada broker Anda dan dana yang Anda investasikan.
  3. Beban Reksa Dana: Baik front-end, back-end, atau kombinasi keduanya. Ini terkadang bisa dicabut jika dana disimpan di akun broker dengan pialang yang sama.
  4. Biaya 12b-1: Biaya yang dibebankan secara internal pada reksa dana. Ini akan mengurangi nilai dana hingga 1% dan akan dipotong otomatis setiap tahun.
  5. Biaya Manajemen atau Penasihat: Biaya yang dibayarkan kepada seorang penasihat yang mengelola akun Anda. Ini bisa bertambah hingga ribuan dolar per tahun, semua dapat dihindari jika Anda mengelola akun sendiri.

Salah satu penasihat robo terbaik adalah Wealthfront, gratis untuk akun di bawah $ 5.000. Itu membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk memulai.

Dan jika Anda mencari broker saham bebas biaya, Anda beruntung. Persaingan di ruang ini sedang memanas, yang berarti beberapa broker memangkas biaya mereka menjadi nol.

Robinhood telah menjadi pelopor, tetapi bahkan favorit lama seperti Firstrade sekarang bebas biaya. Public.com adalah broker lain yang patut dicoba, terutama jika Anda ingin menambahkan elemen sosial ke dalam investasi.

Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai investasi uang

Mulai berinvestasi adalah pilihan yang cerdas sekaligus pilihan rumit. Hanya sedikit orang yang memiliki situasi dan peluang uang. Ini tidak sesederhana “mulai berinvestasi secepat Anda bisa”. Berinvestasi adalah prioritas, tetapi ada langkah finansial lain yang perlu diambil terlebih dahulu.

1. Dapatkan Dana Darurat

Memiliki dana darurat di rekening tabungan yang dapat diakses adalah prioritas keuangan yang sangat besar. Anda ingin menghemat biaya hidup selama tiga sampai enam bulan.

Keadaan darurat terjadi setiap saat, dan memiliki modal untuk mengatasinya adalah suatu kebutuhan. Anda tidak ingin menggunakan investasi hanya untuk menangani perbaikan mobil atau tagihan rumah sakit. Anda tidak punya Dana Darurat? Mulailah menabung.

2. Bayar utang berbunga tinggi

Prioritas keuangan lainnya dapat mencakup pembayaran utang berbunga tinggi. Jika Anda memiliki hutang yang memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada hasil investasi, Anda akan kehilangan uang setiap hari. Jadi, akan lebih baik jika Anda membayar utang tersebut secepat mungkin.

3. Usia

Faktor penting lainnya adalah usia Anda.

  • Jika Anda berusia 30 tahun: Anda punya waktu beberapa dekade sebelum pensiun. Anda bisa bermain-main dengan investasi jangka panjang seperti saham yang akan terlalu berisiko bagi seseorang yang berada di puncak masa pensiun. Bagaimanapun, saham dapat kehilangan nilainya dengan cepat, tetapi jika Anda memiliki waktu 30 tahun lagi sebelum Anda membutuhkan uang tunai itu, Anda dapat mengambil taruhan itu.
  • Jika Anda mendekati usia pensiun: Anda ingin fokus pada mempertahankan apa yang sudah Anda miliki. Investasi yang lebih aman dan stabil – terutama jika melibatkan dividen – adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda.

4. Bunga Majemuk

Berkat bunga majemuk, semakin cepat Anda mulai berinvestasi maka akan lebih banyak menghasilkan uang. Mangapa? Inilah alasannya:

Misalkan Anda berusia 25 tahun, dan dapat mengumpulkan $ 5.000 per tahun untuk berinvestasi. Uang itu mungkin telah Anda kumpulkan dari bonus liburan dari bos dan cek ulang tahun.

Jika Anda menabung $ 5.000 setiap tahun selama 40 tahun, saat berusia 65 tahun dan siap untuk pensiun, Anda hanya memiliki $ 200.000. Tetapi jika Anda menginvestasikan uang itu menjadi sesuatu dengan pengembalian tahunan 7%, Anda akan menghasilkan $ 1.068.048. Lebih dari $ 1 juta!

Jika Anda meningkatkan kontribusi bulanan, Anda akan melihat lebih banyak uang ketika tiba waktunya pensiun. Meskipun kaum milenial siap memanfaatkan sepenuhnya penggabungan, siapa pun bisa mendapatkan keuntungan.

Penting untuk diingat bahwa berinvestasi memiliki risiko, jadi pastikan hanya menginvestasikan uang longgar yang tidak digunakan dalam waktu beberapa bulan. Pasar saham bisa bergejolak dari hari ke hari, tetapi Anda cenderung menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dalam jangka panjang jika berinvestasi daripada jika Anda tidak berinvestasi.

Mulailah investasi uang Hari Ini

Anda mungkin berpikir bahwa sekarang bukanlah waktu yang tepat untuk berinvestasi karena semua ketidakpastian seputar pandemi virus corona.

Alih-alih memikirkan berapa banyak nilai saham yang merugi hari ini, pikirkan tentang berinvestasi dalam jangka panjang. Rata-rata, pasar saham memiliki pengembalian 10%.

Jumlah tersebut bervariasi menurut tahun dan jenis saham yang Anda investasikan, tetapi jika Anda mendiversifikasi investasi dan terus berinvestasi, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pengembalian uang yang lebih baik daripada jika tidak berinvestasi. Sejarah berulang telah membuktikan bahwa harga saham akan naik setelah jatuh.

Beberapa istilah yang harus diketahui sebelum investasi uang

Baik memilih menyewa penasihat robo atau melakukannya sendiri, ada beberapa istilah investasi yang harus Anda ketahui saat mulai berinvestasi, antara lain sebagai berikut:

1. Saham

Saham adalah kepemilikan modal di suatu perusahaan. Ini mewakili klaim atas pendapatan dan aset perusahaan tersebut. Umumnya, ketika perusahaan berkinerja baik, nilai saham akan tumbuh. Dan ketika perusahaan tidak memenuhi ekspektasi, maka itu akan jatuh. Lebih jauh silahkan baca: Pengertian Saham dan Jenisnya

2. Obligasi

Membeli obligasi adalah meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah (federal, negara bagian, atau kota). Obligasi memiliki tanggal jatuh tempo, di mana Anda dapat mencairkannya dan mengumpulkan bunga uang.

3. Reksa Dana

Reksa dana mengumpulkan uang dari banyak investor dan menginvestasikannya dalam aset seperti saham dan obligasi.

4. Tunai

Ya, itu uang kertas hijau di dompet Anda. Tetapi dalam istilah portofolio, uang tunai biasanya mengacu pada CD (sertifikat deposito), rekening pasar uang, atau tagihan Treasury.

5. Rasio Pengeluaran

Anda akan melihat istilah ini dalam hal reksa dana. “Rasio biaya” mengacu pada biaya untuk memiliki dana, termasuk biaya pemeliharaan dan administrasi tahunan, serta biaya yang diambil reksa dana untuk iklan.

5. Price-to-Earnings Ratio

Saat melihat fundamental saham, rasio harga-pendapatan (atau rasio P / E ) sangat penting. Ini memeriksa harga saham perusahaan yang berkaitan dengan pendapatannya. P/E rendah 10 atau kurang berarti perusahaan tidak melakukannya dengan baik. Tetapi lebih tinggi tidak selalu lebih baik, rasio lebih dari 25 mungkin merupakan tanda bahwa industri akan mengalami bubble burst.

Baca juga: Gagap Investasi Saham? Inilah 5 Tips Utama

Cara investasi uang di bank

Untuk menginvestasikan uang anda di bank sebenarnya sangat mudah, namun bagi yang belum pernah bisa jadi ragu-ragu untuk memulai karena bingung harus mulai dari mana.

Berikut beberapa cara investasi di bank:

1. Datang langsung ke bank

Dengan datang langsung ke bank yang di maksud, anda akan mendapatkan petunjuk lengkap bagaimana memulai investas uang anda di bank tersebut.

Petugas bank akan menjelaskan dengan gamblang hingga anda benar-benar paham. Jika ada yang ingin dipertanyakan, pihak bank akan memberikan kesempatan anda untuk bertanya terkait produk investasi yang dipilih.

Pihak bank akan membuatkan anda simulasi sekaligus menjelaskan risiko yang akan dihadapi investor nantinya. Pihak bank telah menyiapkan formulir dokumen dan anda dipersilahkan untuk melengkapi identitas. Setelah semuan dokumen yang dperlukan lengkap, produk investasi bisa langsung anda dimiliki.

2. Melalui mobile banking

Untuk cara investasi di bank yang kedua, anda bisa lewat mobil banking. Aplikasi telah disiapkan dan dapat didownload langsung di Play Store. Dengan aplikasi mobile banking, anda bisa membeli produk investasi secara real time di manapun anda berada.

Syarat utama anda harus memiliki uang di rekening, sehingga anda tinggal untuk selanjutnya menunggu notifikasi bahwa kita telah resmi membeli produk bank tersebut.

3. Melalui website bank

Di zaman internet seperti sekarang ini, setiap bank telah memiliki sebuah website yang ditujukan untuk mempermudah para penggunanya. Dengan mengunjungu website yang bersangkutan anda dapat membeli produk keuangan dengan mudah.

Namun, sebelum anda mempergunakannya ada baiknya baca terlebih dahulu penjelasan yang telah disediakan mengenai produk keuangan yang hendak kita beli.

Sebenarnya, jika anda teliti membaca 75% yakin paham yang dimaksud, namun bukan tidak mungkin ada beberapa hal yang sulit dimengerti. Untuk itu, pihak bank menyediakan ruang pengajuan pertanyaan chat di website tersebut, customer service akan secara langsung menanggapi pertanyaan anda.

Cara berinvestasi untuk mahasiswa

Bagi anda para mahasiswa yang ingin berinvestasi banyak pilihan yang bisa digunakan. Sebelum memulai, silahkan cari referensi terkait dan baca dengan seksama. Dengan begitu anda dapat membandingkan, dan memilih yang paling cocok untuk situasi anda saat ini.

Berikut beberapa pilihan investasi untuk mahasiswa

  1. investasi Reksa Dana
  2. investasi Emas
  3. investasi Deposito
  4. investasi P2P Lending
  5. investasi Trading Saham

Cara investasi yang benar

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cara investasi yang benar untuk meminimalkan resiko terburuk, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempunyai tujuan yang Jelas
  2. Mengenali Karakter Investasi, meliputi: Deposito, Reksadana, dan Saham
  3. Mengenali Profil Risiko, meliputi: Profil Konserfatif, Profil Moderat, dan Profil Agresif
  4. Jenis Investasinya, meliputi: membuka Money Market Account, melindungi Nilai Investasi dengan Rekening Sertifikat Deposito, memilih Broker yang tepat, dan melakukan Diversifikasi Investasi

Cara investasi emas

Selain investasi uang, anda dapat berinvestasi dengan emas, selengkapnya telah dibahas pada artikel: Cara investasi emas terbaik dan menguntungkan

Cara investasi saham

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cara investasi saham, silahkan baca terlebih dahulu:

Pos terkait