Usaha Online yg menguntungkan jangka panjang

Usaha Online yg menguntungkan jangka panjang – Di masa pandemi ini rasanya semakin banyak orang mencoba usaha online untuk mencari uang dengan mudah dan cepat tanpa keluar rumah.

Tidak salah memang, justru inilah salah satu kemajuan digital yang perlu dikembangkan. Namun, bisnis online yang menguntungkan tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan, khususnya bagi anda yang gaptek di dunia internet dan tak mau belajar.

Bacaan Lainnya

Padahal sebenarnya jika mau terus menekuninya, bisnis anda akan menjadi Usaha Online yg menguntungkan jangka panjang. Jika bisnis yang anda rintis telah jadi, pada waktunya secara fisik lebih efisien. Anda tinggal menjalankan sistem yang telah anda rancang sendiri sejak awal.

Nah, bagi anda yang masih bimbang bisnis online apa yang menguntungkan, pada artikel ini kami akan mencoba memberikan pilihan usaha online yang bisa dijalankan dengan koneksi internet, tentunya sesuai dengan bakat dan minat yang anda miliki.

1. Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Blogger

Usaha Online yg menguntungkan dengan Blogger
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlogKomisi penayangan iklan, sponsored post, afiliasi, penjualan produk dan lainnya

Bisnis blogger kami tempatkan pada urutan pertama karena penulis sendiri telah menggeluti dunia blogger sejak tahun 2012. Benarkah blogger bisa kita jadikan usaha Online yg menguntungkan jangka panjang? Benar! Saya telah membuktikannya sendiri melalui proses jatuh bangun tak terhitung.

Menjadi seorang blogger sukses memang tidak mudah, namun jika anda mau belajar dan terus menekuninya blogger bisa menjadi lahan penghasilan online yang tak kalah dengan usaha offline, dan bahkan ada yang jauh lebih besar. Tetapi untuk yang awam mungkin tak percaya karena mereka berfikir, siapa yang membayar, apa yang dibayar dan sebagainya.

Jika anda masih belum percaya, silahkan search di google dengan keyword “Penghasilan Blogger Sangat Menjanjikan”

Di bawah ini contoh cara menghasilkan uang dari program Google.

Google Adsense bisnis menjanjikan

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google tanpa beaya atau modal uang sepeserpun.

Dengan modal blog gratisan dari blogger yang berisi konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, anda dapat mendaftarkannya di Google Adsense. Jika konten anda berkualitas dan tentunya orisinil hasil ketikan jari dan pikiran sendiri, pengunjung yang datang akan sering kembali ke blog anda.

Dengan pengunjung yang semakin besar penghasilan yang akan Anda dapatkan dari Adsense akan semakin bertambah. Mungkin anda bertanya, dari mana kita bisa di bayar? Intinya dengan memasang iklan dari Google adsense Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan.

Mungkin anda bertanya, apakah semudah itu? Tidak. Itu hanya garis besarnya saja. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat blog agar penghasilan anda besar.

Terutama jenis blog yang harus dibuat. Saya menyarankan buatlah blog bisnis agar iklan yang muncul memiliki cpc yang tinggi. Wadeww… bagi pemula saya yakin sulit untuk memahaminya, untuk itu nantinya akan saya jelaskan pada artikel khusus yang membahas tentang:

  • Bagaimana membuat blog bisnis?
  • Cara bisnis blogger untuk pemula
  • Cara membuat blog bisnis yang efektif
  • Cara bisnis blogger

Kalau ternyata blog anda tidak bisa diterima Google Adsense bagaimana? Jangan khawatir, banyak cara untuk menguangkan blog, salah satunya adalah dengan mengikuti bisnis afiliasi.

Baca juga: Bisnis online terpercaya

2. Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Youtuber

Usaha Online yg menguntungkan dengan Youtube
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalYouTubeIklan, afiliasi, penjualan produk, dan lainnya.

Pernah mendengar youtuber dengan penghasilan milyaran rupiah pertahun bukan? Benarkah itu? Jawabnya: Benar! Silahkan search “penghasilan youtuber terkaya di Indonesia“. Jika anda pun masih tidak percaya, ya mangga, itu hak anda.

Di masa pandemi sejak beberapa bulan lalu, berbagai kalangan telah membangun channel youtube mereka. Lihat saja, jutaan channel baru bermunculan dengan segala kontennya yang beraneka ragam. Dengan youtube anda bisa menguangkan (monetisasi) konten anda.

Namun, karena ini bisnis online jangka panjang tentunya membutuhkan waktu dan keseriusan. Jika anda memang ingin menekuninya, rencanakan dari awal sebaik mungkin. Konten apa yang akan anda upload sangat berkaitan dengan mahal tidaknya iklan yang akan muncul di video anda nantinya. Itulah yang akan menentukan seberapa besar penghasilan anda.

Sekarang ini youtube memberikan syarat minimum untuk bergabung menguangkan channel, channel anda harus memiliki setidaknya 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayang.

Mungkin anda membayangkan betapa sulitnya membayangkan syaratnya? Hemm.. percayalah itu mudah jika dari awal anda konsisten membangunnya.

Selengkapnya silahkan baca: Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang

3. Usaha Online yg menguntungkan dengan Jasa SEO

Usaha Online yg menguntungkan dengan jasa seo murah berkualitas
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlogHasil keuntungan jasa konsultasi

SEO adalah nyawa sebuah website. Tanpanya, sebuah website akan sepi pengunjung, tanpa pengunjung menulis di blog hanya akan melelahkan. Dengan keahlian SEO (Search Engine Optimization), anda bisa membuka sebuah jasa optimasi website, dan ini merupakan bisnis online menjanjikan yang jarang dimiliki orang.

Bagaimana kita bekerja online dengan jasa SEO? Keahlian anda dibidang SEO akan membantu website para pebisnis online untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex. Dengan posisi yang baik, maka prospek kebanjiran pengunjung lebih besar. Pengunjung yang besar akan memberikan peluang meningkatkan penjualan produk mereka.

Saat ini, jasa SEO sangat dibutuhkan oleh para pemilik website, baik pribadi maupun perusahaan. Ini sebenarnya peluang besar dan minim saingan, tetapi tidak mudah untuk mendapatkan ilmunya.

Jika anda berminat mendalami bisnis online jasa SEO hindarilah teknik-teknik yang dilarang google. Karena, jika caranya menyimpang bukan keuntungan yang anda dapatkan melainkan anda tidak akan mendapatkan rezeki. Bangunlah reputasi sebaik mungkin untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Lalu bagaimana agar orang atau perusahaan tahu bahwa anda membuka jasa SEO? Mudah!

  • Pertama buatlah website khusus yang menjelaskan keahlian anda dengan menampilkan portofolio.
  • Kedua manfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, WA, Youtube dll.
  • Ketiga, jika memiliki modal iklankan melalui Google Ads atau facebook.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan

4. Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Penulis Freelance

Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Penulis Freelance
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa penulisan artikel

Jika anda memiliki keahlian menulis, ini adalah salah satu peluang bisnis online yang menguntungkan. Tapi Ingat! yang dimaksud keahlian menulis di sini adalah menulis yang mengikuti kaidah SEO terutama google, dan ini sama sekali berbeda dengan menulis offline yang tidak menggunakan kaidah-kaidah penulisan artikel online.

Semakin sadarnya para pebisnis akan pentingnya pemasaran lewat content marketing seperti blog, menjadi Penulis Freelance adalah peluang usaha online yang menguntungkan jangka panjang.

Namun, pekerjaan online ini juga membutuhkan keahlian khusus, karenanya tidak begitu banyak orang yang mau menggeluti pekerjaan online ini.

Lalu bagaimana cara mendapatkan calon pelanggan yang mau menggunakan jasa anda?

  • Cara pertama, cari dan bergabunglah dengan platform freelancer, yang umum digunakan adalah Sribulancer dan Projects.co.id.
  • Cara kedua, membuat website portofolio yang bisa digunakan untuk menjelaskan skill Anda. Buat halaman kontak khusus agar calon pelanggan (klien) dapat menghubungi Anda.
  • Cara ketiga, gunakan medsos untuk promosikan skill Anda, seperti facebook, IG, WA, dll.

5. Usaha Online yg menguntungkan dengan Jasa Penerjemah

Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Jasa Penerjemah
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, platform freelance, media sosial.Fee dari jasa penerjemahan

Bagi Anda yang pernah sekolah bahasa asing, bisnis menjadi penerjemah bahasa merupakan peluang usaha online yg menguntungkan jangka panjang. Banyak orang menggunakan jasa penerjemah untuk membangun website baik pribadi maupun perusahaan. Ini adalah peluang bisnis online yang cukup menjanjikan.

Selain para pemilik website, di zaman yang serba internet ini banyak juga orang membutuhkan referensi yang lebih lengkap dalam bahasa Inggris. Disitulah pada penerjemah dibutuhkan keahliannya.

Jika anda berniat terjun ke bisnis penerjemah, untuk meyakinkan calon klien lengkapilah sertifikasi yang dibutuhkan. Karena ini penting bagi reputasi Anda sebagai penerjemah profesional. Setelah semuanya anda anggap lengkap, bergabunglah dengan komunitas penerjemah seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) untuk mendapatkan koneksi lebih luas.

Mulailah mencari klien melalui platform freelancer atau komunitas yang telah anda ikuti. Jika anda beruntung dan mendapatkan klien pertama, berikan hasil pekerjaan sebaik mungkin. Dengan begitu konsumen akan puas dan merekomendasikan jasa anda kepada teman-teman mereka. Ingatlah tujuan anda adalah usaha online yg menguntungkan jangka panjang.

6. Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Dropshipping

Usaha Online yg menguntungkan dengan menjadi Dropshipping
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosialKeuntungan penjualan

Bisnis Dropshipping adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang mungkin anda suka dan penasaran ingin mencobanya. Apa itu Dropshipping? Dropshipping adalah sebuah bentuk bisnis menjual produk orang lain.

Lalu dari mana kita mendapatkan hasil? Anda dapat uang dari dropshipper dari selisih harga dari suatu barang yang telah anda jual. Jelasnya, anda menaikkan harga jual dari sebuah barang dari penjual kepada pembeli. Seumpama harga dari penjual Rp 50.000, anda bisa menjualnya Rp 70.000, maka uang Rp 20.000 menjadi milik anda.

Namun, ini berbeda dengan reseller, karena Anda tidak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya kepada pembeli. Jadi, anda tidak perlu memiliki gudang besar untuk menampung barang dagangan.

Sistem Bisnis Dropshipping

Seorang Dropshipping hanya cukup bergabung dan bekerja sama dengan supplier, kemudian memasarkan produk mereka melalui website atau medsos.

Ketika pembeli ingin membeli suatu barang, maka Anda langsung menerima uang dari pembeli dengan harga yang telah anda tentukan sebelumnya. Anda wajib membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harganya dan meminta supplier agar mengirim barangnya langsung kepada pembeli.

Saat ini produk bisnis Dropshipping sangat beragam mulai dari fashion hingga produk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Untuk bergabung dengan bisnis online jenis ini anda tinggal kerjasama dengan dropship, seperti Sahabat Dropshipper dan Yuk Dropship.

7. Menjadi Influencer

Influencer
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlog, platform influencer, media sosial.Fee dari jasa promosi produk

Dizaman serba internet seperti sekarang ini tidak sulit untuk menekuni dunia influencer. Lihatlah di pasaran, banyak sekali Usaha Micro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan seorang figur untuk mempromosikan sebuah produk dengan tarif terjangkau.

Bisnis online yang satu ini juga cukup menjanjikan, karena influence marketing bisa menjadi salah satu solusi cerdas dalam digital marketing. Bayangkan saja jika suatu produk dishare di medsos, maka tanpa terkendali produk tersebut akan langsung dikenal diseluruh dunia.

Bagaimana cara untuk menjadi seorang influencer? Bisa dibilang mudah tetapi bisa juga dikatakan sulit. Seorang influencer harus memahami tingkatan terlebih dahulu, apakah influencer nano, mikro, makro atau premium. Karena ini penting untuk memastikan bahwa Anda bisa melakukannya sebaik mungkin.

Jika keyakinan telah anda pegang, langkah pertama bergabunglah ke salah satu platform influencer, misalnya, SociaBuzz atau BuzzoHero.

Jika dirasa reputasi anda telah meningkat, coba mulai tawarkan jasa anda secara mandiri, baik lewat website atau media sosial.

8. Bisnis Jasa Copywriting

Jasa Copywriting
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, platform freelanceFee dari jasa penulisan copy

Mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang akhirnya untuk membeli sebuah produk produk yang di tawarkan membutuhkan skill tersendiri. Namun, tidak setiap orang memiliki keahlian ini.

Bisnis jasa copywriting bisa usaha online yg menguntungkan jangka panjang dan patut dicoba. Mengapa? Karena bisnis ini bisa bisa mulai tanpa modal, penasaran bukan?

Jika anda belum paham, copywriting adalah teknik menjual produk. Ini bisa ditemukan di media cetak maupun di website online.

Dengan menguasai teknik copywriting, Anda bisa mencoba memulai bisnis tersebut. Gunakan website untuk menunjukkan portofolio sebagai hasil karya copywriting Anda.

Namun, jika anda belum menguasai teknik copywriting dengan baik dan benar, perbanyaklah belajar tekniknya terlebih dahulu. Baik cara membuat headline yang baik dan menarik hingga menulis body copy yang persuasif.

9. Bisnis Afiliasi

Afiliasi Online
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosialKomisi penjualan

Bisnis Afiliasi Online jika dilihat dari modalnya mirip dengan dropshipping, karena bisnis afiliasi juga bisnis online tanpa modal. Hanya dengan cara menjualkan produk pihak penjual kepada pembeli dan anda mendapatkan uang.

Hanya saja bedanya terletak pada sistem penghasilan. Jika dropshipping hasilnya dari selisih harga yang anda buat, tetapi jika afiliasi anda tidak bisa manaikkan harga sesuai keinginan, tetapi hasilnya berasal komisi sesuai yang telah disepakati dengan penjual, misalnya 20% atau 50%.

Sebuah afiliasi biasanya berupa sebuah program dimana anda harus mendaftar. Sebagai contoh: Contohnya:

  • Amazon Affiliate Program
  • G Suite Referral Program
  • Bukalapak Affiliate Program
  • Tiket.com Affiliate Partner
  • Program Afiliasi ZALORA
  • Program Afiliasi Booking.com
  • dll

Jika anda telah berhasil bergabung, biasanya anda harus memasang banner atau kode tertentu, atau link di website anda atau bisa juga di status medsos. Dengan menyebarkan link sebanyak mungkin kemungkinan untuk mendapatkan komisi semakin besar.

Jika ada konsumen yang mengklik baner atau link yang anda sebarkan dan sukses terjadi pembelian, maka komisi akan masuk kantong anda melalui dompet di akun.

Kunci agar sukses bisnis afiliasi adalah prosentase komisi yang besar. Namun, setiap program tidak sama, tergantung si pemilik Program Afiliasi.

10. Bisnis Toko Online

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal kecilWebsite toko onlineKeuntungan dari penjualan produk sayur

Jika melihat perkembangan dunia internet saat ini, bisnis online rasanya sangat bisa menjadi usaha online yg menguntungkan jangka panjang. Bisa kita perhatikan, semakin hari makin banyak saja orang yang memesan barang lewat toko online. Pembeli bisa bebas memilih barang, membayar dan barang dikirim, simpel bukan?

Nah, dengan kita memiliki toko online ini juga merupakan ide bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya di kota-kota besar, dipedesaan saat ini pun sekarang saya perhatikan telah banyak yang berbelanja secara online. Bisa anda bayangkan berapa ribu orang yang berbelanja melalui toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Jika anda tak mau repot atau modal lebih, tinggal mendaftar di kedua toko online tersebut otomatis anda telah memiliki toko online sendiri.

Tetapi, jika ingin memiliki toko online mandiri, anda bisa membuat website baik yang gratis atau berbayar dengan desain yang unik dan menarik. Namun, harap diingat, biasanya toko online yang baru dibuat dan belum memiliki reputasi yang baik pastilah belum mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Mungkin saja mereka akan enggan untuk berbelanja karena takut tertipu.

11. Usaha Online yg menguntungkan Kursus Online

Kursus Online
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modal atau modal kecilWebsite kursus onlineKeuntungan penjualan jasa kursus

Jika melihat situasi dan kondisi seperti sekarang ini, di mana pemerintah belum memberikan keterangan yang jelas kapan belajar tatap muka di sekolah akan dimulai, maka bisnis kursus online bisa menjadikan lahan bisnis yang patut dicoba.

Banyak orang tua yang kerepotan karena harus mendidik anaknya sendiri di rumah setiap hari. Bisa saja bagi yang mampu, orang tua akan lebih memilihkan kursus online bagi putra putrinya.

Sebenarnya tidak hanya bagi siswa atau anak-anak, banyak karyawan perusahaan yang harus menempuh kursus online untuk mengupgrade ilmunya.

Kursus online biasanya berupa sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan dimana anggota harus membayar untuk bisa mengaksesnya. Biasanya para peserta diberikan pilihan apakah sistem berlangganan, atau sekali beli.

Saat ini, untuk bisa membuat sebuah website kursus online Anda tidak harus ahli coding. Sekarang ini telah banyak bertebaran platform canggih seperti WordPress yang mampu membantu Anda membuat sebuah website untuk kursus online dengan sistem yang baik.

Dengan menginstal plugin LMS (Learning Management System) di WordPress Anda akan diberikan kemudahan menciptakan dan mengelola kursus online, membuat dan membagi kelas hingga manajemen portal pembayaran pun disediakan.

Jika anda berniat menekuni Bisnis Kursus Online, gunakan hosting berbayar dan mumpuni dan instal wordpress, karena website anda akan diakses banyak orang dan mungkin saja dari berbagai daerah maka kinerja website yang baik sangat disarankan.

12. Usaha Online yg menguntungkan Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite bisnis atau portofolioKeuntungan hasil jasa dan penghasilan lain seperti reseller hosting

Semakin berkembangnya dunia teknologi internet, memiliki sebuah website menjadi sebuah alat promosi yang canggih. Baik website pribadi, pemerintahan, maupun sekolah telah banyak bertebaran. Bisnis Jasa Pembuatan Website layak anda coba, seperti yang telah dijalankan penulis saat ini. Jika anda tertarik silahkan Hubungi Kami.

Untuk mempromosikan bisnis ini, bangunlah sebuah website yang unik dan menarik sebagai identitas online Anda. Ciptakan branding yang unik dan mudah diingat. Lakukan analisa dan jelilah dalam memilih target pasar untuk menyesuaikan tarif jasa yang akan anda terapkan nantinya.

Coba lakukan chross cek untuk mengamati pasar, jangan mematok harga terlalu tinggi, namun juga terlalu rendah. Sebisa mungkin minimalkan selisih harga agar tidak menimbulkan pertanyaan bagi calon klien anda.

13. Bisnis Template Website

Bisnis Template Website
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite/blog pribadi, marketplace temaKeuntungan berjualan tema website

Nah, bisnis jasa template ini sebenarnya sangat berkaitan dengan jasa pembuatan website di atas. Sangatlah beruntung bagi anda yang memiliki keahlian di kedua bidang tersebut. Karena jika ada klien yang memesan template website sekaligus anda akan dapat dengan mudah menerapkannya. Begitupun sebaliknya.

Memang baik wordpress maupun blogger telah menyediakan berbagai macam template gratis. Namun, terkadang ratusan template default tersebut selain tidak unik karena banyak yang menggunakan, juga tidak sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi website bisnis. Karenanya banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan desain template unik untuk website mereka. Inilah peluang bisnis online menjanjikan bagi yang ahli membuat tempate.

Coba anda perhatikan marketplace seperti Themeforest atau Templatemonster, di sana banyak template dijual, jika dirasa template mampu bersaing silahkan pajang di sana dengan harga terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa menjual template karya anda website milik Anda sendiri dengan memberikan link demo yang bisa diakses oleh calon pembeli.

14. Bisnis Jasa Desain Grafis

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa pembuatan karya desain

Desain grafis selalu dibutuhkan baik didunia online maupun offline. Siapa tahu klien anda cocok dengan desain anda dan bisa saja mereka mencari anda untuk diteruskan dengan hubungan bisnis.

Disetiap karya visual merupakan karya desain grafis, seperti: logo, kemasan produk, brosur, baner dan sebagainya.

Sebenarnya, jasa desain grafis bukan hal baru dalam bisnis online, namun jarang orang yang memilikinya, karena memang membutuhkan skill yang tinggi.

Dengan bergabung ke platform freelancer seperti Sribu.com yang menjadi salah satu marketplace desain grafis terbesar anda bisa menawarkan jasa anda. Namun, jika ingin bayaran lebih tinggi silahkan coba 99designs sebuah marketplace terbesar di dunia. Di sana, jika desain anda diterima bayaran 20 – 30 juta mudah anda dapatkan.

Tetapi, saran saya anda juga harus memiliki sebuah website portofolio, karena dari sinilah calon klien akan menelusuri bukti keahlian desain Anda, agar mereka tak meragukannya.

15. Bisnis Jasa Tutor Online

Jasa Tutor Online
Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa les privat

Jika anda berbakat dalam hal mengajar, Bisnis Jasa Tutor Online sangat prospek untuk masa-masa seperti ini. Anda bisa menawarkan jasa ini baik private maupun berkelompok secara online.

Saat ini di Indonesia telah ada yang menjalankan bisnis ini, misalnya SnapAsk dan Superproof. Sedangkan di luar negeri, misalnya Wyzant.

Untuk bisa diterima menjadi tutor online, biasanya anda akan diseleksi terlebih dahulu untuk dapat bergabung. Setelah diterima barulah Anda bisa mendapatkan klien yang ingin belajar topik tertentu. Kelebihan platform ini gratis tanpa bayar.

Selain melalui kedua platform di atas sebenarnya Anda bisa menjalankannya secara mandiri. Dengan website portofolio dan media sosial anda bisa menunjukkan skill dalam mengajar topik tertentu.

Untuk teknik pelaksanaan tutor online anda bisa menggunakan aplikasi video calling seperti WhatsApp, Zoom, Hangout atau lainnya.

16. Bisnis Jual Ebook

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite pribadi, toko buku digital, PlayStoreKeuntungan penjualan ebook

Bisnis Jual Ebook dapat dilakukan dengan mudah jika anda memiliki kemampuan menulis. Di zaman digital menjual ebook merupakan bisnis yang menggiurkan.

Perkembangan teknologi yang meningkat pesat sangat memudahkan buku digital bebas dan mudah diakses di mana saja dengan berbagai perangkat pendukung. Lihatlah, sekarang telah banyak toko buku digital yang menjual ebook. Proses pembelian dan pengiriman yang cepat dan mudah sangat menyenangkan bagi pembeli.

Jika anda ingin menekuni bisnis jual ebook ini, Anda harus mampu membuat desain buku digital yang menarik, dengan konten yang menarik dan bermanfaat.

Usaha Online yg menguntungkan dengan ebook bisa dijual baik melalui toko buku digital seperti BukaBuku, Karya Virtual atau Google Play Store.

17. Bisnis Online Melalui Instagram

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal kecilPlatform media sosialKeuntungan dari penjualan produk buah

Jarang yang tahu bahwa Instagram bukan hanya sekedar untuk pamer foto atau video, tetapi lahan Usaha Online yg menguntungkan dan menjanjikan. Coba amatilah barang sebentar orang-orang yang menggunakan akunnya hanya untuk menjual sesuatu.

Memang sebenarnya Instagram sengaja dibuat sebagai platform media sosial jenis bisnis. Maka tak mengherankan jika foto dan video produk yang diupload disana secara visual lebih menarik dan mengesankan

Jika anda ingin bisnis ini, buatlah akun Instagram bisnis. Mengapa harus akun bisnis? Tujuannya adalah untuk membangun kredibilitas bisnis Anda. Lakukan optimasi profil calon klien anda mendapatkan informasi bisnis yang anda kelola dengan dengan lengkap dan jelas.

Setelah itu, postinglah konten yang menarik sesuai bisnis yang anda kelola dengan berbagai penawaran khusus sesuai area tertentu atau hari besar tertentu. Jika memiliki dana tak ada salahnya mencoba mengiklankannya untuk menjangkau target pasar secara spesifik.

18. Bisnis Podcaster

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalSpotify, Anchor, Soundcloud, dan Website PribadiIklan, afiliasi, penjualan produk, dan lainnya. 

Menjadi podcaster adalah yang terakhir dari Usaha Online yg menguntungkan. Jika YouTube merupakan konten video, maka podcasting merupakan konten yang fokus pada audio. Ini juga merupakan salah satu peluang bisnis online tanpa modal.

Apa itu podcaster? Podcaster bisa diartikan Anda membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online di mana saja melalui internet.

Anda bisa menyediakan jenis topik konten di channel tersebut sesuai yang telah direncanakan sebelumnya. Berkembang tidaknya audiens sepenuhnya tergantung cara anda memberikan ketertarikan mereka.

Platform podcast gratis yang terkenal saat ini misalnya: Spotify, Anchor, atau Soundcloud. Jika anda ingin menggunakan berbagai fitur menarik anda harus membayar sesuai tarif yang ditentukan. Podcast juga bisa ditampilkan di website anda sendiri dengan mudah.

Dari mana kita bisa mendapatkan penghasilan? Dengan pendengar yang banyak anda bis menguangkan konten audio tersebut melalui iklan atau afiliasi.

Kesimpulan

Dari sekian banyak Usaha Online yg menguntungkan di atas dapat anda pilih mana yang paling cocok dan nyaman. Namun, karena nantinya untuk jangka panjang, rencanakan dengan matang sebelum benar-benar menekuninya.

Semoga contoh bisnis online yg menguntungkan di atas mampu memberikan inspirasi dan dorongan untuk menekuni bisnis online yang anda inginkan.

Baca artikel bisnis lainnya

Pos terkait