Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang tanpa modal

  • Whatsapp
Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang tanpa modal – Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Apakah anda merasa bosan dan tertekan karena kerja harus selalu mengikuti keinginan bos? Nah, jika demikian anda berbakat menghasilkan uang dengan cara menjadi content creator YouTube, bahasa kerennya anda menjadi YouTuber.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana kita memanfaatkan YouTube sebagai ladang menghasilkan uang tanpa modal dengan cara membuat channel sendiri, berikut ulasan lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Mengapa memilih menjadi Youtuber?

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita bahas mengapa memilih Youtube sebagai platform untuk menghasilkan uang secara online. Saya yakin anda tahu persis para content creator YouTube Indonesia yang telah meraup ratusan juta setiap bulannya, seperti: Deddy Corbuzier, Raditya Dika, skinnyindonesian24, Ria Ricis, Bayu Skak, Tim2One, Gen Halilintar.

Bagi yang awam mungkin meragukan benarkah mereka benar mampu menghasilkan ratusan juta rupiah melalui channelnya. Kiranya tidak perlu saya jawab pertanyaan ini, justru saya balik bertanya: Mengapa mereka mau menghabiskan waktu, tenaga dan beaya untuk chanelnya?

Naah…, berfikir kan? Jika anda ingin tahu, inilah alasannya:

1. Konsumsi Video Youtube penduduk Indonesia tinggi

Badan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), telah melakukan survey bahwa 69,64 %, setiap harinya penduduk Indonesia banyak menghabiskan waktu untuk menonton video.

Dengan demikian ini youtube akan memberikan kita ruang yang luas untuk menjangkau audiens melalui konten dari berbagai jenis video yang menarik dan bermanfaat. Dari situlah kita memiliki peluang menghasilkan uang dari youtube.

2. YouTube adalah situs Video terbesar di dunia

Bulan November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dari pendirinya Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim senilai US$1,65 miliar untuk kemudian resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Setelah itu, YouTube tumbuh dan terus berkembang, sehingga mampu menguasai market share platform video di dunia. Menurut survey 92% pengguna internet Indonesia akan membuka YouTube ketika mencari atau membutuhkan konten video, baik film, tutorial atau video yang lain.

3. YouTube mampu menyaingi Televisi

Meskipun untuk mengakses Youtube harus membayar karena menggunakan layanan internet, namun rasanya kini telah mampu menyaingi televisi yang menyajikan kontennya secara gratis.

Mengapa bisa demikian? Beberapa alasannya adalah konten youtube sangat beragam, user bebas mengakses video mana saja yang mereka inginkan tanpa iklan yang mengganggu.

Tentunya ini sangat berbeda dengan televisi, meskipun gratis, iklan akan sangat mengganggu ketika mereka sedang menikmati tayangan yang disajikan. Misalnya, ketika sedang menikmati sebuah film seru, tiba-tiba dijeda karena adanya tayangan iklan. Dongkol kan?

Meskipun youtube juga menggunakan iklan, namun pengguna dapat dengan mudah melewatinya tanpa terganggu, meskipun ada konten video premium yang iklannya tidak bisa di SKIP, tetapi itu jarang.

4. Tidak harus Subscriber Jutaan

Memang, untuk menghasilkan uang dari youtube dalam jumlah besar channel anda harus memiliki jutaan subscriber. Namun, itu jika ingin penghasilan besar lhoh.

Untuk bergabung dengan content creator youtube platform tersebut mensyaratkan channel harus memiliki sedikitnya 1.000 subscriber dan video minimal harus sudah ditonton minimal 4.000 jam.

Mungkinkah channel kita memiliki jutaan subscriber? Sangat mungkin! Ingatlah bahwa pengguna youtube ada di seluruh dunia. Dengan konten yang unik, menarik dan bermanfaat, seiring waktu anda bisa mendapatkannya. Kuncinya hanyalah fokus pada konten.

Jika syarat minimal telah anda penuhi, anda langsung bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan pada video anda yang diputar oleh pengguna. Semakin lama pengguna memutar video, semakin besar kesempatan anda untuk mendapatkan uang.

5. Apakah setiap orang bisa menghasilkan Uang dari YouTube?

Sangat bisa. Youtube tidak memandang dari kalangan apa si creator youtube. Jikalau memang konten yang disajikan bagus, menarik, dan original dengan mudah akan diterima dan mulai menghasilkan uang.

YouTube adalah tempat berinovasi, siapa saja boleh menampilkan keterampilan mereka, kelihaian memainkan sesuatu, dan segala kemampuan yang dimiliki seseorang, sehingga semua orang di dunia bisa menyaksikannya. Makanya tak jarang ada kreator yotube Indonesia yang dihubungi orang luar negeri ditawari untuk kerja sama.

Namun, hal utama yang harus anda miliki untuk menjadi kreator youtube yang handal hingga mampu menghasilkan uang, anda harus banyak belajar, terutama cara editing video dan editing gambar yang terkadang dibutuhkan untuk thumbnail.

Bagaimana cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang?

Setelah kita bahas secara panjang lebar mengenai alasan memilih yotube untuk menhasilkan uang, sekarang waktunya kita mengulas bagaimana kita bisa menghasilkan uang dari platform video terkemuka tersebut, tentunya dengan konten yang berkualitas, original, dan menarik.

1. Buat konten YouTube basic Anda

Jangan tergiur dengan konten yang konon kata orang banyak menghasilkan uang. Coba tanyakan pada diri anda, Saya bisa apa? Yang Maha Kuasa telah menciptakan telah menciptakan setiap manusia itu unik, memiliki sifat unik, imajinasi unik, dan keterampilan yang unik pula.

Jika anda telah menemukan apa yang anda mampu dan bisa, maka mulailah membuat konten yang bermutu. Jangan meniru gaya orang lain yang penuh dengan editing visual terlebih dahulu. Fokuskan pada konten, nanti setelah anda terbiasa membuat konten video, barulah anda mulai memikirkan efek visual secukupnya.

Jika anda belum menemukan apa to sebenarnya minat dan keahlian Anda, mungkin beberapa contoh berikut bisa menginspirasi:

Edukasi

Membuat konten video pendidikan yang dikemas secara apik bisa menjadi pilihan bagi anda yang berbakat mengajar. Coba amati anak-nak sekarang, mayoritas mereka lebih suka menonton dari pada harus njlimet membaca per kalimat.

Anda bisa mencoba mengubah teks pembelajaran menjadi konten video agar siapapun tertarik untuk memutarnya.

Beauty

Jika anda bertanya apa konten populer di Youtube, maka kecantikan adalah salah satunya. Dari dokumen Google, ada lebih dari 1600 channel YouTube yang membahas tema ini. Tema kecantikan sangat cocok bagi Anda yang memiliki koleksi alat kecantikan. Dengan mereviewinya anda sudah bisa membuat konten produk kecantikan, atau bahkan video tutorial make up.

Kuliner

Tak peduli anda pria atau wanita, karena memasak bisa dilakukan siapa saja, tak terkecuali anak muda. Meski dimasa pandemi seperti sekarang ini, bisnis kuliner masih menjanjikan.

Anda bisa membuat video tutorial memasak masakan tertentu dengan cara yang unik. Setelah itu anda bisa mereviewnya satu-persatu. Jika anda cerdik, anda bisa membuat konten video kuliner dengan berbagai metode.

Teknologi

Bagi anda para pecinta teknologi, membuat video review tentang produk-produk teknologi seperti laptop, gadget, tutorial membuat website, membuat email, dan tutorial install aplikasi dan sebagainya adalah konten menarik.

Dengan tutorial bentuk video orang akan lebih cepat memahami, karena mereka akan mengamati langsung kemudian mempraktekannya tanpa harus membaca.

Game

Seorang gamer gamer asal Swedia Pewdiepie adalah pemilik channel YouTube dengan subscriber 107 jt subscriber per Oktober 2020 menempati urutan kedua subscriber terbanyak di dunia.

Memang tidak semua video yang diuploadnya berisi soal game, namun ia kesuksesan chanelnya berawal dari konten tentang game yang dimainkannya.

Entertainment

Jika anda suka bernyanyi atau bermain musik chanel yang anda miliki bisa diisi dengan konten cover lagu atau dance cover. Sebagai contoh chanelnya mas Alip_Ba_Ta asal Ponorogo, Jawa Timur.

Dengan kelihaian jarinya memetik senar gitar, dia sukses menarik perhatian para peciinta musik baik tanah air maupun luar negeri. Chanelnya saat ini Oktober 2020 telah mencapai 3,12 jt subscriber.

Baca juga: Bisnis online terpercaya

2. Riset Keyword sebagai cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang

Baik ngeblog maupun youtub, untuk membuat konten harusnya melakukan riset keyword, tanpa itu kita ibarat berjalan di malam gelap dan tak tahu jalan mana yang akan kita tempuh. Dengan riset keyword kita akan mengetahui apa keword yang digunakan orang di seluruh dunia untuk mencari konten yang diinginkannya.

Judul konten adalah keyword, jika anda membuat judul ngawur maka akan sulit ditemukan orang. Karena anda masih pemula. Berbeda dengan channel yang telah memiliki brand, mereka membuat judul semaunya, karena sudah banyak subscribernya maka judul apapun yang dibuat pasti akan ditonton orang.

Cara pertama paling mudah, cepat dan gratis untuk riset keyword adalah dengan menggunakan Google Trends. Caranya, ketikkan kalimat atau keyword pada kolom pencarian yang telah disediakan, kemudian pilih Pencarian YouTube, seperti rambar di bawah ini:

cara menghasilkan uang di Youtube

Cara kedua anda bisa memanfaatkan pencarian YouTube seperti Google suggestion. Coba ketikkan keyword di kolom tersebut, kemudian perhatikan chanel apa saja yang muncul.

Selang beberapa saat ketika anda mengetikkan kata kunci di pencarian, YouTube akan menyediakan history keyword yang pernah digunakan orang, lihat contoh di bawah ini.

Riset Keyword di Youtube

Coba analisa keyword yang rencananya akan digunakan, gantilah keyword jika dirasa saingannya channel besar. Ingat anda masih pemula he heee… pastilah channel anda belum kuat.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan

3. Buat High Retention Video

High retention video adalah rata-rata persentase video yang ditonton pengguna. Contoh: Jika anda mengupload video berdurasi 10 menit, tetapi rata-rata orang hanya menonton selama 3 menit. Maka tingkat retensi video Anda adalah 30%.

Tak jauh berbeda dengan blog, video dengan retensi tinggi akan dianak emaskan oleh Youtube. Jika rata-rata retensi video And tinggi, maka semakin besar pula kemungkinan video anda sering muncul di urutan teratas ketika pengguna mengetikkan keyword di pencarian YouTube.

Dengan memproduksi video yang unik, menarik, dan berkualitas potensi untuk mencapai angka retensi yang tinggi akan semakin baik.

4. Apa saja yang faktor peranking YouTube?

Setiap video yang diupload di Youtube akan bersaing dengan ratusan dan bahkan ribuan video lainnya. Pastilah anda ingin setiap video anda upload akan muncul di halaman pertama, karena itulah cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang.

Lalu faktor apa saja yang digunakan Youtube untuk merangking sebuah video? Berikut penjelasannya:

Jumlah Komentar

Backlink.io pernah mengadakan riset terhadap 1,3 juta video YouTube, hasilnya menunjukkan bahwa video yang dikomentari pengguna lebih banyak cenderung akan menempati peringkat teratas hasil pencarian youtube.

Makanya berulang kali saya menyarankan agar membuat konten yang unik dan berkualitas. Karena faktanya, tidak semua orang sudi berkomentar pada setiap video yang mereka tonton. Untuk itu sentuhlah emosi jiwa penonton agar mereka secara dongkol, gemes, atau perasaan lain yang mendorong mereka untuk berkomentar.

Jumlah Subscriber setelah Menonton Video

Salah satu faktor perangking youtube paling cepat adalah subscriber. Jika pengguna melihat video anda dan tanpa lama-lama langsung menekan tombol subscribe maka ini sinyal positif bagi YouTube. Robot youtube mengartikan video Anda berkualitas dan menarik bagi pengguna.

Membagikan Video

Membuat video yang memancing emosional penonton agar membagikannya adalah sesuatu yang tidak mudah, namun ini tanggung jawab anda sebagai cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang. Semakin banyak yang membagikan video, maka youtube menganggapnya bermanfaat dan akan menempatkannya diurutan pertama dalam hasil pencarian.

Ujung-ujungnya kualitas tetap menjadi keyword utama agar video Anda banyak menghasilkan uang. Lalu? Tentunya buatlah video semenarik mungkin.

CTR (Click Through Rate)

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate, yang arti simpelnya adalah berapa banyak jumlah klik terhadap ketika video anda muncul di hasil pencarian.

CTR yang tinggi akan mendorong video YouTube naik di urutan atas hasil pencarian.

Durasi Video

Jika di blog panjang artikel, maka di Youtube panjang video. Ini juga merupakan faktor penting yang akan menentukan ranking video anda di Youtube. Menurut Backlink.io video dengan durasi lebih lama cenderung menempati urutan teratas hasil pencarian.

Memang belum ada standar ideal berapa menit atau jam untuk video YouTube. Namun, kita coba mengikuti dahulu hasil riset dari Backlink.io, buatlah kontan selengkap mungkin sehingga video akan berdurasi lebih panjang dengan kualitas bagus.

Baca juga: Usaha Online yg menguntungkan

5. Optimasi Judul dan Deskripsi sebagai cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang

Optimasi Judul dan Deskripsi juga merupakan cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang. Karena iklan adsense akan menyesuaikan keyword yang digunakan pada video.

Buatlah judul yang memiliki CPC, jika judul anda tidak mengandung cpc maka iklan yang muncul juga sembarangan, tidak sesuai dengan konteks video. Ingat! Jangan terlalu panjang, namun juga jangan terlalu pendek.

Cobalah deskripsikan isi dari keseluruhan video anda menjadi kalimat ringkas, padat dan jelas sekitar 250 kata dengan mengandung keyword utama yang ditarget. Dengan deskripsi yang jelas, youtube akan secara otomatis akan mengelompokkan video anda menurut kategori yang ada.

6. Manfaatkan Tag

Menambahkan tag di video youtube itu penting, karena ini juga mendukung keyword utama. Silahkan tambahkan tag pada kolom di bawah deskripsi video.

Mungkin anda tak pernah memperhatikan bahwa video-video yang memiliki penonton yang banyak pasti menggunakan tag menurut keyword yang diincarnya, sehingga tepat sasaran. Dengan tag youtube akan mudah memahami video anda.

7. Ajakan bertindak

Ketika anda menonton video di youtube pastilah sering mendengar si pembuat video berkata, “Jangan lupa like dan subscribe”, atau biasanya dipersilahkan melihat “Link ada di deskripsi ya”.

Itulah salah satu contoh yang disebut call to action. Dengan begitu mereka bermaksud mengajak penonton untuk melakukan tindakan seperti like subscribe, komentar, atau klik link di deskripsi.

8. Promosikan Video

Seperti telah disinggung di atas bahwa jumlah share menjadi salah satu faktor perangkingan video anda di youtube. Jika tanpa sengaja seseorang menemukan lantas membagikan video anda adalah sinyal positif, karena mereka dengan sukarela membagikannya ke medsos

Namun, kejadian seperti itu akan sangat jarang terjadi. Anda harus menjemput, bukan menunggu. Bagikan video ke facebook, ig, twitter dan berbagai media lainnya.

Agar lebih menyasar, coba ikutilah group-group bahasannya tidak jauh dari niche konten video anda. Jika ini terjadi, saya yakin mereka akan tertarik untuk menonton.

Apabila anda memiliki website atau blog, ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi anda. Karena keduanya bisa menjadi hubungan timbal balik yang saling mengoptimasi.

Hubungkanlah setiap video youtube anda dengan blog atau web yang anda miliki. Lebih bagus lagi jika setiap konten anda buat menjadi 2 versi, yaitu versi teks di blog, dan versi video di youtube.

Dengan begitu, ketika anda membuat sebuah artikel dan membutuhkan video, anda tinggal mengembed video YouTube Anda. Selain pengunjung membaca tulisan anda, mereka juga dapat memutar video anda. Tentunya ini juga merupakan cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang dengan mudah.

Hubungan timbal balik ini akan berefek positif, baik pada blog maupun youtube. Karena google sendiri menyukai konten yang lengkap dengan video.

10. Kerja Sama dengan Brand

Dengan berbagai video berkualitas, unik, dan bermanfaat anda dapat menguangkannya. Menguangkan blog tidak hanya menggunakan google adsense, mengajukan kerja sama dengan brand atau perusahaan dalam bentuk endorsement adalah cara alternatif yang cemerlang.

Jika sebuah perusahaan menyetujui bekerja sama dengan anda, biasanya mereka akan memberikan produk tertentu untuk direview di channel YouTube Anda. Dengan begitu, anda akan mendapat produk secara cuma-cuma dan perusahaan juga mendapatkan audiens baru.

Keuntungan yang akan di dapat pun bermacam-macam, mulai dari produk sample, kupon diskon, hingga uang tunai. Ini tergantung pada kontrak yang Anda tanda tangani sebelumnya dengan perusahaan tersebut. Dengan subscriber yang semakin banyak maka harga yang anda tawarkan bisa semakin tinggi biaya endorsement.

Memangnya bisa? Bisa dong. Hubungilah perusahaan terlebih dahulu dan ajukan permohonan kerja sama. Jika channel anda sudah besar, biasanya perusahaan justru akan menghubungi anda, maka di situlah anda berperan dengan kredibilitas yang tinggi.

Untuk itu, bangunlah dengan sekuat tenaga personal branding yang kuat dan terpercaya. Jika posisi anda telah kuat anda akan dengan mudah menawarkan harga, dan perusahaan atau brand pun akan berfikir ulang untuk menolaknya.

11. Cara menjadi Youtuber dengan Affiliate Marketer

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang selanjutnya adalah menjadi Affiliate Marketer. Meskipun sama-sama mempromosikan produk, affiliate marketing namun terdapat perbedaan dengan endorsement. Affiliate marketing menggunakan sistem komisi. Dan biasanya Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai affiliate marketer ke perusahaan yang Anda incar.

Silahkan search “Affiliate marketing” untuk lebih jelasnya.

12. Cara menjadi Youtuber Monetisasi Channel YouTube

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang paling umum dilakukan orang adalah dengan monetisasi channel melalui prgram google adsense. Jika channel anda telah dimonetisasi maka setiap video di channel YouTube Anda akan menampilkan iklan. Namun iklan tersebut diatur oleh google, jadi kita hanya menyediakan video, merekalah yang akan menampilkan iklan menurut sistem mereka

Seperti yang juga telah kami singgung di atas, untuk dapat memonetisai channel anda harus memenuhi syarat-syarat yang telah di tentukan oleh Youtube. Agar lebih jelas silahkan baca: https://support.google.com/youtube/answer/72851?

13. Cara menjadi Youtuber dengan menjual Produk Sendiri

Alternatif lain untuk menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan menjual produk atau jasa Anda. Cara ini biasanya diterapkan oleh pemilik channel YouTube yang sudah punya subscriber banyak.

Anda bisa menjual apa saja melalui YouTube. Laptop, gadget, alat musik, buku, barang furnitur, alat masak, produk kecantikan, jasa desain grafis, jasa video editing, jasa menyanyi, dan lain sebagainya.

Jika Anda menjual produk atau jasa hasil buatan sendiri, sebaiknya Anda juga punya website resmi. Dengan begitu penonton Anda akan lebih mudah untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Contohnya, Pewdiepie juga punya website resminya untuk menjual merchandise.

14. Jangan mengejar ketenaran

Jangan mengejar ketenaran jika tidak ingin kecewa. Kita hanya bisa berusaha, selanjutnya Yang Maha Kuasalah yang akan menentukan. Jika anda berjuang hanya untuk mencari ketenaran atau kepopuleran, maka hanya itulah yang akan anda dapatkan. Itupun jika Yang Maha Kuasa Meridhoi, jika tidak maka kecewalah yang akan anda dapat, selanjutnya putus asa yang akan anda derita.

Coba anda amati video-video yang pernah viral, mereka akan terbang sesaat untuk kemudian jatuh kembali tanpa suara.

Buatlah konten yang selalu berada di sekitar kehidupan manusia, orang bilang sandang, pangan dan papan. Ketiganya tak akan pernah jauh dari kehidupan manusia. Jika konten anda selalu berdampingan dengan itu, yakinlah uang akan datang dengan sendirinya.

Baca juga: Usaha Online yg menguntungkan jangka panjang

Kesimpulan

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang bisa dibilang gampang namun bisa juga susah. Banyak faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan anda.

Cara paling bijak adalah cobalah selalu belajar dan belajar. Hampir semua orang sepakat bahwa di dunia ini tak ada yang instan. Anda harus bekerja keras dan terus mengupgrade pengetahuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Faq

Benarkah Youtube bisa menghasilkan uang?

Benar sekali.

Apa syarat dapat uang dari youtube?

Anda harus memiliki channel dan menguangkannya, caranya seperti yang telah disebutkan di atas.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube dengan android?

Sangat mudah, anda memiliki channel yang sudah memenuhi syarat untuk monetisasi.

Perusahaan youtube dapat uang dari mana?

Dari para pengiklan yang memasang iklannya di video dari content creator, kemudian hasilnya di bagi dua dengan pembagian 60% dan 40%.

Bagaimana cara memasukan video ke youtube dan menghasilkan uang?

Gampang. Anda membuat channel. Buatlah konten video yang unik dan berkualitas. Kemudian upload ke channel milik anda. Setelah memenuhi persyaratan, youtube akan memberitahu bahwa konten anda bisa dimonetisasi. Anda mulai menghasilkan uang.

Berapa uang dari youtube?

Tergantung. Semakin banyak penonton di video anda akan semakin banyak uang yang anda hasilkan.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video?

Tidak bisa. Anda harus menciptakan konten yang berkualitas sendiri dan upload di Youtube.

Bagaimana cara mengambil uang dari youtube?

Anda harus memiliki akun adsense, kemudian menghubungkannya. Jika uang di akun adsense telah mencapai $100 atau setara dengan 1.300.000 maka uang akan dikirimkan langsung ke rekening anda.

SALAM YOUTUBER

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang tanpa modal

Pos terkait