Produk Prancis di Indonesia mengapa di boikot?

Produk Prancis di Indonesia mengapa di boikot? Beberapa waktu lalu MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah menyatakan sikap merespons pidato Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Pernyataan Emmanuel Macron, dinilai telah menyakiti hati umat Islam di seluruh dunia.

Ternyata ucapan itu berbuntut panjang. MUI menyerukan agar memboikot produk Prancis di Indonesia. Tak berhenti disitu, namun juga mendesak agar pemerintah Indonesia bersikap tegas, mendorong agar Duta Besar RI di Paris ditarik untuk sementara waktu hingga Presiden Emmanuel Macron mencabut ucapannya.

MUI mengimbau kepada seluruh Umat Islam di seluruh dunia untuk memboikot semua produk buatan negara Perancis. Ini tertulis pada satu pernyataan dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum MUI, Muhyiddin Junaidi dan Sekjen MUI Anwar Abbas itu.

Daftar Merek Produk Asal Prancis di Indonesia

Produk Prancis di Indonesia mengapa di boikot?
Sumber gambar: Sindonews.com

Lalu sebenarnya apa saja produk Prancis di Indonesia? Berikut ini 25 produk Prancis yang beredar di Indonesia yang hingga saat ini aksi boikot masih terus berlangsung dan masih belum diketahui kapan akan berakhir.

  1. Garnier
  2. Danone
  3. Christian Dior
  4. Louis Vuitton
  5. Lacoste
  6. L’Oreal
  7. Lancome
  8. Cartier
  9. Chanel
  10. Kraft
  11. Loreal
  12. Celine
  13. SFR
  14. Orange
  15. Peugeot
  16. TOTAL
  17. AXA
  18. Hermes
  19. Yves Saint Laurent
  20. Total (migas)
  21. Dior
  22. Carrefour
  23. Accor
  24. Mont Blanc
  25. Balenciaga

Dari daftar produk Prancis di atas, berbagai merk telah tersebar di Indonesia dan dunia yang meliputi produk fashion, asuransi, sampai kecantikan.

Boikot produk Prancis merupakan buntut dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengenai kartun Nabi Muhammad serta ujaran yang dianggap menghina umat Islam.

Sebelumnya, awal Oktober 2020 Macron Presiden Prancis berpidato dan berbicara soal Islam yang berbunyi:

“Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis saat ini, di seluruh dunia”

Macron menyaatakan dukungannya atas apa yang dilakukan Paty sebagai bentuk kebebasan berekspresi warganya.

Akibatnya, tidak hanya di luar negeri, Indonesia pun turut mengecam. Hal ini disampaikan oleh MUI yang juga mendukung boikot produk Prancis.

MUI mendukung sikap Organisasi Konperensi Islam (OKI) dan anggotanya seperti Turki, Qatar, Kuwait, Pakistan, Bangladesh yang telah memboikot semua produk Negara Perancis.

Produk Prancis di Indonesia mengapa di boikot?

Pos terkait