7 sifat Pemimpin Bisnis yang Sukses

  • Whatsapp
7 sifat Pemimpin Bisnis yang Sukses

Sifat Pemimpin Bisnis yang Sukses adalah karakter yang harus dimiliki seorang leader perusahaan. Memang tidak ada keahlian yang sempurna bagi seorang pemilik bisnis sukses, tetapi paling tidak ada pendekatan yang mungkin bisa kita contoh. Bisnis sangat bervariasi, maka begitu pula keterampilan bermacam-macam pun dibutuhkan dan menjalankannya juga bervariasi. Oleh karena itu, berikut adalah 7 sifat pemimpin Bisnis yang Sukses:

1. Optimisme

Ini adalah hal paling vital yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tanpa optimisme, lemahlah bisnis yang anda bawa. Anda harus optimis, karena pada titik tertentu, Anda harus mampu melampaui masa-masa sulit untuk menuju masa yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Optimisme dan kepercayaan diri cenderung berjalan seiring. Anda, sebagai pemilik bisnis, harus mampu melewati masa-masa sulit karena dalam hati tahu bahwa hal itu akan menjadi lebih baik.

Baca juga: 8 cara agar usaha lancar dan sukses

2. Kemampuan Berkorban

Berada di posisi terbawah tiang totem adalah sesuatu yang akan Anda temui sebagai pemilik. Bisnis Anda didahulukan dari hampir semua hal lainnya. Kemungkinan besar Anda tidak akan mengambil liburan pada awalnya.

Kebutuhan finansial adalah yang terakhir harus dipenuhi. Anda hanya dibayar setelah membayar karyawan, pengeluaran Anda dan vendor Anda.

Jika ada untung pada saat itu, Anda dapat mengambil sejumlah gaji. Tetapi jika Anda ingin terus tumbuh, mungkin anda harus menginvestasikan kembali keuntungan dan mengambil sedikit atau tidak sama sekali.

Setidaknya itulah yang akan terjadi pada awalnya. Mengemudi mobil yang lebih tua, tinggal di rumah yang lebih tua dan menunda liburan hanyalah beberapa pengorbanan yang harus Anda lakukan.

Baca juga: 4 cara melindungi bisnis kecil saat pandemi

3. Kemampuan Mengelola

Saya tidak mengatakan pengalaman manajemen karena orang cenderung berpikir itu berarti kemampuan untuk mengelola orang. Yang saya bicarakan di sini adalah kemampuan untuk mengatur segalanya.

Hal-hal seperti piutang, hutang dagang, masalah vendor, periklanan, pelanggan, bankir dan pengacara Anda semuanya harus dikelola. Dan hal terpenting yang harus Anda kelola di awal adalah keluarga Anda.

Mereka harus memahami apa yang Anda lakukan dan tahu bahwa itu akan sulit pada awalnya.

4. Keterampilan Interpersonal

Menjalankan bisnis apa pun, bahkan bisnis Internet, membutuhkan keterampilan interpersonal. Jika Anda menjalankan bisnis apa pun, maka Anda harus bisa bergaul dengan lebih banyak orang daripada yang Anda sadari.

Beberapa orang terjun ke bisnis karena mereka tidak bisa bergaul dengan bos mereka. Orang-orang yang sama ini terkejut ketika mereka mengetahui bahwa bergaul dengan bos mereka sebelumnya adalah hal yang mudah dibandingkan dengan bergaul dengan pelanggan yang marah (bahkan jika mereka salah, mereka akan berpikir bahwa mereka benar), menuntut karyawan dan vendor yang unik. Anda akan menjadi wasit, hakim, bos, kohort, dan teman.

Baca juga: Rencana Bisnis Kecil, apa yang dibutuhkan?

5. Akal sehat

Anda tidak memerlukan pendidikan Harvard untuk menjalankan bisnis yang sukses, dan tidak memerlukan pendidikan perguruan tinggi untuk menghasilkan ide bisnis yang bagus. Yang harus dimiliki seorang pemilik bisnis adalah kemampuan mengantisipasi masalah dan mengambil langkah pencegahannya.

Bisnis yang sukses memandang orang luar seolah-olah mereka jarang memiliki masalah. Apa yang tidak mereka lihat adalah pemilik bisnis yang mengawasi denyut nadi bisnis dan industrinya.

Ketika para pemimpin yang sukses mengantisipasi perubahan, mereka mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan bisnis jika itu terjadi. Persiapan dan kesediaan untuk berubah dapat membuat perbedaan antara sukses dan gagal. Dilakukan dengan baik, ini hampir tidak terlihat oleh siapa pun kecuali pemilik bisnis.

Baca juga: Peluang Bisnis Kecil Terbaik 2021

6. Organisasi

Orang-orang, terutama karyawan Anda, akan selalu mencari jawaban dari Anda. Jawaban tentang produk Anda, pasar, pesaing, dan hampir semua hal lainnya. Sebagai pemilik, Anda diharapkan dapat menjawab pertanyaan apa pun yang berkaitan dengan bisnis atau industri.

Sudah menjadi sifat manusia untuk ingin dibimbing dan ingin seseorang menjelaskan mengapa sesuatu terjadi atau tidak terjadi. Jika Anda tidak dapat menangani ditarik ke banyak arah yang berbeda pada waktu yang sama, maka Anda harus memikirkan kembali keinginan untuk terjun ke bisnis sendiri.

Ini adalah masalah nyata bagi sebagian orang. Jika Anda tidak dapat menangani banyak hal pada saat yang bersamaan, Anda tidak boleh terjun ke bisnis sendiri. Tidak pernah ada satu hal yang terjadi saat Anda memiliki bisnis. Ada masalah pelanggan, masalah vendor/pemasok dan ada masalah persaingan.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa mengetahui dan memahami masalah mana yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Anda harus dapat memprioritaskan masalah dan tahu bahwa prioritas yang sama dapat berubah dalam sekejap.

Baca juga: Bisnis online terpercaya dengan modal kecil menjanjikan

7. Pengalaman Bisnis

Ini adalah salah satu alasan terbesar untuk kegagalan, menurut saya. Ada banyak orang yang hebat dalam pekerjaannya. Mungkin mereka tukang kayu terbaik, atau pelukis terbaik, atau penjual terbaik atau juru masak terbaik.

Ada kecenderungan orang percaya bahwa hanya karena mereka dapat melakukan pekerjaan saat ini dengan baik (mungkin lebih baik dari orang lain yang mereka kenal), itu berarti mereka akan menjadi pemilik bisnis yang hebat.

Mekanik terbaik yang pernah saya kenal memutuskan bahwa dia harus membuka tokonya. Sepengetahuan saya, tidak ada orang yang lebih pintar darinya dalam hal memecahkan masalah dengan kendaraan. Dia brilian.

Jadi, dia menabung dan membuka tokonya. Kemudian dia menyadari bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang akuntansi atau pembukuan, dia tidak tahu apa-apa tentang periklanan atau bagaimana mendapatkan pelanggan baru, dan dia tidak tahu apa-apa tentang bagaimana menegosiasikan harga terbaik untuk peralatannya.

Dan karena dia tidak tahu tentang hal-hal itu, dia terus melakukan apa yang paling dia tahu, memperbaiki kendaraan. Dia adalah seorang karyawan dalam bisnisnya sendiri. Bisnisnya perlahan mati dan dia akhirnya kehilangan tabungan hidupnya. Dia sekarang menjadi mekanik di dealer mobil lokal.

Kesimpulan

Dengan menjadi pemimpin yang tepat untuk organisasi, Anda sedang menaiki tangga kesuksesan. Pemimpin bisnis yang sukses akan membantu mempekerjakan staf yang tepat tidak hanya berdasarkan keahlian mereka tetapi juga sikap mereka.

Memiliki tim yang tepat di belakang perusahaan Anda, dengan staf yang termotivasi penuh dan kualitas kepemimpinan yang hebat, hanya dapat meningkatkan produktivitas dan reputasi perusahaan Anda.

STORIES

Pos terkait